Review Samsung Galaxy Buds Live, Kacang Trendi Bersuara Menggelegar

0
Samsung Buds Live

Belum banyak yang melakukan review Samsung Galaxy Buds Live. Padahal pendatang di ranah True Wireless Stereo punya desain kacang yang unik. Ini review Galaxy Buds Live.

Jika dilihat dari dekat, saat kami review, materai yang diusung Samsung Galaxy Buds Live ini memang cukup mewah karena memiliki finishing yang mengkilap alias glossy. Sebenarnya ada beberapa varian warna yang melapisi TWS terbaru Samsung ini. Kami awalnya berharap mendapatkan warha Mystic Bronze yang keemasan, namun dengan Mystic White pun sudah Alhamdulillah.

Samsung Galaxy Buds Live

Memang banyak yang bertanya ketika melihat buds ini tak memiliki pengait apapun yang bisa membuatnya bertahan lama di kuping kita. Jangan salah. Justru desain Buds Live ini dibuat cukup ergonomis, muat dengan rongga kuping sehingga lekukannya bisa mencegah Buds terlepas.

Saking ergonomisnya, saat dipakai berolahraga Zumba, atau menari-nari sambil mendengarkan musik di TikTok, Buds Live tetap kokoh di dalam kuping kita. Jadi bisa dipakai untuk olahraga luar, naik sepeda maupun lari.

Tak perlu khawatir dengan keringat yang membasahi buds ini. Pasalnya, Samsung telah menjamin jika Buds Live dibekali dengan sertifikat IPX2 yang membuatnya tahan air, apalagi keringat. Tapi jangan coba-coba menggunakannya saat hujan-hujanan, apalagi berenang. Buds Live belum mampu bertahan dalam rendaman air, hanya sebatas cipratan.

Yang dicari dalam sebuah perangkat audio adalah kemampuannya meredam suara bising saat digunakan. Kita hanya ingin mendengarkan suara yang keluar dari perangkat itu saja. Demikianlah Buds Live didesain. Suara yang keluar sangat jernih karena ada teknologi active noise cancelling, yang hanya digunakan di perangkat TWS mewah besutan Apple, AirPod Pro.

Galaxy Buds Live

Dalam review Samsung Galaxy Buds Live ternyata dilengkapi dengan tiga unit mikrofon, dua di luar dan satu di dalam. Sementara di bagian dalamnya terdapat sebuah sensor bernama Voice Pickup Unit, yang dapat mendeteksi gerakan rahang mulut untuk mengetahui kapan suara harus ditangkap oleh mikrofon dengan jelas. Guna proses telepon yang lebih lancar dan jelas di tengah keramaian.

Suara treble maupun bass terdengar dengan jelas. Apalagi semua suara itu bisa diatur lebih keras lagi lewat sistem equalizer di Galaxy Gear yang ada di smartphone. Pengaturannya mulai dari Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear, sampai Treble Boost. Suara bisa disesuaikan, tambah kencang atau diturunkan. Perlu diingat, ada nama AKG sebagai jaminan kualitas suara yang menggelegar di TWS kacang ini sehingga suara yang keluar lebih imersif.

Cara menggunakan Buds Live bisa mengandalkan sentuhan jari ke arah cangkang depan. Untuk menjawab panggilan atau menghentikan panggilan, cukup tap dua kali pada earbuds. Saat ingin memainkan lagu, tap satu kali. Jika ingin skip ke lagu selanjutnya, cukup tap dua kali. Atau tap tiga kali untuk kembali ke track sebelumnya.

Masing-masing earbud memiliki bobot 5,6 gram, plus 42 gram dari wireless charging case-nya. Soal baterai, masing-masing buds dibekali kapasitas 60 mAh ditambah 472 mAh di case sehingga sanggup memberikan total 21 jam penggunaan, dengan rentang waktu 5,5 hingga 8 jam untuk sekali pakai berkelanjutan. Sedikit lebih rendah dari durasi 11 jam di Galaxy Buds Plus, namun masih cukup awet.

samsung buds live

Fitur baru lainnya, satu unit Galaxy Buds Live dapat dipasangkan dengan unit Buds Live lain agar memutar lagu yang sama dari berbagai perangkat, berguna untuk mendengarkan musik bersama teman dengan seksama. Fitur ini dinamakan ‘Buds Together’.

Jadi tak perlu sok-sok mesra dengan berbagi kabel earphone bersama pasangan. Cukup gunakan fitur Buds Together di Galaxy Buds Live yang keren ini. Apalagi kalau dipasangkan dengan Samsung Galaxy Note20 Ultra dan Galaxy Watch 3.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan