Friday, 30 July 2021
More

    Latest Posts


    Kyocera VP-210, Ponsel pertama yang pakai kamera selfie

    Smartphone kita pasti punya kamera selfie alias kamera depan. Saat ini, rasanya jarang ada smartphone yang tidak memilki kamera depan. Paradiva, kamu tahu nggak sih ponsel apa yang pertama kali punya kamera depan?

    Jawabannya adalah Kyocera VP-210! Ponsel ini merupakan ponsel pertama yang punya kamera selfie. Meskipun hanya dijual di Jepang untuk jaringan PHS, ponsel Kyocera VP-210 VisualPhone mulai dijual seharga 40.000 yen atau sekitar Rp. 552 ribu pada Mei 1999. ponsel kamera selfie

    Dilansir dari Wireless Watch Japan, VP-210 VisualPhone jug amenjadi videophone warna seluler pertama di dunia yang juga berfungsi sebagai kamera telepon untuk foto. Ponsel kamera ini berukuran sama dengan ponsel kontemporer, tetapi menggunakan lensa kamera besar dan layar TFT warna 5cm (2 inci) yang mampu menampilkan 65.000 warna dan mampu memproses dua frame video per detik.

    Ponsel VP-210 ini diluncurkan setahun sebelum Sharp J-SH04 yang umumnya diyakini sebagai ponsel kamera pertama yang tersedia secara komerisal. Spesifikasi VP-210 ini termasuk layar TFT warna dan satu kamera depan 110.000 piksel. Sebagai perbandingan, Sharp J-SH04 memiliki layar 256 warna dan kamera belakang 110.000 piksel.

    Proyek Kyocera dalam membuat VP-210 ini dimulai dari pusat penelitian dan pengembangan Yokohama oleh Kazumi Saburi, salah satu manajer bagian mereka. Menurutnya, pada waktu itu handset seluler dengan kemampuan komunikasi suara dan SMS masih jarang.

    “Suatu hari sebuah ide sederhana muncul,’Bagaimana jika kita dapat berbicara dengan orang yang dituju dengan melihat wajahnya di layar?’ Kami yakin bahwa perangkat seperti itu akan membuat komunikasi ponsel jauh lebih nyaman dan menyenangkan,” Jelas Saburi. Berdasarkan ide itulah, ia memutuskan untuk membuat ponsel dengan kamera selfie.

    Sementara itu, Nokia 7650 juga tiba pada Juni 2002 sebagai ponsel pertama di Eropa dengan kamera terintegrasi, serta ponsel pertama yang menjalankan OS Symbian. Sedangkan, Sanyo SPC-5300 dikirim sebagai ponsel pertama Amerika dengan kamera bulit-in pada November 2002.

    Baca juga, Tampilan Mouse Komputer Generasi Pertama

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR