Saturday, 31 July 2021
More

    Latest Posts


    Perlukah kita tetap menggunakan Sunscreen di dalam rumah?

    Menggunakan sunscreen merupakan hal terpenting yang wajib kita lakukan. Pasalnya, Sunscreen dapat melindungi kita dari paparan sinar UV.

    Namun, oleh karena saat ini waktu dan aktivitas lebih banyak kita habiskan di dalam rumah, banyak pertanyaan yang muncul seputar apakah kita harus tetap menggunakan sunscreen meskipun di dalam rumah?

    Dilansir dari ABC, berikut adalah jawaban dari Ketua Komite Kulit Cancer Council Australia Heather Walker dan ketua Dermatologis Australasian College David seputar penggunaan sunscreen.

    Apakah kita tetap perlu menggunakan Sunscreen di dalam rumah?

    “Hal ini tidak terlalu berisiko, kecuali jika kita banyak menghabiskan waktu di dekat jendela dengan paparan sinar matahari langsung,” Jelas Walker.  Meskipun demikian, hal tersebut tergantung pada jenis jendela dan bangunan.

    Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ada dua jenis radiasi ultraviolet (UV) yang mencapai Bumi, yaitu UVA dan UVB. Keduanya berkontribusi pada kulit terbakar, penuaan kulit, kerusakan mata, melanoma dan kanker kulit lainnya.

    UVB merupakan penyebab besar dalam risiko kanker kulit. UVB dapat terhalang oleh kaca, inilah alasannya mengapa jika kita duduk di dekat jendela risikonya cukup rendah, menurut Ms Walker.

    Sementara, kaca laminasi dapat menghilangkan UVA sepenuhnya, katanya. Jika jendela kamu memiliki struktur warna seperti tenda, maka risikonya akan lebih rendah lagi.

    “Kamu mungkin berpikir seputar pelindung dari mata hari saat kamu berada tepat di sebelah jendela, namun itu mungkin mengira itu adalah palaian, bukan sunscreen,” kata Wlker. “Hal tersebut mahal jika kamu beada di dalam dan menambah sunscreen setiap beberapa jam.”

    Dr David Francis menyetujui, ia mengetakan,”Jika kamu akan beada di dalam ruangan sepanjang hari, kamu tidak perlu memakai sunscreen,”

    “Jika kamu duduk di sebelah jendela, ya, kamu akan tetap terpapar cahaya matahari, namun kamu memang membutuhkan cahaya agar mendapat vitamin D untuk kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.”

    Dr Fancis menyatakan, jika kamu berada di luar sepanjang hari untuk berbelanja misalnya, kamu mungkin memerlukan sunscreen. Tergantung pad waktu dan indeks UV.

    Baca juga, 5 rekomendasi sunscreen terbaik untuk kamu yang berkulit sawo matang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR