Thursday, 29 July 2021
More

    Latest Posts


    5 Tren Kecantikan di TikTok yang sebaiknya kamu hindari

    Di Tahun 2020 ini, TikTok menjadi salah satu aplikasi most-downloaded non-gaming di dunia. Banyak sekali hal yang dapat kamu temukan di sana, tak terkecuali tren kecantikan di TikTok. Namun, ternyata banyak yang bertentangan dengan pemikiran para ahli kulit. Simak penjelasannya ya, Paradiva!

    Kamu dapat menemukan hampir semua hal di sana, mulai dari video berjoget yang receh, binatang peliharaan, resep makanan hingga tren kecantikan. Meskipun seperti itu, Instagram dan Youtube tetap paling populer terutama berkaitan dengan kecantikan.

    Jika kamu membuka kolom For You, maka kamu akan menemukan banyak life hacks seperti aplikasi liner mata dan trik teknik pencahayaan yang bagus untuk selife. Meskipun solusi tersebut bermanfaat, namun banyak juga yang ternyata tidak. Faktanya, para ahli kulit menyarakan agar para pengguna TikTok tidak mengikutinya.

    Dilansir dari Refinery 29, berikut adalah 5 tren kecantikan TikTok yang sebaiknya kamu hindari.

    Sunscreen “Hack”

    Sunscreen hack ini telah menjadi salah satu tren kecantikan di TikTok. Dengan video teratas yang diberi tag dengan #sunscreencountouring telah memiliki jutaan penayangan. Inti dari tren ini adalah mengoleskan sunscreen hanya pada bagian atas wajah, menghindari tulang pipi dan sisi hidung, sehingga kamu bisa mendapatkan “kontur alami” setelah duduk di bawah sinar matahari.

     

    Menanggapi hal tersebut, Dr. Hiva Fassihi, seorang konsultan dermatologis menyatakan bahwa tren itu sangat mengganggu. “Dengan membiarkan bagian wajahmu terbuka, kamu tidak hanya menempatkan diri pada risiko kanker kulit, kamu juga mempercepat proses penuaan di area tersebut,” jelasnya.

    Sebagian besar basis pengguna TikTok saat ini berusia di bawah 25 tahun dan kerusakan kulit akibat sinar matahari membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menyembuhkannya.

    Risiko tersebut seperti pengingkatan risiko kanker hingga pigmentasi, garis-garis halus, kulit kusam dan pori-pori yang membesar. Semua hal tersebut bisa muncul jika kamu dalam usia akhir 20 tahunan. Yuk, Paradiva hindari tren kecantikan yang ini ya!

    Makser Wajah DIY

    Perawatan wajah DIY menggunakan bahan dapur juga cukup populer dan menjadi tren kecantikan di TikTok. Memang tidak ada salahnya mencampurkan sedikit masker wajah alpukat atau youghurt untuk spa malam di rumah. Namun, akan berbahaya jika ditambahkan jus jeruk dan apapun yang dapat menyebabkan kulit menjadi mengelupas.

    “PH alami kulit adalah antara 4,7 dan 5,7 sedangkan jus buah jeruk sekitar 2, jadi mengoleskannya ke kulit kamu akan mengganggu fungsi pelindung alami kulit dan memungkinkan hal-hal yang tidak semestinya, seperti jenis tertentu dari bakteri yang dapat menyebabkan jerawat,” jelas dokter Ejikeme dari Adonia Medical Clinic di London.

    “Mengoleskan buah jeruk ke kulit dan kemudian terkena sinar matahari juga berbahaya. Dapat menyebabkan fitofotodermatitis, yang disebut ‘margarita burn’, akibat zat kimia yang ditemukan dalam buah jeruk yang bereaksi dengan sinar matahari dan menyebabkan peradangan pada kulit, mengakibatkan terbakar, kemerahan dan lecet,” tambahnya.

    Scrub Wajah buatan Sendiri

    Menurut Dr. Ejikeme, jangan mencoba membuat scrub wajah sendiri dengan butiran kopi. Hal ini dapat menyebabkan kulit robek dan bahkan bisa ternodai.

    Ia juga menambahkan bahwa memasukkan bahan-bahan seperti soda kue ke dalam masker wajah juga tidak diperbolehkan. “Sekali lagi, kamu akan mengganggu pH kulitmu,” yang bisa menyebabkan nyeri, kemerahan dan kulit kencang.

    Beberapa hacks yang ditemukan adalah menggunakan kapas yang dibasahi kopi dan madu untuk menghilangkan lingkaran hitam. Mungkin hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan apapu, namun seperti yang dikatakan oleh doketer estetika David Jack, “Hal ini mungkin akan membuat kekacuan besar dan tidak benar-benar terjadi apapun.”

    Selain itu, beberapa ide perawatan wajah di rumah emnggunakan jahe mentah, menurut Dr. Ejikeme secara pribadi ia telah melihat efeknya secara langsung. Yaitu, dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi jangka panjang pada kulit saat dibiarkan semalaman atau digunakan secara teratur.

    Membuat Toner Wajah Sendiri

    Ada juga beberapa video resep untuk membuat toner wajah alami, biasanya menggunakan beberapa bunga dari kebun kamu atau mungkin beberapa herba yang dipotong-potong seperti mawar, kayu putih, rosemary, semacam itu. Videonya hampir mirip Disney dengan pencahayaan lembut, tumpukan kelopak dan vibes di luar ruangan. Meskipun beberapa herba dan bunga yang direbus dalam air mungkin tidak akan menyakiti kamu, campurannya juga akan mulai membusuk jika ditinggal semalaman.

    Ekstrak alami yang mmuncul dalam skincare yang kamu beli seperti, resveratrol dalam anggunr (pelindung polusi yang kuat) atau kualitas astringen dari thyme yang dikenal untuk menyeimbangkan kulit berminyak, telah direkayasa secara bilogis agar aman dan memilki umur panjang yang kuat.

    Opsi DIY biasanya akan berbau setelah beberapa jam dan bahkan dapat menyebabkan iritasi, terantung pada serangga, kotoran dan satwa liar apa yang ada di tanaman kamu.

    Eye Lashes DIY

    Beberapa hacks diarahkan untuk mengajari diri kamu sendiri keterampilan profesional, misalnya, ada banyak video yang menunjukkan kepada kamu cara melakukan angkat bulu mata di rumah. Meskipun, hal ini biasanya dibuat oleh merek yang membuat kit DIY atau influencer yang telah dibayar untuk mempromosikannya, mereka masih mendapatkan jumlah penayangan dan rekreasi yang mengejutkan.

    “Kamu seharusnya tidak pernah mencoba mengeriting bulu mara kamu sendiri di rumah,” kata Sophia, seorang teknisi alis dan bulu mata yang menambahkan bahwa dia seorang profesional dan bahkan tidak akan pernah mencoba untuk membuat bulu matanya sendiri.

    “Ada kemungkinakn besar kamu mungkin melakukannya, mengacaukan perlengkapan di ruman dan secara tidak sengaja mendapatkan formula untuk matamu dan saat ini, ruang gawat darudat adalah tempat terakhir yang kamu inginkan,” jelasnya lagi.

    Baca juga, 5 rekomenasi sunscreen buat kamu yang berkulit sawo matang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR