5 aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga dari kejamnya dunia maya

1
aplikasi google yang bisa lindungi keluarga

Diva says – Dunia maya ada karena internet. Ibarat dua mata pisau, jika orang tua tak pintar dan memiliki pengetahuan teknologi yang mumpuni, keluarga, terutama anak-anak, bisa terjerumus ke lubang hitam kejamnya internet. Oleh karena itu ternyata ada aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga dari kejamnya dunia maya.

Sebagai perusahaan teknologi/digital terbesar di dunia, Google menyadari dan memiliki tuntutan moral untuk melindungi para penggunanya, terutama anak-anak. Ada beberapa aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga agar terhindar dari kejahatan di internet. tak hanya Google Search, tapi juga ada Family Link.

Baca juga: Cara kirim email di Gmail yang dijadwalkan

Setidaknya ada 5 aplikasi Google yang bisa diandalkan dan dimanfaatkan untuk melindungi keluarga. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah,

1. Family Link
Family Link merupakan salah satu dari 5 aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga. Aplikasi ini dapat membantu orang tua memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi internet, sekaligus membantu mengelola akun anak-anak dan perangkat yang kompatibel.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di Family Link adalah membatasi akses ke smartphone, aplikasi rekomendasi orang tua dan guru, mengunci perangkat anak dari jarak jauh, melihat aktivitas browsing dan aplikasi yang diinstal, memantau lokasi keberadaan mereka, mengelola akun mereka.

2. SafeSearch
Setelan SafeSearch dirancang untuk memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran Google Search yang dicari anak. Ini bisa diandalkan untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan. Tetapi, SafeSearch bukanlah alat yang sempurna karena mungkin masih bisa ditemukan hasil penelusuran eksplisit.

Jika demikian, orang tua dapat melaporkannya. Laporan dan masukan orang tua dapat membantu Google menyempurnakan SafeSearch agar lebih baik bagi semua orang.

3. Asisten Google
Asisten Google memiliki beragam aktivitas untuk menghibur keluarga. Ini merupakan salah satu aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga. Mulai dari memberikan saran permainan untuk dimainkan bersama keluarga, hingga permainan seperti tebak gambar. Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families. Setiap aktivitas ini telah ditinjau dan disetujui oleh tim Trust and Safety, supaya orang tua yakin bahwa permainan ini cocok untuk keluarga.

Tak hanya itu, dengan menggunakan Family Link, orang tua bisa memblokir akses anak-anak agar tidak bisa melakukan transaksi keuangan, dan orang tua dapat menentukan apakah anak-anak diperbolehkan mengakses aplikasi pihak ketiga di Asisten atau tidak.

4. Google Play
Siapa sangka, Google Play bisa jadi salah satu aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga. Untuk membantu orang tua menentukan konten yang cocok bagi anak, baca ulasan dan cari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game. Ikon bintang ini menandakan bahwa konten telah ditinjau dengan saksama, dan aplikasi atau game tersebut dikembangkan dengan mengutamakan anak-anak. Ikon bintang ini juga menampilkan rentang usia yang disarankan untuk konten tersebut.

Periksalah rating konten untuk memahami tingkat kedewasaan suatu aplikasi dan mengatur filter berdasarkan rating tersebut guna menentukan aplikasi yang tepat bagi anak. Jika orang tua ingin mengetahui apakah suatu aplikasi berisi iklan, memiliki fitur pembelian dalam aplikasi, atau memerlukan izin perangkat, dapat diperiksa bagian informasi tambahan di halaman aplikasi tersebut di Play Store.

5. Youtube Kids
Google membuat YouTube Kids agar bisa menjadi ruang yang cocok bagi keluarga dan anak – anak di seluruh dunia, untuk mengeksplorasi minatnya melalui konten video online. Google juga memudahkan orang tua untuk menyeleksi pengalaman menonton konten yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga melalui serangkaian kontrol orang tua.

Nah, sila pelajari aplikasi Google yang bisa lindungi keluarga, agar paradiva bisa menjadi mommy millennials yang ideal untuk anak dan keluarga.

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan