Wednesday, 4 August 2021
More

    Latest Posts


    Singapura buat perangkat Bluetooth Pelacak COVID-19 untuk lansia

    Pemerintah Singapura menawarkan Bluetooth pelacak COVID-19 untuk warga lansia yang tidak memiliki smartphone. Dalam upaya melakukan pelacakan kontak yang mulai berlaku untuk membantu menghentikan penyebaran virus.

    Untuk melakukan pelacakan kontak atau contact tracing, banyak upaya yang dapat kita lakukan. Salah satunya melalui smartphone dan aplikasi. Mengingat bahwa banyak dari kita memiliki smartphone saat ini.

    Namun, ada beberapa yang tidak memiliki smartphone, seperti lansia yang mungkin masih nyaman menggunakan ponsel berfitur. Inilah sebabnya, mengapa pemerintah mengumumkan bahwa bagi warga lanjut usia yang tidak memilki smartphone, mereka dapat memilih untuk menggunakan pelacak Bluetooth.

    Dilansir dari Ubergizmo, Perangkat ini dapat berkomunikasi satu sama lain serta aplikasi smartphone TraceTogether, sehingga masih akan membantu upaya pelacakan kontak negara bahkan dengan pengguna tidak memiliki smartphone.

    Jika seseorang dengan bluetooth pelacak COVID-19 ini melakukan kontak dengan seseorang yang mungkin memiliki virus, mereka kemudian akan dihubungi unutk memberi tahu bahwa mereka harus diperiksa. Selain itu, jika mereka memiliki virus, maka data dari pelacak dapat diunduh untuk membantu melacak dengan siapa saja orang tersebut melakukan kontak.

    Untuk mengatasi privasi yang berpotensial, alat pelacak ini tidak memiliki WiFi, GPS atau kemampuan seluler yang berarti bahwa pemerintah tidak akan dapat mengetahui keberadaan pemakainya setiap saat. Hal itu juga hanya akan menyimpan data paling banyak 25 hari.

    Beberapa waktu lalu, pemerintah Singapura juga menggunakan sebah robot anjing untuk berpatroli keliliing taman. Robot yang tak memiliki kepala ini dibuat untuk memeringatkan para warga untuk tetap menjaga social distancing.

    Robodog ini didesain dalam warna kungin dan hitam. Alat ini dilengkapi dengan kamera untuk memperkirakan berapa banyak orang yang berkumpul. Robot ini juga dapat memutar rekaman yang berisi peraturan selama lockdown. Tujuannya untuk mengingatkan para warga agar tetap aman selama berada di dalam taman.

    Baca juga, Robodog bisa peringkatkan social distancing

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR