Friday, 23 July 2021
More

    Latest Posts


    Light Phone, Ponsel Ringan Yang Hanya Bisa Melakukan 3 Hal

    Light Phone merupakan sebuah ponsel yang dirancang untuk mencegah kecanduan smartphone. Sama seperti namanya, ponsel ini berukuran kecil dan ringan. Namun, perangkat ini hanya bisa dapat melakukan tiga hal, yaitu mengirim SMS, menelpon dan memasang alarm.

    Sebelumnya, Light Phone adalah sebuah ponsel yang diproduksi oleh perusahaan Light. Ponsel ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 dengan nama Light Phone.

    Sama seperti namanya, ponsel Light memiliki desain yang ringan dan berukuran sebesar kartu kredit. Tampilan dan nuansanya sangat berbeda dari ponsel manapun yang berada di pasaran. 

    Ponsel ini hanya dapat digunakan untuk menelepon, mengirim SMS. Benar-benar tidak ada kemampuan untuk menginstall aplikasi apapun, termasuk email, streaming musik atau video, apalagi aplikasi media sosial. 

    Aslinya, Light Phone ini dirancang hanya dapat melakukan dan menerima panggilan telepon. Cocok untuk kita yang ingin istirahat dari sosmed untuk sementara waktu. Mengingat di tahun 2020 ini, smartphone sangat berpengaruh dalam kegiatan kita sehari-hari.

    Lewat Light Phone, perusahaan membantu kita yang sering merasa cemas setiap membuka media sosial. Contohnya, setiap membuka Instagram, Twitter maupun Reddit.

    Ponsel anti-smartphone ini juga dapat membantu kita dalam hal mencegah kecanduan karena telah berjam-jam menggunakan aplikasi tersebut, berikut mendapatkan notifikasi yang tak ada habisnya. Lingkaran inilah yang ingin dihilangkan oleh pencipta Light Phone 2. 

    Pada tahun 2019, perusahaan ini meluncurkan ponsel terbarunya, yakni Light Phone 2. Pada generasi keduanya ini, Light hadir dengan dua warna, yaitu hitam dan putih. 

    Light Phone 2 memulai debutnya tahun lalu. Ponsel ini dipasarkan seharga 350 dollar AS atau sekitar Rp. 5.143 Juta. Perangkat ini merupakan penerus dari ponsel Light yang sebelumnya dirilis pada tahun 2017. 

    Light Phone generasi pertama dimaksudkan untuk menjadi pendamping smartphone utama kamu, namun Light Phone 2 bisa jadi satu-satunya telepon kamu jika kamu mau. Kamu dapat menambahkannya pada paket telepon kamu sebagai perangkat sekunder atau menukar di kartu SIM kamu dan menggunakannya secara penuh. 

    Light Phone 2 berbeda dari perangkat aslinya dalam beberapa hal utama. Light membuang layar lampu untuk tampilan sebenarnya yang menggunakan e-ink, seperti Kindle. Tidak seperti Light Phone 2 dapat mengirim dan menerima teks. Ini juga memiliki alarm.

    Perangkat masih tidak memiliki aplikasi apapun. Kamu tidak dapat menggunakannya untuk mengirim email, berbelanja online, atau menelusuri Facebook. Dalam generasi keduanya ini, Light Phone hanya memiliki fitur telepon, SMS dan alarm. 

    Light mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan beberapa fitur di telepon, seperti ride-hailing, musik dan petunjuk arah belokan demi belokan. Fitur Find my Phone juga ingin dihadirkan bagi orang tua. 

    “Banyak orang tua yang membeli Light Phone untuk anak-anak mereka yang sebenarnya bukan tujuan kami dalam mendesainnya,” kata Hollier. “Namun, setelah melakukan itu dan melihat bagaimana hasilnya, saya pikir hal tersebut menginformasikan beberapa keputusan Light Phone 2.”

    Joe Hollier selaku salah satu pendiri perusahaan Light dan pencetus Light Phone menyatakan bahwa ponsel ini selaras dengan apa yang banyak orang tua cari dari ponsel untuk anak-anak mereka. Yakni, anak-anak tidak dapat mengakses gambar, kamera maupun browsing internet.

    “Hal ini yang membuat para orang tua bersemangat,” ujar Hollier. Hollier menunjukkan dua tipe orang lain yang tertarik dengan Light Phone. Yaitu, orang-orang yang peduli tentang dampak lingkungan dari mendapatkan smartphone baru yang mahal setiap tahun dan orang-orang yang mengkhawatirkan privasi. 

    “Bahkan jika bukan hanya, seperti, Facebook secara terang-terangan membagikan data orang, risikonya sangat melekat,” kata Hollier.

    Sementara itu, Light didirikan oleh Hollier dan Kai Tang pada 2014 lalu. Mereka memiliki misi ingin mengembalikan “suara manusia” kembali dalam dunia teknologi besar ini. Produk pertamanya sebenarnya dirilis pada bulan Juni 2015 di Kicsarter. Dari peluncurannya ini, Light berhasil mengumpulkan 400.000 dollar AS dari kampanye tersebut dan memiliki 50.000 orang yang mendaftar untuk mendapatkan ponsel tersebut. 

    Sama seperti namanya, ponsel Light memiliki desain yang ringan dan berukuran sebesar kartu kredit. Tampilan dan nuansanya sangat berbeda dari ponsel manapun yang berada di pasaran. Ponsel ini hanya dapat melakukan dua hal, yaitu membuat dan menerima telepon. 

    “Kami merasa ponsel ini harus memiliki rasa yang berbeda,” ujar Tang yang dilansir dari Business Insider. Menurutnya, perangkat ini harus memiliki tampilan, nuansa dan antarmuka pengguna yang berbeda. 

    “Kami menginginkan utilitas yang bukan gangguan, bukan kebisingan. Tidak ada browsing atau penemuan yang tak ada ujungnya,” tambah Tang. 

    “Kami akhirnya mengirimkan total sekitar 15.000,” kata Hollier kepada Business Insider. “Kami akhirnya mendapatkan permintaan yang gila-gilaan untuk itu, namun kami kehabisan persediaan yang semacam itu terus-menerus- Anda tahu, buat sedikit, jual, buat sedikit, jual habis.” 

    Light memutuskan untuk mengalihkan fokusnya untuk mengembangkan dan memproduksi Light Phone berikutnya, sebagian karena perusahaan ingin membuat perangkat 4G. Light meluncurkan kampanye crowdfunding kedua, kali ini Indiegogo, pada Maret 2018. 

    Perusahaan mengumpulkan 600.000 dollar AS dalam 10 jam pertama dan akhirnya mengumpulkan total 3,5 Juta dollar AS. Light juga telah mengumpulkan 8,4 Juta dollar AS dana awal dari perusahaan seperti Foxconn dan dari investor malaikat seperti John Zimmer, presiden Lyft dan Tim Kendall, CEO Moment dan mantan presiden Pinterest. 

    Bagi kita semua, Hollier dan Tang berharap Light Phone 2 dapat bertindak sebagai alternatif dari smartphone kita yang semakin mengganggu. “Lima tahun lalu ketika kami mulai, orang-orang tidak mengerti. ‘Mengapa kamu membuat telepon sederhana? Apa gunanya?” kata Tang. “Terutama tahun lalu, kami bisa merasakan gelombang perubahan.”

    Berikut adalah rincian spesifikasi dari Light Phone 2. Ponsel ini berukuran 95,85 x 55,85 x 8,75 mm dan berat 78 gram. Dilengkapi dengan colokan headphone, GPS, Bluetooth dan Wifi-enabled. Bekerja dengan AT&T, T-Mobile dan Verizon.

    Light mengatakan kamu akan mendapatkan sekitar dua hingga tiga hari masa pakai baterai, hingga tujuh dengen penggunaan yang ringa. Ponsel ini dapat mengisi daya dengan micro-USB. Light awalnya mengatkaan akan memiliki pengisian USB-C, namun akhirnya memutuskan hal itu akan memengaruhi ukuran ponsel.

    Baca juga, Kecanggihan Teknologi Premium di Samsung Galaxy Z Fold2

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR