Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    Triple Camera dan Space Zoom di Samsung Galaxy Note20 Ultra yang Bikin Iri

    Triple camera menjadi salah satu yang menarik perhatian pengguna untuk memiliki Samsung Galaxy Note20 Ultra, termasuk juga kemampuan zoom yang sampai puluhan kali. Samsung menyebutnya sebagai Space Zoom yang bisa mendekatkan objek sampai 50 kali pembesaran.

    Samsung Galaxy Note20 dibekali dengan triple camera (tiga kamera), masing-masing 12MP lensa wide-angle, 64MP lensa telephoto, dan 12MP ultra wide lens. Sedangkan Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki tiga kamera dengan spesifikasi 108MP lensa wide-angle, 12MP lensa ultra wide angle, dan 12MP lensa telescopic.

    Zoom sangat berguna untuk mendekatkan objek gambar yang cukup jauh. Misalnya saat konser atau menonton pergelaran hiburan dengan posisi kursi penonton yang cukup jauh. Atau saat menonton pertandingan bola. Ada juga yang menggunakan zoom saat berwisata ke Taman Safari untuk melihat lebih dekat hewan-hewan yang ada lewat lensa zoom, tanpa harus menghampirinya.

    Nah, Space Zoom ini hanya ada di seri Samsung Galaxy Note20 Ultra, di salah satu triple camera yang ada. Syarat utama untuk menggunakan Space Zoom adalah tidak boleh menggunakan resolusi kamera paling tinggi. Artinya, semua resolusi kamera yang ada di Galaxy Note Ultra20 bisa digunakan untuk zoom-in, namun tidak dengan 108MP. Ketika posisi resolusi kamera ada di 108MP maka Space Zoom tidak akan bekerja. Makanya, pastikan posisi kamera tidak menggunakan resolusi maksimal 108MP.

    triple camera samsung galaxy note20

    Termasuk juga menggunakan Space Zoom untuk rekam video. Resolusi kamera video tak boleh berada di posisi 8K. Jika ada di 8K maka fitur zoom tidak tersedia.

    Untuk menggunakan Space Zoom 50x, tekan ikon daun yang ada di atas tombol shutter. Ada satu daun untuk zoom in, ada tiga daun untuk zoom out. Posisi standar biasanya berada di ikon dua daun. Saat ikon daun disentuh, akan keluar beberapa pilihan zoom-in, dari 0,5x sampai 50x.

    triple camera samsung galaxy note20

    Yang menarik saat menggunakan Space Zoom adalah fitur Viewfinder yang muncul di sudut kiri atas. Dari situ kita bisa melihat lebih jelas sudut yang kita zoom. Artinya, kita bisa membidik dengan benar objek yang ingin kita tangkap, tanpa harus meraba-raba lagi.

    Kamera Galaxy Note20 Ultra juga dilengkapi dengan laser autofocus system. Teknologi ini membantu kamera untuk mempercepat pengambilan fokus sehingga bisa menghasilkan fokus yang akurat di segala kondisi cahaya. 

    Samsung Galaxy Note20 series juga menawarkan opsi perekaman video yang beragam, mulai dari merekam dengan kualitas hingga 8K serta menciptakan video slow-motion hingga 24fps. Pengguna bisa membuat video tersebut dengan merekam video slow-motion dari awal maupun mengubah kecepatan dari video biasa. Melalui fitur Speed Control pada bagian editor video, pengguna bisa menonjolkan perasaan emosional dari video berkecepatan standar menjadi slow-motion. Hasil video pun akan tetap mulus walaupun kecepatan diatur menjadi 4x lebih lambat.

    Samsung bisa dibilang vendor pertama yang memungkinkan penggunanya untuk merekam video pada 120fps dengan kualitas gambar yang sangat mulus, ditunjang dengan layar yang memiliki refresh rate 120Hz. Saat merekam pada 120fps, kamera dari Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mampu mengambil adegan secara mulus walaupun subjek maupun objek yang direkam melakukan pergerakan yang sangat cepat.

    Jangan lupa juga, Galaxy Note20 Ultra punya kemampuan audio di video yang makin meningkat. Fitur tangkapan audio ini ada di mode Pro Video. Pengguna bisa mengatur fokus terhadap arah datangnya suara untuk menciptakan efek tersendiri dari video yang dihasilkan. 

    Ada tiga pilihan penangkapan audio yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu Rear, Front, dan Omni. Fitur tersebut hadir berkat tiga mikrofon yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 series yang mengitari bodi dari smartphone tersebut. Lebih lanjut, pengguna juga mampu melihat level masukan dari audio secara real-time ketika sedang merekam. 

    Last but not least. Fitur lainnya yang ada di Galaxy Note20 Ultra  adalah Controlling Zoom Speed. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan zoom ketika merekam video. Ingin menghasilkan efek bokeh pada latar belakang dari subjek atau objek yang direkam? Pengguna bisa melakukan zoom secara perlahan untuk fokus pada subjek atau objek yang direkam. Bagaimana dengan menciptakan efek dramatis dari tokoh yang ingin kita tampilkan? Pengguna bisa melakukan zoom secara cepat ke arah wajah tokoh yang ingin disorot.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR