Tips Jepret Foto Epik Pakai Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

0
756
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G merupakan smartphone kekinian yang bisa membuat para penggunanya menjadi konten kreator handal.

Sering berkembangnya teknologi dan inovasi baru dari para perusahaan gadget, saat ini mereka seakan berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur dan spesifikasi baru yang tak dimiliki satu sama lain. Salah satunya dengan menghadirkan kualitas kamera profesional, hingga hadirlah istilah mobile photography yang membuat pengalaman memotret menjadi lebih berkualitas, seperti yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Kualitas kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G telah dibuktikan oleh Gesit Wisnu Prakoso, seorang fotografer sekaligus konten kreator. Dirinya merasa bahwa saat ini kamera Galaxy S21 Ultra 5G dapat menunjang fotografi yang profesional.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

“Selain dari segi kepraktisan dan efektivitas, smartphone flagship andalan  ini juga mengusung fitur-fitur unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan saya dalam mengambil gambar.  Semua fitur pada Galaxy S21 Ultra 5G dapat dipergunakan dengan maksimal sesuai kebutuhan, baik itu  dari komposisi objek maupun kondisi pengambilan gambar,” ungkap Gesit. 

Nah, gimana sih caranya supaya kita dapat mendapat hasil fotografi yang keren melalui Galaxy S21 Ultra 5G? Ikuti tips dan trik di bawah ini, ya!

Pilih Lensa yang Tepat untuk Angle Terbaik

Galaxy S21 Ultra 5G ini cocok banget digunakan oleh kamu si tech-savy dan perfeksionis. Pasalnya, perangkat ini telah dilengkapi oleh quad-camera di bagian belakang yang ditunjang dengan resolusi kamera utama 108 MP.

Tak hanya itu, ada pula berbagai pilihan lensa yang bisa kamu gunakan. Seperti, Ultra-wide, Wide dan Dual-tele. Lensa ini dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan lensa dengan kebutuhan konten yang ingin kamu produksi.

Menurut Gesit, pilihan lensa yang dihadirkan oleh Galaxy S21 Ultra 5G memberikan pengguna keluasan untuk memilih tampilan lensa yang sesuai dengan subjek sebelum mengambil gambar. Seperti pengalamannya saat menggunakan lensa Ultra-wide Camera 12 MP.

Hanya dengan berbekal sudut pengambilan gambar yang luas hingga 120°, lensa tersebut memungkinkan lebih banyak objek yang masuk ke dalam frame. Hal tersebut sangat berguna untuk memotret pemandangan alam atau arsitektur. Kamu juga dapat memaksimalkannya saat ingin mencoba berbagai macam distorsi dan komposisi.

Seperti yang dikatakan oleh Gesit bahwa keunggulan dari lensa Ultra-Wide ini menjadi sangat esensial dalam kegiatan memotret. Terutama bagi kamu yang memiliki passion dalam travel photography.

Selanjutnya, Samsung Galaxy S21 Ultra juga memberikan opsi lain dalam pengambilan melalui inovasi sistem lensa Dual-tele dengan fitur 100x Space Zoom. Perangkat Samsung pertama yang dilengkapi dengan Dual Pixel (2PD) AF.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar sejernih kristal, bahkan ketika berada jauh dari objek foto di tengah keramaian sehingga kamu bisa menangkap momen yang diinginkan dengan kualitas yang baik sambil menjaga jarak dari kerumunan. Kepekaan terhadap lingkungan seperti ini penting untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Dok. Gesit Wisnu Prakoso

“Saya pribadi merasa, kita harus peka dengan keadaan sekitar objek yang akan kita foto. Saya sendiri suka  memperhatikan komposisi yang bagus sebelum mengambil gambar. Contohnya, saya ingin mengunjungi  suatu tempat untuk membuat konten, saya pasti akan explore terlebih dahulu angle apa yang cocok  dengan subjek pada tempat tersebut. Itu bisa membantu saya menentukan lensa yang paling tepat untuk digunakan,” jelas Gesit. 

Memanfaatkan Fitur Pro Mode Sesuai Kebutuhan

Beralih ke fitur lain yang dihadirkan oleh Samsung ke dalam perangkat Galaxy S21 Ultra 5G adalah fitur Pro Mode. Fitur tersebut berfungsi untuk memberi kendali saat mengatur ISO, shutter speed, exposure, white balance dan filter secara manual untuk mendapat hasil potret sesuai keinginan.

Untuk mengoptimalkan fitur Pro Mode dalam mengambil gambar, Gesit menyatakan bahwa hal utama yang perlu diatur adalah ISO. Pasalnya, saat itu ia berhubungan dengan tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya, sehingga potret yang dihasilkan lebih terang.

Dok. Gesit Wisnu Prakoso

Pengaturan ISO juga ikut memengaruhi kecepatan kamera dalam memotret gambar. Hal tersebut perlu diperhatikan dalam memotret agar hasil foto tidak terganggu dari tangan yang goyang saat mengambil gambar yang lama. Untuk mengakali hal tersebut, pengguna bisa memanfaatkan tripod untuk meminimalkan guncangan yang dapat terjadi.

“Selain ISO, focus peaking juga perlu diperhatikan. Focus peaking ini adalah pengaturan yang  memudahkan kita mencari titik fokus saat kamera berada di mode fokus manual. Jika kita berada di  kondisi yang minim cahaya, ada baiknya kita mengaturnya ke manual agar mempermudah kita untuk  melihat area-area mana saja yang mendapat fokus. Selain itu, white balance juga bisa diatur, apakah harus  pakai manual atau cukup secara auto. Kembali lagi, aspek-aspek ini harus disesuaikan dengan kebutuhan  pengguna itu sendiri,” kata Gesit menambahkan. 

Coba Berbagai Cara untuk Konten Epik

Gesit memberi tips seputar mengambil foto dengan berbagai kreasi bagi kamu si fotografer. Yaitu, dengan mencoba cara yang out of the box.

Dirinya juga berbagi pengalaman mengambil foto saat mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa. Di lokasi tersebut, Gesit tertarik dengan pemandangan sejumlah kapal yang bersandar pada dermaga pelabuhan dengan latar belakang matahari terbenam yang dilengkapi dengan refleksi objek pada genangan air.

Dok. Gesit Wisnu Prakoso

“Terkadang, saya suka mencoba beberapa cara untuk membuat konten sekreatif mungkin, termasuk saat saya sedang mengunjungi Sunda Kelapa dan melihat keindahan pemandangan yang ada,” ujar Gesit. 

Gesit bercerita bahwa dirinya saat itu mencoba untuk membalikkan ponsel Galaxy S21 5G-nya dengan posisi kamera di bawah sehingga terlihat seolah-olah refleksi kapal dari genangan air berada di atas dna main object berada di bawah agar refleksi terlihat secara menyeluruh.

Bagi saya pribadi, tidak ada aturan paten dalam mengambil foto agar  menjadi menarik. Kita harus berani mencoba dan memahami fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan hasil  foto sesuai dengan kebutuhan,” tutupnya. 

Sudah siap mencobanya belum, Paradiva?

Baca juga, Deretan Fitur Pintar Di Balik Layar Samsung Galaxy S21 Series 5G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here