Sunday, 1 August 2021
More

    Latest Posts


    Abadikan Momen Liburan dengan Smartphone di Bawah Rp2 Juta

    Menjelang natal dan tahun baru, biasanya ada libur panjang. Meski pemerintah telah memangkas hari libur, tetap saja ada libur panjang dari tanggal 24, 25, digabung 16 dan 27 yang berbarengan dengan akhir pekan. Nah, saat momen liburan ini, kamu butuh smartphone yang mumpuni untuk mengabadikannya, tapi tak harus mahal.

    Selain smartphone yang mumpuni dan tak perlu mahal, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menambah foto dan video liburan kamu menjadi lebih keren dan menarik. 

    1. Buat Itinerary ke lokasi wisata

    Ini dilakukan agar bisa kamu datangi semua tempat yang diinginkan, yang lokasinya berada di sekitar tempat penginapan kamu. Boleh nyontek sedikit dari buku travel yang pernah kamu baca, atau travel guidebook yang ada di hotel. Bisa juga tanya-tanya ke warga lokal, kali aja ada yang lebih menarik.

    1. Bangun lebih pagi, tidur lebih malam

    Jangan sia-siakan waktu. Untuk bisa mengambil momen indah dan tak biasa, kita butuh bangun lebih pagi, juga balik ke hotel lebih malam. Pasalnya, semakin banyak waktu yang kita gunakan, semakin banyak foto yang bisa diambil. Misalnya mengambil foto matahari terbit, sampai matahari terbenam, lalu memotret kehidupan malam yang penuh rahasia.

    1. Rule of Thirds dalam Fotografi

    Salah satu tip fotografi paling dasar dan klasik, memahami Aturan Sepertiga atau Rules of Third. Ini akan membantu membuat komposisi yang lebih seimbang. Bayangkan memecah gambar menjadi tiga secara horizontal dan vertikal. Tujuannya adalah untuk menempatkan bagian penting dari foto ke dalam bingkai sehingga lebih enak dilihat. Misalnya, menempatkan seseorang di sepanjang garis kisi kiri daripada langsung di tengah. Atau menjaga tampilan pemandangan berada di bagian sepertiga dari bawah, daripada membelah gambar menjadi dua. 

    1. Jangan lupa tripod, yang ringan saja

    Tripod memang perlu untuk membuat foto semakin kece. Bukan hanya untuk membuat hasil foto atau video lebih stabil tapi kadang bisa membantu untuk membuat kamu berada di dalam bingkai. 

    1. Coba-coba angle yang berbeda

    Angle yang dimaksud adalah mengambil foto dengan sudut yang berbeda. Pertama, coba ambil foto tegak lurus, lalu berpindah tempat ke kiri atau kanan. Jika tidak malu, ambil foto sambil duduk atau berbaring, manjat tiang kalau perlu agar tangkapannya lebih luas dan lebar. Mendekat juga bisa, biar lebih personal hasilnya.

    1. Sengaja Nyasar

    Buat mengeksplor lokasi wisata lebih keren dan menemukan objek foto yang tak biasa, boleh loh sekali-sekali nyasar dengan sengaja. Maksudnya, pilih alur jalan yang tak biasa. Kalau beneran nyasar, baliknya kan bisa pakai Google Maps atau Waze untuk balik ke hotel. Biar lebih seru, nyasarnya bareng temen ya, jangan sendirian.

    1. Selalu bawa smartphone

    Kamera SLR atau DSLR memang berat kalau dibawa kemana saja, selain itu rentan dengan perampokan. Nah, makanya, bawa saja smartphone kamu yang sudah dilengkapi dengan kamera. Tak perlu mahal. Smartphone terjangkau saat ini banyak yang sudah dilengkapi dengan kamera keren. 

    Misalnya Samsung A11 yang punya tiga kamera belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP, f/1.8, 27mm (wide), AF dan 5 MP, f/2.2, 115˚  untuk ultrawide-angle, dan  2 MP, f/2.4, untuk depth sensor. Kamera depan juga ada dengan resolusi 8 MP, f/2.0.  Ada juga Samsung A01 dengan dua kamera belakang yang bisa diandalkan. Resolusi kamera pertama 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, AF dan 2 MP, f/2.4, (depth). Sedangkan kamera depan A01 dibekali sensor 5 MP, f/2.2, 1/5″, 1.12µm. Yang terakhir ada Samsung A01 Core dengan kamera belakang 8 MP, f/2.2, AF dan kamera depan 5 MP, f/2.4. 

    1. Edit tipis-tipis

    Kalau sudah punya foto keren, jangan lupa edit tipis-tipis pakai aplikasi. Kalau kamu punya smartphone seperti yang kami sebutkan di atas, pilih aplikasi edit foto yang ringan. Aplikasi yang dapat diakses pada A01|A11|A01 Core untuk mengedit konten jadi lebih keren seperti Pixlr, PhotoGrid sampai MOLDIV.

    Buat kamu yang ingin hunting foto saat jalan-jalan kemanapun, di masa pandemi ini, jangan lupa perhatikan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan setiap kali dibutuhkan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir untuk jalan-jalan menjelajahi kotamu karena selain menjadi perangkat yang mendukung pembuatan konten, Samsung Galaxy A01|A11|A01 Core juga dapat membantu pengguna tetap aman di masa pandemi saat berpergian. 

    Ternyata di Samsung juga ada aplikasi C-Safe yang membantu pengguna tetap waspada dalam bepergian dengan mengetahui perkembangan informasi seputar COVID-19 di area tempat pengguna berada. Seperti level risiko tempat yang ingin dikunjungi, daftar rumah sakit rujukan, serta penyedia tes COVID-19 terdekat. Samsung C-Safe juga mendukung pengguna untuk tetap menjaga kebersihan seperti Wash Hand untuk mengingatkan pengguna rutin mencuci tangan, dan sebagainya.

    Stay safe, keep travel.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR