Begini cara ciptakan film yang autentik dan powerful ala Yandi Laurens

0
Yandi Laurens Galaxy Note20 Ultra

Seorang sutradara sekaligus penulis yang telah mencuri perhatian khalayak dalam beberapa waktu terakhir ini, Yandi Laurens melihat Galaxy Note20 Ultra mampu menuangkan kreativitasnya untuk menciptakan film yang tidak hanya autentik, namun juga powerful.

S Pen Samsung Galaxy Note20

Yandi Laurens pun membagikan pengalamannya selama menggunakan Galaxy Note20 Ultra yang belum lama resmi dirilis Samsung.

Nah, bagaimana sih memaksimalkan kreativitas yang dimiliki oleh seorang pembuat film agar bisa menciptakan film yang autentik nan powerful, dan bagaimana perangkat yang setia berada di dalam genggaman mampu membantu hal tersebut menjadi kenyataan? Simak penjelasan Yandi Laurens dibawah ini, ya paradiva!

Menuangkan ide kapan pun, di mana pun

Bagi Yandi, ide selalu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Selain itu, tiap ide yang terlintas di kepala itu sama berharganya, tak peduli apakah itu ide kecil maupun ide besar.

Maka dari itu, Yandi beranggapan bahwa apa pun kejadian yang dilihat, apa pun ide yang dipikirkan, selalu layak untuk dituliskan karena ide-ide tersebut bisa tumbuh besar setiap saat di waktu-waktu yang tidak terduga.

Meski demikian, ia tidak menyanggah bahwa tidak semua orang, khususnya para pekerja di industri kreatif, selalu berada di posisi yang nyaman untuk menulis dan menuangkan ide idenya.

“Sering kali kita mendapatkan ide ketika sedang berada di perjalanan dan merasa kesulitan untuk menulisnya dan membuatnya menjadi lebih terstruktur. Maka dari itu, saya merasa sangat nyaman dalam menggunakan Galaxy Note20 Ultra yang telah dibekali dengan S Pen generasi terbaru yang memudahkan saya dalam menuliskan ide dan menjabarkannya dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan, gambar, hingga grafik dengan cepat. Dengan begitu, saya bisa merekam ide-ide yang saya dapat sekecil apa pun itu,” kata Yandi.

S Pen memang menjadi salah satu fitur yang mendapatkan pengembangan paling signifikan pada Galaxy Note20 Series dibandingkan dengan pendahulunya.

S Pen pada Galaxy Note20 Ultra memiliki tingkat latensi yang begitu rendah hanya 9ms, sehingga mampu menawarkan pengalaman menulis yang luar biasa melalui tingkat presisi dan realisme yang tinggi serta tingkat respons yang cepat. Selain itu, terdapat fitur baru bernama Anywhere Actions yang membuat pengoperasian perangkat menggunakan S Pen menjadi lebih mudah.

Menonton sebagai kegiatan bermain sambil belajar

Menurut Yandi Laurens, bagi sebagian orang menonton mungkin tampak sebagai kegiatan hiburan untuk mengisi waktu luang semata. Padahal, bagi seorang sutradara atau pembuat film, menonton dapat menjadi kegiatan bermain sambil belajar.

“Maka dari itu, penting bagi kita untuk memilah mana tayangan yang tepat untuk ditonton. Intinya adalah bukan menonton film sebanyak banyaknya, namun menonton film-film yang tepat sesuai dengan preferensi kita sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita,” tambahnya.

Yandi juga menambahkan bahwa dengan menonton konten yang sesuai dengan kecenderungan dari apa yang kita suka, kita juga bisa semakin menikmatinya sebagai sarana kita untuk bermain atau menikmati hiburan.

Galaxy Note20 Ultra sebagai varian tertinggi dari Galaxy Note20 Series mengusung layar berukuran 6,9 inci dengan kualitas QHD+ yang memberikan kualitas gambar dan warna yang terdepan sehingga menciptakan pengalaman menonton yang memanjakan mata.

Layar Galaxy Note20 Ultra sendiri menggunakan Dynamic AMOLED 2X yang menjadikannya ponsel dengan layar paling jelas dan terang karena mampu menghadirkan tingkat kecerahan pada 1.500 nits.

Selain itu, dengan Galaxy Note20 Series, untuk pertama kalinya pengguna bisa menghubungkan perangkat miliknya secara wireless ke Samsung Dex dan menampilkan tampilan perangkat ke Smart TV saat pengguna membutuhkan layar yang lebih besar.

Memahami bahasa frame

Bagi Yandi, frame pada layar menuturkan ‘bahasa’ yang sama sekali berbeda dengan mata manusia. Pasalnya, frame pada layar memiliki limitasi yang lebih sempit dibandingkan dengan mata manusia.

Maka dari itu, menurutnya, seorang sutradara atau pembuat film harus mengasah kepekaannya dalam melihat situasi gambar dengan kacamata frame, tidak hanya dari sudut pandang manusia. Ia pun punya tips untuk mempertajam kepekaan tersebut.

Sebagaimana dijelaskan oleh Yandi, Galaxy Note20 Ultra hadir dengan variasi lensa melalui kehadiran tiga kamera di bagian belakang, masing-masing 12MP Ultra Wide Camera, 108MP Wide-angle Camera, dan 12MP Telephoto Camera, yang turut ditunjang dengan Laser AF Sensor.

Buat Konten Setiap Saat Layaknya Film Professional

“Jangan berharap hasil karyamu segera dilihat secara instan, semua butuh proses dan latihan yang terus menerus. Serius dalam membuat konten setiap saat apapun device yang kamu gunakan. Dan smartphone sekarang sudah sangat mumpuni untuk membuat film pendek dengan hasil yang professional.”ujar Yandi.

Galaxy Note20 memiliki fitur pro video dengan performa perekaman yang mumpuni, Note20 Series mampu mencapai frame rate 120fps dengan tetap dalam kualitas resolusi full HD.

Berkat fitur ini, pengguna dapat menciptakan adegan suspense layaknya di film dengan membuat video dalam gerakan lambat namun tetap mulus. Opsi yang ditawarkan pun begitu luas dengan perekaman hingga 8K pada 24fps.

Ditambah lagi dengan fitur zoom bar yang mampu memberikan efek dramatis saat merekam video dengan kemudahan dalam mengontrol kecepatan zoom melalui geseran jari untuk menyesuaikan kecepatan hingga 10x sehingga dapat menghasilkan rekaman yang pelan dan halus, atau bahkan zoom secara cepat dengan lebih stabil.

“Pada saat kamu merekam menggunakan smartphone, maksimalkan smartphone untuk menjadi alat perekam dengan hasil layaknya profesional. Apalagi di Galaxy Note20 ini yang memiliki resolusi perekaman yang canggih, hasil yang diciptakan sangat menakjubkan. Bahkan, ketika saya menunjukkan hasil kreasi saya menggunakan Galaxy Note20 Series kepada rekan-rekan sesama filmmaker, mereka sulit percaya kalau ini diambil menggunakan smartphone,” kata Yandi Laurens.

Dengan frame rate yang mencapai 120 fps kita dapat menciptakan adegan suspense, membuat video dalam gerakan lambat namun tetap dalam resolusi tajam, tanpa perlu khawatir akan kualitas gambar yang diciptakan. “Ditambah lagi momen-momen berharga yang saya rekam menjadi lebih dramatis berkat zoom bar di Galaxy Note20,” tutupnya.

Baca juga, Duet maut S Pen dan Samsung Notes untuk produktivitas kamu!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan