Family

Lindungi Perempuan dan Anak, Menkominfo Lanjutkan Rencana Bikin Rating Game

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi akan melanjutkan rencana kominfo sebelumnya untuk membuat rating game. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya melindungi anak-anak.

Hal ini diungkap saat mendapatkan dua rekomendasi dari perwakilan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LXII Tahun 2023 Lembaga Administrasi Negara (LAN). Ada 2 rekomendasi yang disampaikan, yakni membuat Peta Jalan Indonesia Digital 2025 – 2030 berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait dengan inisiator dari Kementerian Kominfo. Kedua, mendorong kementerian sektoral dan lembaga terkait mendukung perwujudan perempuan wirausaha berbasis digital melalui program dan sumberdaya sektor masing-masing.

Mesti Ditiru, Mark Zuckerberg Jaga Privasi Anak di Instagram

rating game

Menyoal rating game untuk lindungi anak-anak

Perwakilan peserta PKN Tingkat I LXII LAN menyampaikan ringkasan kebijakan ((policy brief) mengenai Akselerasi Ekonomi Digital melalui Peningkatan Literasi dan Keterampilan Digital Perempuan. Menteri Budi Arie menegaskan dukungan terhadap rekomendasi yang disampaikan peserta PKN Tingkat I LXII LAN. Menurutnya isu keterampilan digital, terutama bagi kelompok rentan juga menjadi bahasan dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital (Digital Economy Working Group/DEWG) G20.

“Apalagi dengan G20 arahnya jelas tentang upskilling digital, ini bagian dari konsen seluruh negara bagaimana peningkatan kapasitas dan keterampilan digital dari masyarakat untuk lebih ter-upgrade kemampuan dan keterampilan dalam mengakses teknologi digital,” jelas Menteri Budi Arie.

Selanjutnya, kata dia, akan dilihat program turunannya dalam rekomendasi. Menurut Menteri Budi Arie, ada beberapa yang perlu ditindaklanjuti, seperti pelindungan digital bukan hanya perempuan tapi anak-anak.

“Misalnya dari digitalisasi ini, game harus kita lindungi. Makanya salah satu pikiran kita bagaimana membuat rating game, karena dalam digital ekonomi yang paling masif game selain e-commerce dan e-learning, harus kita lindungi buat perempuan dan anak-anak,” jelas Menkominfo.

Menteri Budi Arie menekankan literasi digital untuk perempuan juga perlu diarahkan untuk mendorong kegiatan yang menunjang produktivitas dan keterampilan dalam menghindari penyalahgunaan platform digital atau penipuan berbasis online.

“Kata kunci dari semua itu bahwa digitalisasi harus membuat kita lebih produktif, terutama literasi perempuan ini lebih penting. Keamanan digital juga menjadi satu isu penting karena dengan maraknya pinjol ilegal dan judi online yang lagi kita bereskan, terutama pinjol ilegal karena banyak masyarakat yang korban dan rata-rata korbannya banyak dari kalangan perempuan,” tutupnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

China Ingin Batasi Waktu Penggunaan Ponsel Anak Jadi 2 Jam Per Hari
Family

China Ingin Batasi Waktu Penggunaan Ponsel Anak Jadi 2 Jam Per Hari

Gadgetdiva.id — Administrasi Dunia Maya China (CAC) kembali mengajukan rancangan peraturan..

Mesti Ditiru, Mark Zuckerberg Jaga Privasi Anak di Instagram
Family

Mesti Ditiru, Mark Zuckerberg Jaga Privasi Anak di Instagram

Gadgetdiva.id — Mark Zuckerberg baru-baru ini memosting foto dirinya bersama keluarga. Men..

Anak2U, Padukan Cloud dan Smartphone untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak
Family

Anak2U, Padukan Cloud dan Smartphone untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

Gadgetdiva.id — Kemajuan dan tumbuh kembang anak di sekolah bisa dikomunikasikan lewat smar..

Samsung Kenalkan Mesin Cuci Terbaru Dengan Teknologi AI
Family

Samsung Kenalkan Mesin Cuci Terbaru Dengan Teknologi AI

Gadgetdiva.id – Mesin cuci sangat dibutuhkan banyak keluarga untuk mencuci pakaian kotornya dik..


;