Saturday, 23 January 2021

Apple Membuat Design Baru Untuk iMac

MacBook Pro mungkin bukan satu-satunya komputer di jajaran Apple yang mendapatkan perhatian yang mendapatkan perhatian yang sangat dibutuhkan dari tim desin perusahaan. Menurut Mark Gurman...
More

    Latest Posts


    Tips Bikin Tugas Sekolah Online Pakai Smartphone Sejutaan

    Semua siswa yang bersekolah online kerap diperintahkan untuk mengirimkan foto untuk sekedar jadi bukti kehadiran, atau membuat video untuk tugas sekolah online. Banyak yang mengeluh tidak bisa mengirimkan file foto atau video karena ukurannya terlalu besar.

    Maka dari itu, membuat foto atau video untuk sekolah online tidak perlu membutuhkan kamera dari smartphone mahal. Mengerjakan tugas sekolah online dalam format video maupun foto cukup dengan menggunakan kamera dari smartphone yang harganya terjangkau namun memiliki resolusi yang mencukupi.

    Kamera depan 8MP atau 5MP cukup untuk membuat foto selfie untuk bukti kehadiran saat sekolah online. Sedangkan kamera utama dengan resolusi 8MP atau sekitar 13MP cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu mengerjakan tugas video. Dengan resolusi sebesar itu, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar hasil foto atau video kamu lebih ciamik diterima guru.

    Bantuan aplikasi pendukung yang tepat

    Biar hasil foto atau video kamu lebih keren, ada baiknya kamu download dulu aplikasi pendukung yang bisa kamu andalkan. Bukan cuma untuk membuat foto kolase atau bokeh, tapi juga cari aplikasi yang bisa mengedit video, menambahkan efek atau sekedar menambahkan pencahayaan pada konten tugas sekolah.

    Ada juga aplikasi Zoom atau Google meet yang bisa kamu unduh untuk melakukan temu muka dalam menyampaikan tugas yang diberikan. Sedangkan untuk memotret dokumen atau kertas berisi tugas/PR, bisa menggunakan Office Lens untuk memindai teks dalam kertas tersebut, yang bisa langsung diubah ke format PDF.

    Siang hari lebih baik

    Saat mengabadikan tugas untuk dikirim, jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan yang cukup. Maka dari itu, akan lebih baik membuat tugas dalam bentuk foto atau video di siang hari agar matahari bisa dijadikan ‘lampu’ alami yang lebih terang ketimbang lampu rumah.

    Begitu pun saat sedang tatap muka daring menggunakan Google Meet, Zoom, dan lainnya, perhatikan pencahayaan yang bagus. Pilih sudut ruangan yang paling terang, atau manfaatkan lampu tambahan bila perlu. Supaya teks yang ada di dokumen atau objek bisa terlihat lebih jelas dan terang.

    Tripod boleh juga

    Untuk membuat hasil video atau foto yang lebih stabil, tak perlu malu untuk menggunakan tripod. Kaki tiga yang bisa menopang smartphone, membuat kamera akan lebih stabil. Apalagi saat dibutuhkan untuk membuat tugas dalam bentuk video.

    Biarkan kamu bergerak ke sana ke mari membuat prakarya atau menirukan tugas olahraga, bahkan sambil menyanyi sekalipun untuk tugas seni budaya. Tripod akan membuat tugas kamu lebih enak dilihat.

    Coret-coretan sedikit

    Oia, saat membuat tugas, apalagi tugas video, bukan berarti harus dibuat begitu saja tanpa alur yang jelas. Jangan lupa membuat coret-coretan untuk alur konten dalam tugas yang diberikan guru.

    Coretan tersebut bisa berisi salam pembuka, kemudian isi dari tugas, lalu salam penutup. Hal ini akan mempercepat penyelesaian tugas karena tak perlu berkali kali merekam. Proses editing pun menjadi lebih mudah.

    Maksimalkan fitur bawaan kamera

    Smartphone dengan resolusi kamera yang tak terlalu besar membuat hasil foto atau video memiliki ukuran file yang tak terlalu besar. Akibatnya, tugas sekolah dengan mudah dan cepat dikirimkan melalui email ataupun WhatsApp.

    Nah, di sini pilihlah smartphone dengan merek yang sudah terjamin karena spesifikasinya pasti sudah mumpuni.

    Meski hadir dengan harga yang terjangkau, Samsung lengkapi smartphone Android terjangkaunya dengan kamera mumpuni. Mulai dari Samsung Galaxy A01 Core, Galaxy A01 sampai Galaxy A11, semuanya dilengkapi kamera depan dan belakang yang berkualitas. Untuk mengabadikan tugas, ataupun konten video sekalipun.

    Samsung Galaxy A01 Core dilengkapi kamera belakang beresolusi 8MP, sementara Galaxy A01 dan Galaxy A11 punya resolusi lebih tinggi di 13MP. Ketiganya mampu merekam video hingga resolusi full HD 30fps. Sudah cukup untuk abadikan prakarya atau tugas lainnya yang perlu dokumentasi lebih dari sekadar foto saja.

    Khusus di Galaxy A01 dan Galaxy A11, dilengkapi dengan sensor tambahan 2MP depth sensor. Dengan begitu, kamu bisa manfaatkan fitur live focus, untuk membuat latar belakang objek dibuat buram atau punya efek bokeh.

    Dengan begitu, hasil foto bisa fokus ke objek utama saja, bisa menyembunyikan kondisi kamar kamu yang mungkin lagi berantakan.

    Baca juga,  Samsung punya layanan ‘Sultan’ di Galaxy A11

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR