Apa Itu 10bit OLED di Oppo Find X2?

0
render oppo find x2

Satu lagi bocoran terkait dengan smartphone terbaru Oppo, Find X2. Oppo menyebut jika Find X2 memiliki panel OLED 10bit yang cukup berguna bagi layar di perangkat tersebut. Lalu apa sebenarnya 10bit itu?

Dalam cuitan di akun Twitter resmi Oppo diperlihatkan beda antara 8bit OLED, 8bit LCD dan 10bit OLED. Yang terakhir, tentu saja menggunakan Oppo Find X2.

Teknologi 10bit OLED milik Find X2 mampu membuat layar tidak menghasilkan garis warna dan terlihat halus ketika layar tengah menampilkan sebuah konten. Oppo menyebut jika 10bit tersebut mampu menampilkan satu juta warna sekaligus dalam satu layar.

Dilansir melalui Slashgear, industri smartphone saat ini rata-rata memiliki layar berbasis LCD atau OLED yang menggunakan teknologi 8bit. Ini artinya 8bit hanya mampu menampilkan 256 corak dalam satu warna, sementara 10bit berarti 1.024 corak.

Dalam perbandingan tersebut, panel 8bit masih terlihat sebuah color banding di sebagian sisi nya, sedangkan pada panel 10bit, hal tersebut benar-benar tidak terasa dan semua warna yang ada pada layar tampak menyatu secara halus.

Tidak hanya itu, dukungan panel 10bit OLED pada layar Find X2 ini membuatnya mampu menghadirkan 1 miliar warna. Smartphone ini juga dikonfirmasi memiliki layar 3K dengan rasio kontras 5000.000:1.

Oppo Find X2 sendiri akan hadir dengan konsep desain layar waterfall yang punya refresh rate layar 120hz. Smartphone ini juga dibekali oleh teknologi touch sensing yang mencapai 240hz.

Refresh rate sebesar itu menjadikan smartphone ini memiliki tampilan yang tajam dan jernih serta meminimalisir tingkat touch delay.

Teknologi layar ini akan dipadukan dengan kemampuan dari chipset Snapdragon 865 yang dikenal sangat gahar dan memiliki segudang fitur premium.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan