Fitur Samsung Galaxy Tab S6 Lite Ternyata Memang Ramah Anak

0
Samsung Tab S6 Lite anak

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ternyata ramah anak. Kenapa ga dari dulu punya Tablet Samsung?

Sekitar 10 tahun lalu, dunia diperkenalkan dengan sebuah gadget berlayar besar. Ukurannya lebih besar dari smartphone tapi kecil jika dibanding laptop atau notebook. Itulah tablet, yang digadang akan bisa menjadi penengah antara smartphone dan notebook. Namun sayang, pamornya tidak mampu mengalahkan notebook sampai pandemi Covid-19 muncul.

Samsung Tab S6 Lite Anak

Perusahaan riset Canalys menyebut jika pangsa pasar tablet naik 26 persen sepanjang pandemi berlangsung. Hal ini dikarenakan banyak orang terpaksa harus beraktivitas di rumah, termasuk anak-anak yang sekolah pun dari rumah. Beruntung, kami memiliki satu Galaxy Tab S6 Lite di rumah yang bisa digunakan bergantian, dua anak, satu masih SMP dan lainnya balita.

Warna pink-nya kesukaan si Kakak. Namanya cewe, selalu ingin barang-barangnya dipenuhi dengan warna pink. Kakak bilang, desain tablet Samsung itu sangat mewah, bahkan dibilangnya mirip dengan iPhone 6s, namun dengan layar yang lebih lebar. Yang bikin nyaman memang layar lebarnya itu, apalagi pencahayaan layar itu dilengkapi dengan blue filter atau filter cahaya biru.

Blue light filter berguna untuk membuat mata lebih nyaman. Tingkat overexposure cahaya bisa lebih dipadamkan sehingga mata tidak akan terlalu tegang akibat cahaya berlebih tersebut saat menatap layar. Mengapa cahaya biru harus disaring? Karena dianggap bukan jenis cahaya terbaik untuk mata manusia. Bahkan cahaya biru dari layar elektronik terutama smartphone yang sudah menjadi bagian penting kehidupan kita, ini bisa berdampak lebih buruk. Efeknya terasa saat mata menatap layar dalam jangka waktu lama, terlebih di malam hari, yang mengakibatkan sulit tidur.

Baca juga: Sebelum Galaxy Tab S7 Datang, Kenalan dulu dengan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Dalam mengoperasikan Tab S6 Lite, Kakak menggunakan stylus yang ada dalam paket pembelian. Stylus bernama S-Pen itu ternyata memudahkanya untuk menulis materi pelajaran, saat sambil zoom meeting. Bahkan ketika pelajaran telah selesai, saat beristirahat dan menemukan ide untuk mengerjakan PR Bahasa Indonesia menulis cerpen, dia bisa menuliskan ide-nya tersebut di atas layar Tab S6 Lite menggunakan S-Pen. Dia tidak harus masuk ke fitur Notes, namun bisa langsung menulis di layar yang terkunci. Tulisan itu bisa langsung tersimpan di Notes.

Tiba giliran si adik yang ingin bermain tab. Tidak untuk sekolah, melainkan untuk bermain game. Beruntung di dalam tablet Samsung ini ada Samsung Kids. Fitur ini dimaksudkan untuk memisahkan aplikasi-aplikasi milik orang tua dan anak-anak. Dengan mengaktifkan Samsung Kids, Tab S6 Lite akan menampilkan aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak seperti permainan, browser ramah anak, kamera dan galeri foto sendiri, serta fungsi telepon yang juga ramah anak. Untuk aktivasinya, cukup menggunakan pin. Jadi anak tidak bisa keluar dari ekosistem Samsung Kids. Fitur ini semakin menarik perhatian anak dengan adanya karakter hewan, mulai dari buaya (Crocro) dan teman-temannya.

Si Kakak juga bisa bermain game di tablet ini. Permainannya menjadi lebih nyaman berkat adanya AI Gaming Booster. Dengan adanya teknologi ini Galaxy Tab S6 Lite dapat mengenali semua tipe game yang sedang dimainkan, dan secara otomatis mengoptimalkan performanya sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini akan menganalisis apakah yang dimainkan berupa game berat atau kasual, lalu mengoptimalkan keseimbangan antara baterai, kinerja, dan suhu.

Fitur ini bisa jadi yang paling dibenci si Kakak. Siapa anak yang suka dikontrol oleh orang tua? Nah di Samsung Galaxy Tab S6 Lite, ada fitur kontrol orang tua yang ada di pengaturan. Kontrol orang tua bisa dilakukan melalui Samsung Kids juga. Fitur kontrol orang tua memungkinkan Anda menetapkan batasan penggunaan tablet oleh anak-anak dan menyesuaikan konten yang disediakan. Inilah yang disebut dengan Timer Aplikasi. Agar anak tidak terus menerus terlena bermain smartphone. Ada kalanya mengistirahatkan diri dari gadget.

Coba saja berinteraksi bersama keluarga dengan Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan