Ini alasannya kenapa kamu harus cuci muka sebanyak dua kali sehari

0
cuci muka

Cuci muka menjadi hal yang paling penting dalam merawat kulit. Pasalnya, dengan mencuci muka kita dapat menjaga pori-pori kulit agar tetap bersih dan sehat. Berikut adalah alasan kenapa kamu harus mencuci muka dan cara terbaik untuk melakukannya.

Menurut salah satu artikel di Insdier, para ahli kulit umumnya merekomendasikan para pasien mereka untuk mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Yaitu, di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sbeelum kita tidur. Hal ini disampaikan langsung oleh dokter ahli kulit Caren Campbell MD di San Fransisco.

Menurut Sara Hogan MD, seorang dokter kulit di UCLA Medical Center, Santa Moica menyatakan bahwa cuci muka di pagi hari dapat menghapus keringat dan minyak (dari rambutmu) yang mungkin menumpuk saat tidur. Sekaligus, menghilangkan bakteri dari sarung bantalmu.

Hogan juga menjelaskan bahwa mencuci muka di pagi hari adalah hal terpenting untuk meningkatkan efektivitas produk skincare yang akan kamu gunakan di siang hari. Termasuk pelembab dan sunscreen.

Sementara, mencuci muka di malam hari juga memiliki manfaat yang sama. Yakni, menghilangkan kotoran seperti makeup, kotoran wajah karena minyak, keringat dan residu dari polusi yang menumpuk di kulitmu sepanjang hari. Selain itu, bertujuan untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Jika kamu merasa mencuci muka dua kali tidak cukup, Campbell merekomendasi untuk menghapus makeup sebelum kamu berolahraga dan juga mencucui muka setelah berolahraga. Setelah berolahraga, minyak dan keringat alami dapat terkumpul pada kulit dalam jumlah yang lebih tinggi, berisiko tinggi menyumbat pori-porimu dan menyebabkan jerawat.

“Jangan ‘membumbui’ wajahmu setelah berolahraga. Keringat, minyak dan kotoran menumpuk di kulit dan dapat menyumbat folikel rambut yang menyebabakan risiko jerawat,” ujar Hogan.

Jika kamu sedang berpergian dan tidak memiliki waktu untuk mencuci wajah setelah berolahraga, Campbell merekomendasikan setidaknya menggunakan face wipe yang bebas pewangi. Situasi lain dimana kamu mungkin harus mencuci muka lebih dari dua kali sehari adalah jika kamu tinggal di iklim yang panas dan lembab atau di suatu tempat dengan tingkat polusi yang tinggi, kata Hogan.

Di sisi lain, jika kulit kamu sangat teriritasi atau kamu mengalami peradangan aktif seperti flareups rosacea atau eksim, kamu mungkin mengurangi waktu menjadi mencuci muka satu kali sehari. Dalam hal ini kamu harus mencuci di malam hari untuk membersihkan kulit dari makeup kamu, keringat, kotoran, minyak dan polusi sejak hari itu. Namun, sebagian besar orang bisa mentolerir mencuci wajah dua kali sehari selama mereka menggunakan pembersih yang lembut.

Baca juga, rekomendasi micellar water terbaik buat kamu yang suka dandan


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan