Kolaborasi dengan Nendo, OPPO Tampilkan Desain Konsep Baru

0
OPPO Nendo

Kolaborasi dengan Nendo, OPPO menghadirkan sejumlah desain konseptual baru berdasarkan filosofi desain human-centric dalam ajang China International Industrial Design Expo (CIIDE) Ke-4 di Shenzen, China. Pameran tersebut berlangsung pada hari Senin (14/12) kemarin.

Desain ini dirancang khusus untuk OPPO oleh Nendo. Nendo sendiri merupakan sebuah studio desain terkemukan asal Jepang yang didirikan oleh Oki Sato.

Kolaborasi OPPO dengan Nendo ini merupakan salah satu rangka dari mengeksplorasi berbagai rancangan perangkat di masa depan. Selama pameran, OPPO juga menunjukkan serangkaian desain produk klasiknya yang mencerminkan wawasan dan upaya OPPO dalam mengeksplorasi bentuk, materi dan interaksi yang telah dilakukan perusahaan sejak pertama kali didirikan.

The China International Industrial Design Expo sendiri merupakan sebuah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China. Tahun ini, pameran tersebut mengangkat tema “Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru”.

Melalui tema tersebut, OPPO menghadirkan gaya yang retrospektif dengan menampilkan desain produk klasik terbaiknya yang telah diciptakan oleh perusahaan semasa hidupnya. Sebelumnya, OPPO meluncurkan smaprthone pertamanya yang bernama Smiley Face A103 yang menandai awal dari terciptanya kesimbangan antara estetika dan inovasi yang sempurnandi tahun 2008.

Pada tahun 2012, OPPO meluncurkan salah satu posnel tertipis di dunia bernama Finder yang dirancang sedemikian rupa agar lebih mudah dan nyaman saat digenggam. Sementara di tahun 2014, OPPO memperkenalkan seri Find 5 yang memiliki desain lengkung 2.5 D.

Dari tahun ke tahun, OPPO selalu menunjukkan inovasi baru dalam tampilan desain perangkatnya. Seperti pada tahun 2019, OPPO meluncurkan Reno 10x Zoom dan struktur pivot uniknya yang meninggi. Desain tersebut menjadi inspirasi bagi desain baru dalam industri smartphone.

Pada bulan November tahun ini, OPPO menunjukkan eksplorasi terbaru mereka dalam pengembangan smatphone dengan menampilkan OPPO X 2021. Sebuah konsep smartphone terbaru yang dapat digulung dalam ajang OPPO INNO DAY 2020.

Layar perangkat konseptual ini dapat digulung dan ukurannya dapat disesuaikan dalam rentang yang ditentukan sehingga menawarkan perspektif baru tentang masa depan perangkat dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengannya.

Dalam ajang China International Industrial Design Expo, OPPO menampilkan desain konseptual “slide-phone” dan “music-link” yang merupakan hasil kolaborasi dengan Nendo. Ide untuk menciptakan “slide-phone” sendiri berawal dari OPPO dan Nendo yang menemukan bahwa pengguna smartphone semakin mengandalkan perangkat mereka untuk berinteraksi dengan dunia sekitar.

Untuk mendukung lebih banyak fungsionalitas, Smartphone pada umumnya didesain dengan ukuran besar sehingga sulit dan kurang nyaman saat digenggam. Tren ponsel berukuran besar ini telah menjadi kekhawatiran bagi sejumlah pengguna smartphone.

Berbekal wawasan ini, konsep “slide-phone” sendiri dirancang dengan layar yang dapat dilipat tiga kali menggunakan engsel sehingga layar dapat dilipat ke arah yang sama. Dengan memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan, pengguna dapat mengubah ukuran smartphone agar sesuai dengan acara.

Tak hanya itu, stylus yang dimasukkan ke dalam telepon memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan menggunakan telepon untuk bekerja atau melakukan tugas lain yang lebih kompleks.

Desain konseptual OPPO dan Nendo lainnya, “music-link” adalah kumpulan perangkat yang berpusat pada earphone TWS. Desain tersebut mencakup smartwatch, speaker AI, pengisi daya protabel dan pengisi daya nirkabel.

Semuar perangkat ini dirancang dalam bentuk organik yang ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini. Saat earphone TWS dan pengisi daya portabel ditempatkan pada speaker AI, penggunda dapat menikmati pengalaman musik yang mulus saat beralih dari headphone ke speaker.

Desain simbolis antar perangkat ini dan penekanan pada portabilitas dan kenyamanan, mencerminkan integrasi teknologi OPPO dan human-centricity dalam filosofi desainnya.

“Saya terkesan dengan filosofi OPPO yan glebih dari sekadar memanfaatkan teknologi terbaru dan mengejar hubungan yang nyaman antara orang dan produk mereka melalui pendekatan desain human-centric. Saya menantikan konsep baru dari tim OPPO untuk mencapai keseimbangan lebih lanjut antara teknologi dan sisi emosional pengguna,” CEO dan desainer kepala Nendo, Oki Sato menyatakan.

Xiao Bo selaku Desainer Utama OPPO Industrial Design menambahkan,”Desain Nendo sangat selaras dengan filosofi human-centric OPPO. OPPO bertujuan untuk menghadirkan pengalaman produk yang menyenangkan kepada pengguna dengan teknologi mutakhir dan desain estetika. Kemitraan ini dibangun di atas keyakinan bahwa untuk menciptakan produk teknologi inovatif dengan tingkat kenyamanan yang tepat bagi pengguna, kita harus fokus pada “manusia”. Ke depannya, kami akan menggandakan pendekatan ini dengan merekayasa produk dengan pengalaman yang lebih mulus dan ramah pengguna,” tutupnya.

Baca juga,


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan