Samsung Galaxy S20 Punya 3 Refresh Rate, Ini Cara Pakainya

0
refresh rate samsung s20

Seperti yang pernah Gadgetdiva tulis sebelumnya jika smartphone yang dipasarkan saat ini mulai menyadari pentingnya refresh rate, seperti Samsung Galaxy S20. Bagaimana tidak? ini sangat penting untuk memberikan kenyamanan pengguna saat melihat layar dan tampilan konten di dalamnya.

Refresh rate merupakan salah satu istilah dalam cara kerja layar/display. Layar bekerja dengan menunjukkan serangkaian gambar atau frame. Untuk membuat video, mereka menampilkan serangkaian frame secepat mungkin sehingga seolah bergerak tanpa henti.

Baca juga: Apa Itu Refresh Rate?

Nah, refresh rate adalah dalam sebuah monitor atau layar adalah istilah seberapa sering gambar-gambar itu diperbaharui setiap detik. Jadi, untuk refresh rate 60 Hz artinya, layar me-refresh gambar 60 kali per detik. Terlalu cepat memang, bahkan buat otak kita mendeteksi.

Di Samsung Galaxy S20 ternyata ada 3 refresh rate. Sebenarnya yang resmi ditampilkan hanya dua level refresh rate, yakni 60 Hz dan 120 Hz.

Cara pakainya ternyata cukup gampang. Tinggal masuk ke Pengaturan lalu pilih Tampilan/Display. Di sana akan ada meneu Kemulusan Gerakan. Nah, saat kamu klik, akan ada dua opsi ‘tingkat penyegaran layar’, yakni 60Hz dan 120Hz.

Angka refresh rate mengacu pada berapa kali tampilan berkedip pada layar dalam waktu satu detik. Mata manusia tidak akan bisa menangkapnya dengan mudah, tetapi biasanya layar akan berkedip sebanyak 60 kali tiap detik. Inilah yang dimaksud.

Refresh rate adalah dalam sebuah monitor atau layar adalah istilah seberapa sering gambar-gambar itu diperbaharui setiap detik. Jadi, untuk refresh rate 60 Hz artinya, layar me-refresh gambar 60 kali per detik. Terlalu cepat memang, bahkan buat otak kita mendeteksi. Nah, jika 120Hz, berarti setiap 120 kali per detik.

Sedangkan satu level refresh rate di Samsung Galaxy S20 adalah 96Hz. Namun ini masih sebuah prototipe. Dilansir melalui XDA Developer, saat mereka bermain-main dengan koding di dalam ponsel, maka akan ditemukan mode refresh rate selain 60 dan 120Hz. Mode tersebut adalah 96Hz dan 48Hz yang bisa diaktifkan di semua seri Galaxy S20.

Namun meskipun ada, pengguna tidak dianjurkan untuk mengutak-atik koding di dalam perangkat, atau mencoba mengaktifkannya karena sepertinya akan berdampak pada garansi.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan