Thursday, 29 July 2021
More

    Latest Posts


    Google Menjabarkan Tujuan Pengemasan Bebas Plastik untuk tahun 2025

    Google berencana akan menggunakan bahan bebas plastik untuk kemasan produknya tahun 2025. Rencana tersebut juga dibarengi dengan komitmen mereka yang akan menggunakan bahan daur ulang tahun 2022.

    Sebelumnya, keputusan Apple untuk tidak memberikan charger dalam kotak iPhone 12 yang secara mengejutkan telah memicu beberapa kontroversi. Namun, juga memicu diskusi seputar keberlanjutan di dunia seluler.

    Sesuai dengan citranya sebagai trendsetter, sudah ada spekulasi bahwa pabrikan lain seperti Samsung pada akhirnya akan mengikutinya meskipun ada pernyataan yang bertentangan.

    Google dengan mudah menjawab pernyataan itu dan malah fokus pada upayanya untuk sepenuhnya menghilangkan plastik dari produknya pada tahun 2025. Setidaknya untuk kemasan mereka.

    Kita setuju bahwa plastik buruk bagi lingkungan, namun membuangnya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meskipun, kita secara pribadi dapat melakukan pengurangan pemakaian plastik, tidak banyak yang dapat kita lakukan untuk mendorong perusahaan melakukan hal yang sama selain dari advokasi.

    Bahkan smartphone kita yang sebagian besar terbuat dari logam pun menggunakan beberapa plastik, terutama di kotak kardus tempat mereka masuk.

    Google mengatakan ingin memiliki kemasan yang 100% bebas plastik dan dapat didaur ulang dalam lima tahun. Namun demikian, masih banyak palstik, termasuk tutup pelindung yang membungkus erat ponsel.

    Sementara, di luar kemasan, Google juga beralih menggunakan 50% bahan daur ulang atau terbarukan yang saat ini menggunakan plastik dalam produk itu sendiri. Ini juga memiliki tenggat waktu 2025 untuk shift ini tetapi sudah memiliki permulaan.

    Ponsel Pixel dan produk Nest tahun ini membanggakan desainnya dengan bahan daur ulang, dari 100% casing, belakang alumunium daur ulang dari Pixel 5 hingga 70% plastik daur ulang dari Nest Audio.

    Hal tersebut mungkin juga kaan memicu pertanyaan tentang aksesori yang ada di dalam kotak ponsel Pixel, meskipun tujuan Google memang memberikan jalan keluar dengan cara lain dan tetap menyediakan charger untuk ponselnya.

    Google memang telah berencana untuk mengugnakan bahan daur ulang pada produk terbarunya ini di tahun 2022. Tahun ini mereka merancang produk Pixel dan Nest baru untuk menggabungkan kembali sumber daya yang terbuang percuma.

    Baca juga, Google Komitmen Gunakan Bahan Daur Ulang di tahun 2022

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR