Saturday, 23 January 2021

Apple Membuat Design Baru Untuk iMac

MacBook Pro mungkin bukan satu-satunya komputer di jajaran Apple yang mendapatkan perhatian yang mendapatkan perhatian yang sangat dibutuhkan dari tim desin perusahaan. Menurut Mark Gurman...
More

    Latest Posts


    Fakta Android Go, Bikin Smartphone Samsung Galaxy A01 Core Makin Diandalkan

    Saat ini istilah Android Go berseliweran di pasar smartphone Indonesia. Bukan hal yang mengejutkan memang, tapi tidak dipungkiri jika Android Go merupakan versi sistem operasi Android idaman untuk para penggemar smartphone yang membutuhkan efisiensi dalam setiap aktivitas mobile-nya. Salah satu yang memiliki Android Go adalah Samsung seri Galaxy A01 Core.

    Ponsel dengan basis Android Go merupakan sistem operasi bikinan Google yang dirancang untuk smartphone berharga terjangkau namun bisa bekerja dengan performa maksimal. Android Go pertama kali diperkenalkan untuk Android Oreo. Sistem operasi ini ditujukan untuk ponsel pintar dengan kapasitas RAM 2 GB ke bawah.

    Varian ini memiliki optimasi platform yang dirancang untuk mengurangi penggunaan data seluler (termasuk mengaktifkan mode Penghemat Data secara default), dan rangkaian khusus Layanan Seluler Google yang dirancang agar tidak terlalu memakan sumber daya bandwidth. Layanan Google Play juga dimodifikasi untuk mengurangi penggunaan memorinya.

    Yang menarik, saking efisiennya, Google Play Store di Android Go akan memilihkan penggunanya apa saja aplikasi yang lebih ringan, yang cocok untuk perangkat ini.

    Antarmuka Android Go berbeda dengan antarmuka Android biasa, dengan panel pengaturan cepat memberikan keunggulan yang lebih besar untuk informasi mengenai baterai, batas data seluler, dan penyimpanan yang tersedia. Demikian juga dengan menu aplikasi terkini (recent apps) yang menggunakan tata letak dimodifikasi dan terbatas pada empat aplikasi (untuk mengurangi konsumsi RAM).

    Kesimpulannya, ada beberapa hal yang membuat pengguna Android Go akan diuntungkan dalam pengoperasian smartphone-nya. Yang paling utama adalah proses membuka aplikasi yang 15 persen lebih cepat ketimbang smartphone biasa.  Terdapat memori ekstra untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Selain itu, memori ekstra juga tersedia untuk penyimpanan media, baik itu foto, video maupun aplikasi.

    Unggulan dari Android Go adalah aplikasi bawaan khusus dari Google yang sama dengan aplikasi di smartphone lain. Hanya saja, aplikasi bawaan dari Google di Android Go lebih ringan dan lebih efisien dan penggunaannya. Beberapa aplikasi bawaan Google di antaranya adalah Google Go, Gallery Go, Assistant Go, dan Camera Go.

    Samsung merupakan vendor yang mengadopsi Android Go terbaru. Salah satunya ada di Samsung Galaxy A01 Core.

    Samsung Galaxy A01 Core memiliki kapasitas RAM 1GB dan ROM 16GB. Namun ada juga yang terbaru dengan RAM 2GB dan ROM 32GB.  Galaxy A01 Core varian 2GB, tetap diperkuat dengan prosesor MediaTek MT6739.

    Untuk kenyamanan meeting ataupun belajar online, perangkat ini dilengkapi dengan layar 5,3 inci PLS HD+, serta Dual Camera 8MP (main) + 5MP (front), juga baterai tahan lama 3.000 mAh sehingga dapat mendukung produktivitas pengguna lebih lama.

    Selain itu Galaxy A01 Core juga dilengkapi dengan sistem operasi Android Go yang terdiri dari YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, dan Google Go dapat membantu pengguna untuk menghemat kuota internet.

    Jika memori internal 32 GB dirasa kurang, Galaxy A01 Core mampu menampung memori eksternal tambahan hingga 512 GB melalui slot sim card sehingga pengguna tidak perlu khawatir soal penyimpanan file.

    Baca juga, Samsung hadirkan paket bundling Galaxy A01 Core, A01 dan A11

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR