Saturday, 23 January 2021

Apple Ingin Luncurkan Layanan Langganan Podcast

Podcast belakangan ini menjadi populer di kalangan muda. Ada banyak layanan streaming podcast gratis. Salah satunya adalah Apple. Dilansir dari Uber Gizmo, untuk lebih bersaing...
More

    Latest Posts


    Deretan Fitur Terbaik di Android 11, Kamu Pasti Suka

    Kabar baik bagi kamu para pengguna Android, pasalnya Gadgetdiva punya rekomendasi beberapa fitur terbaik dari Android 11 yang pasti kamu suka. Seperti yang kita ketahui pembaruan sistem operasi baru tersebut memiliki banyak fitur yang tidak diketahui banyak orang.

    Google telah meluncurkan Android 11 pada bulan September lalu. Sistem operasi tersebut saat ini masih melakukan peluncuran  di beberapa ponsel. Meski begitu, kita masih perlu memperhatikan beberapa perubahan menarik yang akan kamu dapatkan dari Android 11.

    Kamu dapat menemukan perubahan halus di seluruh sistem operasi baru yang membuat perbedaan besar dalam cara kamu menggunakan ponsel setiap hari. Misalnya, ada fitur Bubble chat baru yang memudahkan kamu menyimpan pesan dari aplikasi apapun.

    Dilansir dari CNET, deretan fitur Android 11 ini Gadgetdiva rangkum khusus untuk kamu. Lengkap dengan cara menggunakannya. Simak, ya!

    Quick Control Android 11

    Hal pertama yang kamu lakukan setelah menginstall Android 11 adalah menekan lama tombol power di ponsel kamu untuk membuka layar dengan cepat. Pada ponsel Pixel, setidaknya, layar ini memberi kamu opsi kontrol power di bagian atas dan menyediakan link ke kartu Google Pay dan boarding pass kamu.

    Kemudian, pada bagian bawah, kamu akan menemukan fitur favorit yag dapat digunakan untuk perangkat smart home. Menurut CNET, ponsel kamu secara otomatis akan memilih beberapa perangkat yang dapat ditautkan ke Google Assistant, seperti termostat dan bel pintu video Nest.

    Kita juga bahkan dapat melihat streaming langsung dari bel pintu di layar ini tanpa harus membuka aplikasi Nest yang lambat dan sulit digunakan. Kamu dapat menambah atau menghapus perangkat smart home dari kisi tersebut dengan mengetuk tombol menu dan memilih tambahan atau edit kontrol.

    Menggunakan Fitur Hold for Me di Google Assistant

    Google membawa sebuah fitur baru yang dapat menunjukkan prompt pada layar yang memberi tahu kamu bahwa kamu dapat melakukan apapun yang ingin kamu lakukan. Setelah itu, ponsel kamu akan memperingatkan kamu ketika seseorang akhirnya menjawab. Fitur ini dinamakan Hold for Me.

    Agar fitur ini berfungsi, kamu perlu emnyalakannya dengan membuka aplikasi Phone. Setelah itu, ketuk ikon menu tiga titik, lalu pilih Settings. Pilih Hold for Me dari daftar opsi, lalu aktifkan.

    Klik Start dan kemudian layar kamu akan muncul mengignatkan untuk tidak menutup telepon. Kamu tidak akan dapat mendengarkan musik atau menggunakan ponsel kamu untuk memutar video saat sedang menelepon.

    Akan ada transkrip teks yang ditampilkan langsung. Teks tersebut nantinya kana muncul di bawah layar panggilan untuk memberi tahu kamu apa yang dikatakan sebelum kamu kembali ke panggilan. Atau untuk memantau kamu apakah itu rekaman terima kasih atas kesabaran kamu, atau jika seseorang telah menjawab panggilan tersebut.

    Saat mode tersebut dilepas, ponsel kamu akan bergetar dan berdering. Seolah-olah kamu dapat panggilan untuk memberi tahu kamu “Seseorang sedang menunggu untuk berbicara dengan kamu” sehingga kamu dapat melanjutkan panggilan.

