Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Review Samsung Galaxy Buds+, Bluetooth 5.0 dan daya baterai lebih lama

    Kami mencoba melakukan review Galaxy Buds+ setelah Samsung memperbarui lini produk TWS-nya itu. Perangkat ini memiliki peningkatan di beberapa sisi seperti daya baterai lebih lama dan lebih kompak dibanding pendahulunya.

    Ukuran kemasannya juga tak berbeda. Di dalam kotak tersebut ada sebuah cangkang yang berisi sepasang Galaxy Buds+. Review Galaxy Buds+ kita mulai dari sisi desain. Sekilas memang tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Buds. Material plastik yang membungkusnya dibalut dengan tampilan yang glossy, membuat perangkat kuping itu lebih terlihat elegan.

    Ternyata ada untungnya juga membuat Buds+ dengan materi plastik. Earphone itu jadi lebih ringan, nyaman digunakan, dan tentunya memiliki biaya produksi yang tak mahal sehingga harga jualnya pun bisa terjangkau.

    Baca juga: Cara Merekam Video 8K di Samsung Galaxy S20

    Peningkatan lainnya yang menarik adalah penggunaan sistem dual-driver. Setiap earbud dibekali dengan woofer dan tweeter khusus. Sistem ini dikembangkan oleh AKG. Sistem AKG itu dipercaya bisa memproduksi suara yang impresif, ramah lingkungan, dan tentunya distorsi minimal.

    Case pengisian dayanya lebih glossy sehingga sidik jari yang menempel bisa terlihat dan membuat kilauannya sedikit memudar. Harus sering-sering dilap agar desainnya terlihat terus keren. Namun begitu, eksteriornya cukup ramping, mudah digenggam dan tak mudah lepas. Saat dibuka cangkangnya, ada notifikasi L dan R untuk memberitahukan posisi earbud yang semestinya.

    Penggunaan Galaxy Buds+ ini sama dengan seri sebelumnya. Saat cangkang terbuka dan bluetooth aktif, akan langsung muncul notifikasi untuk menghubungkan smartphone dengan Earbuds. Apalagi jika bertemu dengan smartphone Samsung Galaxy dengan OS Android 7.1.1 dan di atasnya, ditambah aplikasi SmartThings yang diinstal di dalamnya.

    Earphone TWS ini menggunakan Bluetooth 5.0 dan bisa terkoneksi dengan jarak sekitar 10 meter. Audionya pun ditingkatkan dengan penggunaan dual driver design, tweeter dan woofer yang disematkan di masing-masing bud. Untuk pengaturan equalisernya, pengguna bisa memiliki opsi output, mulai dari Normal, Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear atau Treble Boost.

    Peningkatan lain adalah tiga mikrofon yang membantu meningkatkan Ambient Sound dan kualitas suara untuk menelepon. Pengaturannya bisa dipilih mulai dari Low, Medium, atau High. Jika high, maka suara di sekitar akan terdengar lebih jelas bersamaan dengan suara dari dalam buds.

    Pengguna bisa mengetap satu kali di bagian kontroler untuk memainkan musik, skip lagu, atau menjawab panggilan.

    Baca juga: Yang terjadi usai nonton The World of Married Couple di Samsung Galaxy S20

    Sementara, jika memencet bagian touchpad kontroler (di bagian kanan dan kiri) agak lama, ada beberapa opsi yang dapat dilakukan yakni meningkatkan dan mengecilkan volume, perintah suara (di Bixby, Google Assistant, dan Siri), masuk ke ambient sound, atau pilih Spotify. Semuanya bisa diatur lewat aplikasi Galaxy Wearable.

    Jika lupa menaruh Buds Plus, kamu juga bisa mencarinya lewat menu Find My Earbuds. Seperti smartphone, Earbuds pun bakal berbunyi ketika pengguna mencarinya.

    Satu lagi menu menarik adalah Labs. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menjajal fitur eksperimental. Misalnya fitur tap dua kali di bagian sisi Buds, ketika mengetap dua kali sisi kanan Buds volume akan naik. Sementara kalau tap dua kali sisi kiri Buds, suara akan turun. Opsi eksperimental lain adalah volume Ambient ekstra tinggi dan terakhir ada Gaming Mode. Opsi Gaming Mode meminimalisasi delay saat main gim.

    Kelebihan Buds+ ini adalah daya tahan baterainya yang cukup lama. Dalam masa percobaan, dengan penggunaan buds selama 4 jam sehari, buds tetap bertahan selama sekitar 3-4 hari, dengan pengisian daya sekali selama kurang dari 2 jam sampai 100 persen. Ini disebabkan casing Buds+ juga berfungsi sebagai wireless charger yang menyimpan daya. Bisa dibilang, penggunaan Buds+ bisa bertahan sampai kurang dari 12 jam.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR