Yaaah, Fitur GIF dihapus dari Instagram dan Snapchat

1

Diva says – Paradiva pengguna Instagram dan Snapchat pasti bertanya-tanya kan, mengapa fitur stiker GIF pada story kalian mendadak hilang? Yup,  Fitur yang dihadirkan berupa stiker GIF yang belum lama melengkapi stiker pada story di Instagram dan Snapchat ini kabarnya terpaksa harus dihilangkan sementara nih.

Dilansir dari TechCrunch, Instagram dan Snapchat mengonfirmasi menghilangkan fitur GIF dan menonaktifkan Giphy untuk sementara.

Kedua media sosial tersebut terpaksa menghapus fitur stiker GIF setelah diketahui telah ditemukan konten GIF rasis dan dapat ditambahkan ke setiap postingan penggunanya. Fitur stiker GIF ini merupakan integrasi dari GIPHY dengan kedua perusahaan jejaring sosial tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan GIF dari library ke postingan penggunanya.

Snapchat menambahkan semua GIF dalam postingan story diberikan dalam rating Parental Guide (PG) yang sesuai dengan remaja berusia 13 tahun, sehingga seharusnya tidak ada konten rasis.

GIPHY ini sebenarnya memiliki persyaratan layanan yang menyatakan bahwa pengguna diperbolehkan memposting segala konten GIF ke media sosial, dengan catatan bahwa pengguna tidak diizinkan mengirim konten berunsur kasar, tidak senonoh, menyinggung, dan juga vulgar. Selang satu hari kemudian, Giphy memberikan pernyataan kepada TechCrunch bahwa konten tersebut berasal dari bug sistem atau kendala pada proses filterisasi konten GIF.

“Pengguna menemukan sticker GIF yang ofensif di galeri kami, namun kami segera menghapusnya sesuai dengan pedoman konten kami,” ujar pihak GIF.

Giphy menelusuri kejadian tersebut, sticker ofensif tersebut ada karena bug yang berhasil lolos dari fitur filter. Namun, pihaknya telah memperbaiki bug dan telah meninjau GIF secara keseluruhan dan telah memoderasi ulang semua stiker GIF.

“Staf Giphy juga meninjau lebih lanjut setiap stiker GIF dengan tangan dan harus segera selesai. Kami bertanggung jawab penuh atas kejadian baru-baru ini dan dengan tulus meminta maaf kepada siapapun yang merasa tersinggung.” Lanjutnya.

Kedua media sosial, Instagram maupun Snapchat memutuskan untuk menghilangkan fitur GIF ini  hanya sementara waktu sampai tim dari GIPHY sendiri memperbaiki masalah tersebut secara tuntas.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan