Sunday, 1 August 2021
More

    Latest Posts


    5 Tips Mudah Menghemat Baterai Smartphone Agar Sekolah Online Lancar

    Salah satu hal yang membuat kita agar nyaman menggunakan smartphone adalah dengan tips menghemat baterai. Sejak awal kemunculannya, baterai yang kerap terkuras dengan cepat dan tidak bisa dipakai lebih dari satu hari, menjadi masalah umum di smartphone. Namun di masa kini banyak brand yang sudah menyematkan smartphone dengan baterai berukuran besar. 3000 mAh sampai 4000 mAh masih dirasa mencukupi untuk ukuran sebuah smartphone.

    Nah, agar smartphone kita tidak cepat habis, harusnya disayang-sayang untuk membuka konten yang lebih berfaedah, atau membuang aplikasi yang masih terbuka tapi tidak lagi digunakan. Apalagi jika kamu punya smartphone Samsung Galaxy yang terjangkau, seperti Galaxy A01, Galaxy A01 Core dan Galaxy A11. 

    Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam tips menghemat baterai di smartphone agar tidak habis sia-sia.

    1. Periksa Aplikasi yang Boros Baterai

    Untuk mengecek aplikasi apa saja yang kerap menguras baterai smartphone kamu, masuk ke Pengaturan, lalu ke Info Baterai, kemudian buka Penggunaan Baterai. Di situ akan terlihat aplikasi-aplikasi dengan perhitungan konsumsi baterai. Biasanya yang paling boros terletak di posisi paling atas.

    1. Hentikan aplikasi yang masih terbuka di background

    Setiap membuka aplikasi di smartphone, terkadang kita menutupnya hanya dengan menyentuh tombol Back. Ini menyebabkan banyak aplikasi yang terbuka di background. Bisa jadi, ada beberapa aplikasi yang masih terus berjalan sehingga mengurasi baterai tanpa disadari. Untuk menutupnya, sentuh tombol background (biasanya bergambar tiga garis) terletak di sisi kanan atau kiri setelah tombol Home. Dari situ aplikasi yang terbuka akan masih terlihat. Tinggal pencet ‘Hapus’ dan semua aplikasi pun tertutup.

    1. Turunkan tingkat kecerahan layar

    Ini merupakan langkah yang bisa diandalkan dan berdampak pada konsumsi baterai yang lebih hemat. Caranya, cukup scroll layar notifikasi. Di bagian bawah ikon notifikasi akan muncul garis yang menandakan tingkat kecerahan baterai. Geser tingkat kecerahan baterai ke arah kiri untuk menguranginya.

    1. Pakai Dark Mode di Aplikasi

    Saat ini sudah banyak aplikasi yang mengusung fitur dark mode. Saat diaktifkan, aplikasi tersebut biasanya langsung memiliki latar belakang berwarna hitam. Di sinilah konsumsi baterai akan lebih dihemat oleh aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang memiliki fitur Dark Mode seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, hampir semua media sosial juga punya dark mode.

    1. Power Saving Mode

    Nah, ini merupakan hal yang paling simpel dalam sebuah smartphone. Kamu bisa melakukan penghematan langsung dari pusatnya. Biasanya ada di Pengaturan, Info Baterai dan Power Saving. Aktifkan, maka smartphone akan melakukan penghematan baterai secara otomatis. Dijamin smartphone kamu akan dua kali lipat lebih tahan lama.

    Memang tidak banyak smartphone yang terjangkau dengan baterai yang mumpuni. Seperti dibilang di atas, kapasitas baterai 3000 mAh sampai 4000 mAh masih dirasa cukup untuk menemani kita sehari-hari. Toh, aktivitas kita berlangsung sekitar 12 sampai 13 jam saja. Baterai dengan kapasitas sebesar itu rata-rata mampu bertahan di rentang waktu tersebut.

    Samsung Galaxy A11, misalnya. Smartphone ini tampil unggul dalam hal performa baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Perangkat ini mampu bertahan selama 19 jam dan dalam penggunaan sehari-hari, baterai perangkat ini juga mampu bertahan lebih dari setengah hari.

    Ada juga Samsung Galaxy A01 dengan kapasitas baterainya 3000 mAh. Dari segi ketahanan baterai pun, ponsel Samsung ini bisa bertahan 10-12 jam dalam pemakaian normal. Ketahanan tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah ukuran layar yang jauh lebih kecil, hanya 5,7 inci. belum lagi didukung oleh chipset yang digunakan juga dayanya cukup hemat. 

    Terakhir adalah Samsung Galaxy A01 Core. Perangkat ini juga membawa baterai dengan kapasitas daya 3.000 mAh yang mampu bertahan selama sekitar 12 jam hingga 13 jam. Ukuran layar 5,3 inci dan resolusi layar HD+ 720 x 1480 piksel cukup membantunya menghemat daya. Bisa digunakan untuk menjelajah media sosial, menjawab pesan, menjelajahi browser dan bermain game, atau belajar di rumah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR