Family

6 Cara Bentuk Karakter dan Tingkatkan Prestasi Anak di Era Digital

post-img

Source : gadgetDiva

Dengan cara yang tepat, teknologi dan internet dapat digunakan sebagai alat pendidikan anak di era digital, juga efektif untuk meningkatkan prestasi anak. Di era digital seperti saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Namun, dampaknya terhadap perkembangan anak-anak yang sedang belajar dapat menjadi bumerang jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua, perlu memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan pendidikan anak di era digital yang baik dan terus berkembang.

Berikut adalah beberapa tips dalam mendidik anak di era digital untuk meningkatkan prestasi belajar:

anak di era digital

  1. Pantau dan batasi akses anak terhadap konten tidak sesuai dengan nilai moral yang diajarkan
  2. Ajarkan anak untuk melaporkan konten negatif yang mereka temukan
  3. Gunakan software parental control untuk membatasi akses anak
  4. Batasi penggunaan teknologi secara keseluruhan
  5. Buat belajar lebih interaktif dengan membuat video tutorial atau menggunakan aplikasi game edukatif
  6. Pilih platform belajar online populer dengan reputasi dan kualitas konten terbaik, seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, dan Sekolahmu.

Bicara soal platform belajar online atau e-learning, berikut beberapa rekomendasi situs dan aplikasi belajar online yang bisa digunakan untuk mendidik anak di era digital.

Ruangguru

Platform belajar online terbesar di Indonesia, menawarkan video dan soal interaktif untuk SD hingga SMA, serta live chat dengan tutor, kuis, dan kelas virtual. Ada juga paket belajar terjangkau.

Rumah Belajar

Platform belajar online gratis yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan materi pelajaran SD, SMP, dan SMA. Dirancang oleh para ahli pendidikan dan disesuaikan dengan kurikulum nasional,

Quipper

Menarik karena menyediakan materi pelajaran interaktif berupa video dan soal latihan, serta fitur penilaian, kuis harian, dan simulasi ujian. Terdapat juga fitur chat untuk interaksi dengan guru dan teman sekelas.

Zenius

Menyediakan video pembelajaran interaktif, materi pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum nasional, fitur analisis dan kuis online, serta konsultasi dengan guru secara online. Ada pula komunitas belajar untuk interaksi dengan pengguna lainnya.f.

Khan Academy

Materi pelajaran gratis dalam bentuk video pembelajaran yang jelas dan mudah dipahami, serta fitur latihan soal dan ujian praktik. Ada program pembelajaran untuk kegiatan belajar di rumah, tutorial tentang keterampilan khusus, dan komunitas belajar yang aktif. Materi tersedia dalam beberapa bahasa dan dapat diakses melalui situs web atau aplikasi seluler.

Kahoot!

Guru dapat membuat kuis atau game pembelajaran mereka sendiri yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Selain itu, Kahoot! juga memiliki fitur kolaborasi dan dapat digunakan secara gratis. Terdapat pilihan fitur premium yang lebih lengkap serta komunitas pengguna yang aktif.

Makin Aman dengan Layanan Internet Edukasi Anak

Paket bundling dengan fitur edukasi yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet, seperti IndiHome dari Telkom Indonesia, dapat memberikan akses belajar anak ke konten edukasi yang beragam.

Orang tua dapat memilih paket internet sesuai kebutuhan keluarga dan fitur-fitur yang aman untuk anak.

IndiHome Edukasi

IndiHome Edukasi menawarkan akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA, termasuk video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online. Layanan ini memudahkan anak-anak untuk memahami dan menguasai materi pelajaran dengan mudah.

IndiHome Study

IndiHome Study dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Dalam layanan ini, terdapat fitur seperti Online Class, Virtual Library, dan Online Exam yang dapat membantu anak-anak dalam belajar di rumah dengan lebih efektif.

IndiHome Kids

IndiHome Kids menyediakan konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak. Layanan ini menyediakan video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang disediakan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, orang tua dapat mempermudah proses belajar anak dengan lebih efektif dan efisien.

Layanan e-learning atau platform belajar digital, semuanya dapat membantu anak-anak belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan.

Terakhir, dengan kontrol penuh orangtua atas akses internet anak-anak, pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan lebih aman dan terhindar dari konten negatif yang tidak diinginkan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas atau video di bawah ini? Click to DONATE

 


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024
Family

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024

ALDO hadirkan teknologi Pillow Walk di koleksi Spring 2024 untuk kenyamanan dan gaya optimal bagi pa..

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro
Family

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro

Gadgetdiva.id — Xiaomi sudah menjelma menjadi produsen AIOT yang cukup besar. Tak hanya jua..

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial
Family

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial

Gadgetdiva.id — Sebuah panel utusan Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut bahwa negara..

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup
Family

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup

Gadgetdiva.id — Samsung Electronics Co, Ltd telah menggemparkan dunia dengan peluncuran jaj..

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber
Family

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber

Gadgetdiva.id — Berbarengan dengan momen Ramadan, XL Axiata lewat XL Prabayar memperkenalka..


;