    Pembaruan Notifikasi Pesan Baru

    Setelah menginstall Android 11, kamu akan melihat bahwa peringatan dari semua aplikasi perpesanan kamu, seperti Google Messages yang memiliki bagian “Conversation” khusus di notifikasi kamu.

    Perubahan tersebut mempermudah untuk menemukan peringatan yang paling penting. Namun, jika kamu menerima banyak pesan, bagian ini bisa menjadi berantakan.

    Alih-alih membiarkan Google menyortir lansiran baru kamu sendiri, tekan lama percakapan yang ingin kamu ikuti dengan cermat dan pilih Priority.

    Melakukan ini akan memindahkan pesan baru dari thread tersebut ke bagian atas semua notikasi pesan kamu, mengaktifkan Bubbles dan menggunakan avatar kontak sebagai ikon peringatan di bar notifikasi dan homescreen.

    Messaging Bubbles

    Fitur ini seharusnya menjadi bagian dari Android 10. Namun, Google menariknya pada menit terakhir. Hal tersebut membuat pemotongan pada Android 11.

    Fitur ini mirip dengan fitur “chat heads” milik Messenger Facebook. Saat diaktifkan, avatar kecil atau Bubbles akan muncul pad alayar kamu dan terlihat tidak peduli dengan aplikasi yang kamu gunakan.

    Klik avatar, lalu kamu akan diarahkan untuk membuka jendela kecil untuk membaca dan mengirim pesan baru. Tanpa membuka aplikasi sepenuhnya. Kamu dapat melakukan drag pada bubbles di sekitar layar kamu atau ke bagian bawah layar untuk menghapus.

    Untuk menggunakan Bubbles pada percakapan, klik ikon Bubbles kecil yang terletak pada sudut kanan bawah notifikasi. Jika kamu melakukan tap pada Bubbles tersebut, maka secara langsung akan fitur tersebut akan aktif pada thread.

    Atau, kamu dapat menandai percakapan tersebut sebagai prioritas dan untuk selalu menggunakan Bubbles pada kontak tersebut. Kamu kemudian dapat melakukan drag ikon untuk berbagai chat Bubbles atau mengeklik avatar untuk orang yang ingin kamu ajak bicara.

    Android 11 Punya Fitur Music Control

    Pada Android 11, ada kontrol pemutaran musik baru yang tidak lagi muncul sebagai notifikasi. Sebaliknya, ada kotak kecil yang muncul sebagai bagian dari panel Quick Settings. Kamu dapat melakukan skip, go back, play-pause dan mengganti device dari tempat musik yang diputar.

    Setelah kamu mulai memutar musik, kontrol media baru tersebut akan tersedia. Fitur ini jauh lebih baik daripada notifikasi lama.

    Fitur Build-in Screen Recorder

    Screen recorder merupakan cara cepat dan mudah untuk merekam sesuatu pada layar kamu. Namun, ada kalanya fitur ini lebih cocok untuk task yang ada. Misalnya, jika kamu ingin memamerkan keterampilan bermain game atau menyorot langkah-langkah untuk mereproduksi bug – FTW perekam layar!

    Kamu dapat menemukan alat Screen Recorder pada Quick Settings setelah menginstall Android 11. Jika tidak terlihat, klik ikon pensil untuk menambahkannya pada panel kamu.

    Klik ikon Screen Recorder dan pilih apakah kamu ingin merekam mikrofon atau audio aslinya saja dan apakah kamu ingin interaksi sentuh pada lauyar kamu juga ada di dalam video.

    Untuk berhenti merekam, klik notifikasi Screen Recoder. Video akan otomatis disimpal ke rol kamera kamu. Dimana kamu juga dapat mengedit dan berbagi rekaman tersebut ke orang lain.

    Baca juga, WhatsApp Ujicoba Audio dan Video Call Web

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR