Aplikasi SmartThings Bikin Pengguna Lebih Nyaman di Masa Depan

0
Samsung Galaxy Unpacked

Selain menghadirkan sederet fitur yang memudahkan pengguna dalam membuat konten, Samsung juga menghadirkan fitur yang dapat membuat masa depan penggunanya lebih nyaman ke dalam perangkat Galaxy S21 Series 5G-nya. Melalui salah satu aplikasi yang dinamakan SmartThings. 

“Inovasi serta penyempurnaan teknologi merupakan suatu hal yang ada pada DNA Samsung Electronics. Oleh karena itu, di setiap produk-produk yang kami hadirkan, kami memperhitungkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna di masa sekarang, maupun di masa yang akan datang,” jelas Selvia Gofar, selaku Head of Product Marketing IT & Mobile, Samsung Electronics Indonesia yang dikutip dari siaran pers Samsung, hari ini (12/3). 

Menurut Selvia, melalui aplikasi SmartThings ini, Samsung berharap akan ada lebih banyak hal yang dapat terintegrasi sehingga pengguna dengan mudah dapat mengakses lebih banyak hanya dengan perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G. 

Dalam menghadirkan aplikasi ini, Samsung menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Yakni, sebuah teknologi integrasi antar perangkat yang membuat manusia semakin mudah untuk mengakses keseharian mereka. Teknologi ini juga mengintegrasikan aplikasi yang dimiliki oleh perangkat Galaxy S21 Series 5G dengan berbagai perangkat berbasi IoT lainnya yang dimiliki. 

Mengontrol Perangkat Pintar di Rumah Kamu

Samsung Galaxy S21 Series 5G dapat menyesuaikan perangkat berbasis IoT lain yang kamu miliki dengan rutinitas yang kamu jalani. Tentunya, dengan menggunakan SmartThings deep integration, pengguna dapat menggunakan fitur yang ada pada perangkat tersebut. 

Contohnya, dengan menggunakan SmartThings Deep Integration, jika kamu ingin memasang alarm di jam 6 pagi, kamu dapat mengatur seluruh perngkat pintar yang terkoneksi dengan perangkat Galaxy S21 Series 5G agar bertindak sesuai dengan keinginanmu. 

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengakses aplikasi tersebut, lalu daftarkan perangkat SmartThings yang kamu miliki. Selanjutnya, pada menu SmartThings, pengguna cukup mengakses ‘companion-app’ melalui opsi ‘clock’. Melalui opsi tersebut, kamu dapat mengeset waktu alarm yang diinginkan. 

Lalu, tekan tombol “Wake-up using smart-device” pengguna dapat mengatur apa yang dilakukan oleh perangkat pintar yang dimiliki. Seperti, televisi, lampu, hingga tirai. Saat kamu menekan tombol dismiss pada alarm di pagi hari, maka lampu dan televisi akan menyala, sementara tirai akan terbuka secara otomatis. Sehingga, membuatmu lebih bersemangat untuk beranjak dari tempat tidur. 

Tak hanya itu, SmartThings Deep Integration juga disematkan pada aplikasi Weather pada Galaxy S21 Series 5G. Aplikasi ini dapat mendeteksi hal-hal dasar seperti temperatur, cuaca, serta tingkat polusi di hari itu. 

Nah, melalui Samsung Galaxy S21 Series 5G, pengguna dapat mengetahui kualitas udara di rumah melalui menu ‘Indoor Air Quality’. Sebuah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui level debu di rumah dan menyalakan air purifier secara remote untuk menjaga kondisi udara agar tetap baik saat berpergian. 

Tak hanya itu, fitur SmartThings lainnya yang sering digunakan oleh para pengguna adalah SmartView. Fitur ini berbeda dari Samsung Dex, dimana SmartView langsung melakukan mirroring tampilan layar perangkat S21 Series 5G kamu dengan layar SmartTV yang dimiliki. 

Namun, dengan SmartThings Deep Integration, fitur tersebut telah dikembangkan lebih jauh lagi. Apalagi, jika kamu memiliki perangkat pintar lainnya yang telah terintegrasi. Melalui SmartView, pengguna dapat dengan mudah mengontrol lampu pintar dan tirai pintar supaya sesuai dengan intensitas cahaya pada layar televisi. Guna menghindari backlight dan memberi pengalaman menonton yang lebih nyaman. 

Galaxy S21 Series 5G sendiri menjadi seri pertama Galaxy yang memiliki kemampuan untuk menggunakan SmartThings pada Android Auto. pengguna dapat mengakses aplikasi Android Auto dan menghubungkan perangkat tersebut dengan perangkat Head Unit di mobil kamu. 

Setelah terhubung, kamu dapat dengan mudah mengecek serta mengontrol perangkat pintar lainnya di rumahmu dari mobil. Sekaligus, merespon notifikasi pada layar Head Unit mobil dengan mudah. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan