AI di OPPO F7 sahkan gelar kamu sebagai selfie expert

Diva says – AI di OPPO F7 cukup mencuri perhatian. Lini smartphone baru dari Oppo akhirnya diluncurkan, sebuah smartphone dengan desain notch yang kabarnya dilengkapi dengan artificial intelligence alias kecerdasan buatan. Semua didedikasikan untuk para penggemar selfie.

Mengapa didedikasikan untuk penggemar selfie? Pasalnya, dukungan software kecerdasan buatan atau AI di OPPO F7 itu berfungsi utama untuk kamera dan mengatur album foto sedemikian rupa. Belum lagi kamera depan yang memiliki resolusi sampai 25 megapiksel.

Selfie selalu menjadi aktivitas yang tidak pernah terpisahkan dari pergaulan seorang wanita, apalagi jika smartphone itu memiliki desain yang elegan. Nah, usai kamu baca review ini, pasti kamu akan merasa perlu untuk memiliki satu Oppo F7 sebagai smartphone yang bisa kamu andalkan.

Desain
Oppo selalu menghadirkan smartphone dengan varian warna yang cerah dan elegan. Untuk F7, beberapa warna yang disematkan seperti merah, silver kebiru-biruan, dan hitam dengan kilauan berlian. Hampir semua varian warna yang diusung F7 akan terlihat ‘sparkling’ saat terkena cahaya, khususnya sinar matahari. Ditambah dengan desain poni di atas layar, membuat lebih kekinian dan elegan.

Bagian depan hampir penuh dengan layar, hanya meninggalkan notch di bagian atas dan bezel yang supertipis. Di bagian belakang, dilapisi dengan materi plastik yang ‘sparkling’, ditambah tempat pemindai sidik jari berbentuk O. Sedangkan di bagian kiri atas ada kamera dengan lampu flash. Bagian tengah tentu saja ada hiasan brand bertuliskan Oppo.

Oppo F7 memang tidak tipis-tipis amat, hanya 7,8 milimeter, tapi untuk digenggam oleh seorang wanita dengan jari yang lentik, cantiknya akan bertambah dan sisi elegannya akan terpampang nyata. Lagipula ketipisan ini bisa dimaklumi, mengingat Oppo memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, 3.400 mAh. Di sisi kiri ada tombol volume dan di seberangnya adalah tombol aktivasi.

Di bagian bawah ada beberapa lubang. Enam lubang berderet merupakan tempat keluar suara (speaker), disandingkan dengan port charger dan headphone.

Kamera
Seperti yang dibilang di atas, jika kamu benar-benar tertarik dengan Oppo F7 itu artinya kamu adalah orang yang benar-benar selfie mania dan tahu gimana caranya memenuhi kebutuhan fotografi kamu, walau hanya menggunakan smartphone. Kamera utamanya memang hanya ada satu tapi itu cukup untuk melakukan pengambilan foto karena dilengkapi dengan resolusi 16 megapiksel, serta bukaan lensa f/1.8. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera beresolusi 25MP dan bantuan bukaan lensa f/2.0, sangat mampu memenuhi kebutuhan selfie dan video call kamu.

Di sinilah AI di OPPO F7 sangat memiliki peran penting, menghasilkan foto yang ciamik. Beberapa di antaranya adalah teknologi Beauty AI (AI Beauty Recognition) generasi kedua (2.0) dan stiker dengan format augmented reality (AR). Yang menarik dari AI di OPPO F7 adalah pada kamera, salah satunya adalah AI Scene Recognition atau kemampuan untuk bisa mengidentifikasi 16 latar dan objek yang berbeda secara real time saat kita memotret.

Saat Gadgetdiva mencoba, kami sangat terkesima dengan kinerja AI pada kamera OPPO F7.  Artinya, AI benar-benar bisa memperlihatkan kecantikan wajah yang sesungguhnya, bahkan pria pun akan terlihat ganteng, bukan cantik. Belum lagi tampilan stiker membuat hasil jepretan lebih atraktif dan menarik.

Album foto pun bisa tersusun dengan rapi secara otomatis, kita tak perlu mengaturnya lagi karena sudah dibantu AI di OPPO F7. Ada yang berdasarkan momen, waktu, sampai lokasi tertentu. Bahkan kalau mau hapus foto mantan yang jumlahnya ratusan di smartphone OPPO F7, tingga klik wajah mantan kamu, nanti otomatis semua foto yang ada dia akan keluar. Klik DELETE ALL, dan silakan Move On! Karena itu GD merekomendasikan fitur AI ini untuk kamu penggemar selfie sejati. OPPO F7 akan mengesahkan gelar kamu sebagai selfie expert.

Yang menariknya lagi, prosesor Helio P60 juga mampu menghasilkan HDR real-time saat selfie dan bisa mempelajari pola editing penggunanya berdasarkan history editing yang pernah dilakukan. Aplikasi kamera di Oppo F7 ini dilengkapi dengan fitur time-lapse, video, sticker, panorama dan expert.

Untuk pengambilan video, hasilnya so-so karena F7 tidak dilengkapi fitur stabilisasi. Ini bisa dimaafkan lah, ya karena ternyata maksimum tangkapan gambarnya bisa sampai resolusi 1080p dengan 30 fps melalui kamera depan maupun belakang.

Performa
Dari sisi performa, F7 memiliki dapur pacu yang didukung Helio P60. Prosesor ini dibuat melalui proses fabrikasi FinFET 12 nm, merupakan prosesor pertama yang dilengkapi unit processing multi-core AI.

Dari data yang dipaparkan produsen Helio P60, Mediatek, prosesor ini memiliki kemampuan untuk menghemat daya sampai 25 persen, apalagi jika digunakan untuk bermain game. Artinya, untuk bermain AOV, Mobile Legends, sampai Asphalt 8: Airbone atau Need for Speed: No Limits, tak ada isu overheat.

harga oppo f7

Oppo F7 hadir dengan resolusi 2280 x 1080 dan layar 6,23 inci FHD+ Super Full Screen, memberikan warna yang lebih kaya dan pengalaman visual yang lebih baik. Oppo F7 juga merupakan salah satu smartphone dengan aspek rasio khusus 19:9 yang memberikan area of effect yang lebih luas ketika bermain game.

Bekerja pada Android Oreo 8.1, peranti lunak ColorOS 5.0 memiliki teknologi AI untuk manajemen sistem yang lebih baik.Dengan demikian, F7 memiliki performa 80 persen lebih baik daripada F5 ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Oppo F7 punya 3 varian warna dengan dua varian memori, yakni 4GB RAM dengan ROM 64GB, dan 6GB RAM dengan ROM 128GB.

Baca juga nih review adik dari OPPO F7

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.