Mencari Smartphone Andalan untuk Pelajar Sekolah Online

0
Penggunaan Smartphone

Gadgetdiva.id – Saat ini smartphone bagi pelajar bukan hal yang dilarang lagi. Tahun 2020 merupakan masa yang unik dan dipastikan tidak akan terlupakan bagi para pelajar di Indonesia. Bagaimana tidak, sehari-harinya mereka bisa memegang ponsel tanpa harus takut ada yang nyeletuk “Main hape mulu, belajarnya kapan?”

Dalam sebuah survei yang kami lakukan dengan melibatkan sejumlah kecil pelajar SMP dan SMA, kebanyakan mereka berinteraksi dengan smartphone setiap harinya hampir mencapai 12 jam lamanya. Bahkan saat tidur pun, ponsel tetap ada di samping mereka agar saat bangun pagi nanti, mereka langsung bisa mengisi daftar masuk sekolah yang dilaporkan melalui WhatsApp.

Memang waktu belajar hanya dari pukul 07.15 WIB sampai 11.00 WIB. Namun rata-rata dari mereka kebablasan mengobrol via WhatsApp, atau melanjutkan ngobrol menggunakan Google Meet atau Zoom hanya untuk membahas mengenai tugas rumah yang diberikan guru. 

Belum lagi siswa yang sedang berada di tingkat akhir, yakni SMP kelas 9 atau SMA 12. Rata-rata mereka mengikuti kelas bimbingan belajar secara online yang digelar oleh pihak di luar sekolah. Ada juga sih sekolah yang mengadakan pendalaman materi. Semua dilaksanakan selama satu sampai 2 jam.

Dari banyaknya interaksi yang dilakukan para pelajar itu dari smartphone, 80 persen dari mereka sepakat untuk memilih smartphone berdasarkan kapasitas baterai. 75 persen memilih untuk fitur penting, kedua adalah prosesor yang mumpuni di smartphone agar proses penggunaan aplikasi di dalamnya berlangsung dengan nyaman, ditambah bisa mengirim dan mendownload file tugas, terutama video, dengan lancar jaya. Memori besar, ukuran layar dan kamera juga dianggap penting bagi para pelajar tersebut.

Belum lama ini Samsung mengeluarkan 3 tipe smartphone yang bisa diandalkan oleh para pelajar. Selain Galaxy A01, ada Galaxy A01 Core dan Galaxy A11. 

Fitur Focus Mode yang hadir pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, orang tua dapat membatasi jenis dan jumlah aplikasi yang dapat dioperasikan anak pada saat proses PJJ berlangsung. Sehingga, anak bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dan minim distraksi. 

Selain itu, kehadiran Android GO pada Galaxy A01 Core, juga bisa mendukung proses PJJ. Misalnya dengan hadirnya apps Youtube GO, dimana orang tua yang membutuhkan video tutorial mengenai pemecahan suatu mata pelajaran kepada anak, bisa langsung mengunduh materi tersebut lewat fitur download yang ada, jadi ketika ingin mengulang video tersebut orang tua tidak akan menghabiskan kuota internet lagi untuk melakukan streaming di layar 5,3 inci PLS berkualitas HD+ yang ada di Galaxy A01 Core.

Perangkat yang baik pun harus didukung dengan kuota yang sesuai. Lewat program Samsung Semangat Tetap Sekolah, Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp999.000,- untuk varian 1/16GB dan Rp1.149.000,- untuk varian 2/32GB. Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Ooredoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp20.000,- setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.

Bahkan pengguna bisa mendapatkan tambahan paket kuota internet IMClass sebesar 30GB dengan cukup membayar Rp1,- berlaku satu kali pembelian. Kuota IMClass dapat digunakan untuk mengakses beragam aplikasi pembelajaran seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, Zenius serta akses ke situs 300 perguruan tinggi di Indonesia. Untuk para orang tua, tidak perlu khawatir karena diluar aplikasi tersebut, kuota internet IMClass tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau situs lainnya. 

Selain Galaxy A01 Core, program Samsung Semangat Tetap Sekolah juga hadir melalui paket bundling  Galaxy A01 dan Galaxy A11 yang sudah dilengkapi dengan kuota internet dari Telkomsel, dimana masing-masing ditawarkan dengan harga spesial Rp1.249.000,- untuk Galaxy A01 dan Rp1.899.000,- untuk Galaxy A11. Pembeli bisa mendapatkan kedua smartphone tersebut dengan  kuota internet 48GB selama satu tahun dari Telkomsel, cukup dengan membayar Rp32.000,- per bulan dari harga normal Rp64.000,- per bulannya.

Berikut spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11

 

Baca juga, Samsung hadirkan Paket Bundling Galaxy A01 Core, A01 dan A11


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan