Survei: Orang tua larang anak menggunakan Gadget di Sekolah

0
Survei gadget disekolah

Hampir dari setengah orang tua menginginkan larangan penggunaan ponsel disekolah di terapkan pihak sekolah. Hal ini dikarenakan pihak orang tua takut akan keselamatan dan gangguan yang disebabkan gadget.

Menurut survei yang dikutip laman Theoldhamtimes, layanan perbandingan harga disitus uSwitch, menemukan 49% orang tua di Inggris ingin penggunaan ponsel dilarang di dalam kelas.

Ada juga 88% orang tua menyuarakan keprihatinan tentang anak-anaknya yang berangkat kesekolah menggunakan teknologi gadget yang sangat mahal. Lebih dari 27% orang tua juga mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan untuk menurunkan peringkat gadget ke level ponsel genggam di era 90an yang hanya digunakan untuk panggilan dan pesan saja.

Ernest Doku, selaku pasar ponsel di uSwitch mengatakan, “Ini adalah tanda dari zaman kita yang selalu terhubung dengan gadget, bahwa separuh murid sekolah sekarang memiliki smartphone sendiri, dan jumlah gadget yang dibawa anak-anak kesekolah sangat membingungkan.”

Doku berpendapat bahwa orang tua khawatir tentang potensi gangguan yang dihadapi anak-anak mereka. Tetapi melarang penggunaan gadget disekolah bisa diterapkan dengan mudah, pasalnya teknologi merupakan bagian integral dari kehidupan modern.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang dampak pada kesehatan mental anak muda dan kesejahteraan umum dari waktu menghadap layar ponsel yang berlebihan. Namun, Doku melanjutkan bahwa sekolah dapat menawarkan lingkungan yang aman.

Dimana anak-anak dapat belajar dan berinteraksi dengan teknologi, sebelum menggunakannya secara lebih luas dikehidupan selanjutnya. “Anak-anak sangat mungkin menggunakan seluruh jajaran gadget ketika mereka memasuki dunia kerja, dan sekolah adalah satu tempat di mana mereka harus dapat belajar tentang teknologi di lingkungan yang aman, ” tambahnya.

Selain itu, banyak orang tua yang ingin ketenangan pikiran ketika menghubungi anak-anak mereka untuk mencari tahu keberadaannya atau dalam keadaan darurat.

Doku menglaim mencapai keseimbangan yang tepat adalah tugas yang mustahil bagi orang tua dan guru, tetapi dengan kedatangan teknologi jaringan 5G, dunia akan menjadi semakin terhubung dan anak-anak sekolah harus dapat berurusan dengan lingkungan yang dipenuhi teknologi di tempat mereka tumbuh dewasa.

Menurut penelitian, orang tua diperkirakan akan membelanjakan 1,4 miliar poundsterling untuk perangkat elektronik untuk masa sekolah baru, naik dari 1,2 miliar pound pada tahun 2016, dengan smartphone, tablet, dan laptop merupakan item yang paling umum dibeli.

Baca juga, 3 Aplikasi ini bisa batasi anak mengakses media sosial


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan