Wednesday, 4 August 2021
More

    Latest Posts


    6 Fitur baru Android 11 ini sudah bisa kamu pakai

    Android 11 semakin diperluas dengan beberapa fitur terbarunya. Bagi para pengguna sistem operasi Google ini memiliki banyak perubahan.

    Dari menghubungkan aplikasi pihak ketiga dan Asisten Google yang dikenaldalikan dengan cara yang lebih dalam dan lebih berguna, hingga alat komunikasi baru yang dirancang untuk membuat percakapan lebih mudah, Android 11 membawa banyak perubahan penting saat Apple mempersiapkan iPhone 12 yang dirumorkan.

    Oleh karena persaingan antar sesama asiste pintar seperti Siri dari Apple dan Alexa dari Amazon terus memanas, Google telah menambahkan lebih banyak fitur ke aissten digitalnya. Yakni, Google Assistant.

    Google Assistant bukan hanya AI default di ponsel Android, namun juga dimasukkan ke dalam perangkat rumah pintar Google Home dan Google Nest. Dilansir dari CNET, berikut adalah enam fitur baru yang dibawa oleh Android 11 pada tahun 2020.

    Google Assistant Bisa Digunakan dalam Aplikasi Pihak Ketiga

    Selama bertahun-tahun, pengguna Android telah dapat membuka email mereka, mengirim teks dan mengontrol serangkaian tindakan di ponsel mereka menggunakan bantuan dari Google Assistant. Namun, fitur tersebut terbatas pada aplikasi dan layanan Android.

    Siri Apple, di sisi lain, telah dapat mengontrol aplikais pihak ketiga untuk sementara waktu sekarang. Akan tetapi, Google telah menyamakan semuanya.

    Perusahaan baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan 30 aplikasi pihak ketiga termasuk Walmart, Mint, Spotify, Etsy dan Discord. Mereka berencana akan menambah lebih banyak aplikasi lagi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

    Sekarang, pengguna Android 11 akan dapat menyelesaikan tugas pada aplikasi tertentu dengan mengatakan hal-hal seperti:

    “Hai, Google, cari selimut nyaman di Etsy”

    “Oke, Google, buka akun Selena Gomez di Snapchat.”

    “Hai, Google, masukkan smoothie berry di MyFitnessPal.”

    Fitur Verified Calls Akan Beritahu Siapa yang Meneleponmu

    Saat ponsel mau berdering seraca tiba-tiba, kamu ingin tahu siapa yang menelepon dan mengapa. Aplikasi Android yang kamu gunakan untuk melakukan dan menerima panggilan telah mendapatkan beberapa pembaruan yang akan membantu kamu mengetahuinya, bahkan ketika kamu tidak mengenali nomornya, seperti yang dapat dilakukan iPhone.

    Selain memfilter spam yang berfungsi dengan membungkam panggilan dari nomor yang diidentifikasi Google sebagai kemungkinan penipuan, Google juga telah memperkenalkan fitur Verified Calls yang memberi otorisasi pada bisnis tertentu dan menunjukkan kepada kamu seputar nama perusahaan, logo, alasan menelepon dan simbol verifikasi.

    Sementara itu, ada program serupa untuk pesan teks yang disebut Verified SMS.

    Android Dapat Ubah Suara Menjadi Push Notification

    Segala macam suara, mulai dari gelombang mikro, alarm kebakaran hingga pengunjung yang berdiri di luar pintu depan kamu, menggunakan suara untuk memperingatkan kamu. Namun, jika kamu mengalami gangguan pendengaran atau menggunakan headphone, kamu mungkin tidak mengetahui semuanya.

    Fitur Sound Notification pada Android 11 yang baru dimaksudkan untuk mendengarkan semua bunyi. Mulai dari beep, dengungan hingga ketukan di sekitar kamu. Lalu, kamu akan diberitahu dengan push notification di ponsel kamu.

    Sound Notification menggunakan pembelajaran mesin dan mikrofon ponsel kamu untuk mendengarkan 10 jenis suara yang berbeda, termasuk suara bayi, air mengalir, alarm asap dan kebakaran, bunyi perkakas dan ketukan pintu.

    Sistem operasi seluler terbaru Apple, iOS 14, memiliki fitur serupa yang disebut Sound Recognition. Untuk mengaktifkan Sound Notification di Android 11, buka Settings > Accessibility > enable Sound Notifications. 

    Google TV hadir di Android

    Android TV yang baru-baru ini diganti mereknya dan diperbarui menjadi Google TV, diluncurkan ke perangkat Android dengan sejumlah fitur baru dan lama yang disinkronkan di seluruh perangkat, termasuk pustaka, rekomendasi dan daftar pantuan kamu. Ini membuatnya setara dengan perangkat dan aplikasi Apple TV.

    Perubahan terbesar yang dibawa Google TV ke pengalaman film dan TV Android adalah kemampuan untuk mencari di berbagai penyedia streaming seperti Netflix, Hulu dan bahkan siaran langsung TV. Kamu juga bisa bertanya, “Hai Google, cari film action” atau “tunjukkan acara TV Adventure Sci-fi” dan hasilnya akan mencakup langganan kamu.

    Google Duo Tambahkan Fitur Screen Share dan Video Voicemail

    Orang-orang yang mengandalkan layanan panggilan khusus seluler Google Duo untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman sekarang memiliki beberapa cara baru untuk terhubung, melalui Screen Share dan Video Voicemail dengan teks.

    Untuk menggunakan fitur Share Screen selama Video Call, klik tiga titik di sudut kanan bawah, lalu klik Screen Share. Selanjutnya, akan ada pop-up yang menanyakan apakah kamu ingin berbagi informasi sensitif pada panggilan tersebut. Klik Start Now untuk menerima.

    Untuk meninggalkan fitur Video Voicemail, tunggu panggilan tidak dijawab selama 60 detik atau tekan Leave a video message saat menunggu nada dering. Ikuti petunjuk pada layar, lalu klik Send. Teks akan ditambahkan secara otomatis.

    Aplikasi Action Blocks dapat mengubah gambar menjadi Ucapan

    Aplikasi Action Blocks ini menggunakan gambar dan simbol untuk menyampaikan frasa pendek. Google menyebutnya sebagai “suara buatan untuk penderita cerbral palsy, Down Syndrome, autisme, afasia dan disabilitas terkait bicara lainnya”. Untuk mencoba Action Blocks, kamu bisa mengunduhnya dari aplikasi Google Play.

    Baca juga, Deretan Fitur yang Hadir Dalam Android 11 Termasuk Notifikasi Baru

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR