Saturday, 16 January 2021

Kebijakan Baru WhatsApp dalam Berbagi Data

WhatsApp baru-baru ini memberikan banyak pilihan yang sulit kepada banyak penggunanya. Mereka dapat menerima kebijakan privasi yang direvisi dengan secara eksplisit memungkinkan layanan untuk...
More

    Latest Posts


    OPPO Reno5 Hadirkan Full Dimension Fusion Portrait Video System, Bikin Vlog Kamu jadi Makin Keren!

    Kemarin (5/1), OPPO mengadakan acara Reno5 Imaging Workshop. Pada acara tersebut, mereka menampilkan fitur-fitur kamera yang akan hadir dalam perangkat Reno5 yang akan segera diluncurkan, termasuk pengalaman video terbaru.

    Reno5 Imaging Workshop juga menghadirkan Jun Luo selaku Lead Technical Director dari OPPO Japan Research Center. Dimana dirinya menjelaskan langsung seputar fitur kamera baru yang telah siap dihadirkan dalam Reno5 secara virtual.

    Berbicara seputar fitur kamera dalam OPPO Reno5. Perangkat tersebut menghadirkan fitur terbaru yang mampu memberikan pengalaman kamera terbaik, yaitu OPPO Full Dimension Fusion (FDF).

    Berdasarkan perangkat keras pencitraan kelas atas, algoritma pemrosesan gambar inovatif dan perangkat lunak yang berpusat pada pengguna, OPPO FDF Portrait Video System akan memenuhi beragam kebutuhan pembuatan video.

    Untuk menghadirkan pengalaman video yang superior, OPPO telah melakukan riset konsumen yang menunjukkan bahwa kebutuhan utama konsumen sebenarnya kemampuan untuk merekam video secara jelas di stiuasi dan kondisi apapun. Berdasarkan hasil riset tersebut, OPPO FDF Portrait Video System bekerja dengan perangkat keras pencitraan kelas atas dan perangkat lunak cerdas, ditambah dengan keahlian dalam mendeteksi berbagai skenario potret dan desain fitur potret. Hasilnya adalah pengalaman video potret kelas dunia bagi pengguna OPPO Reno5.

    Selanjutnya, OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System sendiri terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Dari keduanya, peran Mesin Peningkatan Kualitas memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apapun, baik siang maupun malam dalam cahaya latar yang kuat.

    Sementara itu, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret. Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang yang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

    Mesin Peningkatan Kualitas adalah rangkaian algoritma yang memastikan pengguna dapat menangkap gambar video berkualitas dalam situasi apapun. Mesin ini menjadi dasar dari berbagai fungsi pada seri OPPO Reno5, di antaranya adalah AI Highlight Video yang menjadi terdepan di industri perekaman video.

    AI Highlight Video merupakan teknologi generasi baru yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dalam algoritma Live HDR. Fitur ini akan mendeteksi level cahaya dalam sebuah skenario, smartphone akan menerapkan algoritma guna menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan agar optimal pada video. 

    Melalui fitur ini, OPPO bergasil menyatukan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur yang tersedia pada kamera depan dan belakang pada OPPO Reno5. Sekarang, pengguna hanya perlu menekan satu tombol pada interface untuk mengaktifkan AI Highlight VIdeo dan merekam video dengan jelas, cerah dan tampak alami.

    AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan otomatis, yakni Adaptive Brightness Adujstment, Adaptive Dynamic Range, Adaptive Noise Reduction. 

    Melalui pengujian performa AI Highlight Video yang menunjukkan bahwa video malam hari 74,4% tampak lebih cerah dan 33,7% lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan.

    AI Highlight Video pada seri OPPO Reno5 hanya membutuhkan waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan pengalaman pengguna yang mulus. Selain itu, fitur ini membutuhkan daya 40% lebih sedikit dibanding pendahulunya.

    Fitur AI Highlight Video pada kamera depan OPPO Reno5

    Dalam meningkatkan stabilisasi gambar pada seri OPPO Reno5, perangkat ini dilengkapi dengan fitur Ultra Steady Video 3.0. Dimana fitur ini mampu memberikan stabilisasi gambar untuk berbagai skenario, baik saat sedang berjalan, melompat atau bahkan melakukan olahraga ekstrim.

    Untuk membuat konten video berkualitas tinggi, OPPO telah menyediakan sejumlah fitur yang bertujuan menonjolkan individualitas setiap penggunanya, seperti AI Portrait, AI Monochrome Video dan AI Mixed Portrait. Deretan fitur ini memberikan pengguna keleluasaan dalam membuat konten video.

    Untuk mendukung fitur-fitur ini dan meningkatkan kemampuan kesluruhan perangkat, fitur FDF Portrait Video System juga menyertakan Mesin Persepsi Potret dengan rangkaian algoritma yang memastikan subjek dalam keadaan bergerak atau diam, memiliki latar belakang sederhana atau rumit, sistem ini akan memproses subjek potret secara lebih alami.

    Lebih lanjut, Reno5 juga menghadirkan fitur Scene Desing Manager. Dimana fitur tersebut menggunakan kemampuan definisi adegan potret bersama dengan basis data besar buatan OPPO yang berisi lebih dari 10 juta data untuk menganalisis adegan potret secara langsung dan kebutuhan untuk melakukan penyesuaian pencitraan.

    Dengan kemampuan tersebut, perangkat ini dapat menyesuaikan skenario dan menilai video yang direkam pengguna berdasarkan analisa atmosfir sekitar. Tak hanya itu, fitur ini juga dapat melakukan penyesuaian pada adegan sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna.

    Dalam penggunaannya, ketika subjek potret menghadap ke kamera atau sebagian dikaburkan, Mesin Persepsi Potret masih mendapatkan fitur spesifik dari setiap orang dan mengenali setiap wajah individu secara akurat. Lebih lanjut, mesin tersebut juga memungkinkan fitur lain seperti AI Highlight Video untuk melakukan optimalisasi, baik itu penyesuaian kecerahan, warna atau kontras dengan perisis yang lebih baik.

    Mesin ini juga dapat mendeteksi dan melacak tubuh manusia yang bergerak di dalam video, sehingga memungkinkannya untuk mengekstrak subjek potret ini dengan presisi bahkan dengna latar belakan yang paling kompleks.

    Melalui teknik ini, efek AI Color Portrait dan AI Mixed Video dapat diterapkan dengan transisi yang natural dan mulus antara subjek dan latar belakang. Melalui algoritma ini, OPPO Reno5 juga dapat menangkap video yang jelas dan lebih baik.

    Hasil foto menggunakan Fitur AI Color Portrait OPPO Reno5

    OPPO Reno5 nantinya akan dilengkapi dengan aplikasi penyunyingan video yang jelas dan lebih baik. Selain itu, berbekal aplikasi penyuntingan video pintar, yakni SOLOOP. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan penyuntingan dengan cara yang profesional pada setiap video yang mereka rekam.

    Baca juga, Fitur Videografi Unggulan OPPO Reno5

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR