Fitur Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang Permudah Konten Kreator Bikin Film Epik

0
602
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Sudah tidak dipungkiri lagi jika smartphone bisa melakukan apa saja, termasuk merekam video dan memproduksi film epik dan sinematik. Salah satu yang bisa diandalkan adalah smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, sudah banyak fitur-fitur yang bisa diandalkan untuk membuat video layaknya profesional. Mulai dari S Pen yang bisa digunakan untuk menuangkan ide cerita di S Note, sampai kamera beresolusi besar dan software editing yang terintegrasi di dalam perangkat.

Lalu apa saja tahapan dalam membuat video dan fitur-fitur apa saja di smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang bisa digunakan untuk memproduksi film keren? Berikut langkah-langkahnya.

S Pen untuk tuangkan ide cerita

Sebelum membuat film, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ide atau tema cerita. Beruntung Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki S Pen yang bisa dijadikan alat menulis di Samsung S Note.

Galaxy Movie Studio

Saat ide muncul, langsung bisa dituangkan dalam bentuk tulisan atau partisi gambar di perangkat S21 Ultra 5G. Mulai dari draft ide, plot atau alur cerita, storyboard, sampai menjadi naskah jadi, bisa dilakukan langsung dengan S Pen dan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Lima Kamera untuk Recce

Setelah menentukan ide dan storyboard, kita juga harus menentukan lokasi pembuatan film epik tersebut. Nah, sudah sewajarnya jika lokasi tersebut harus dikunjungi dan direkam dengan jepretan kamera agar terlihat estetika dari lokasi tersebut, apakah sesuai dengan naskah yang sudah kita buat.

Kunjungan ke lokasi, dalam industri film disebut dengan Recce. Saat melakukan Recce, empat kamera belakang Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ini bisa diandalkan untuk memotret objek lokasi. Kita bisa manfaatkan lensa ultra-wide angle atau Telefoto untuk mengamati angle lokasi lebih luas.

Kamera Ultra-wide di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dibekali dengan resolusi 12MP, sedangkan dua buat kamera telephoto dibekali masing-masing 10MP.

Tak hanya itu. Lensa wide-angle di perangkat tersebut juga bisa memotret sampai resolusi 108MP. Jika membutuhkan kamera depan ada lensa beresolusi 40MP, bisa sekalian selfie selfie di tempat lokasi.

Kamera 108 MP untuk video epik

Mulailah ke tahap produksi. Di sini, sudah pasti yang akan digunakan adalah kamera dengan resolusi yang lebih besar. Beruntung Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki kamera 108MP dengan fitur Pro Grade Camera.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Videografer bisa mengambil gambar bergerak dengan hasil 4K dan kecepatan 60 fps menggunakan semua lensa yang ada. Artinya, kualitas video akan sama walaupun diambil dengan angle kamera yang berbeda, baik dengan 108MP Wide Camera, 12MP Ultra-Wide Camera dan Dual Tele-Lens 10MP.

Hasil rekaman akan berkualitas tinggi dan detail yang tajam. Kamera 108MP juga dilengkapi sensor terbaru dengan 12-bit Raw Photo yang menghasilkan 64x warna yang lebih kaya dan 3x dynamic range dibanding seri sebelumnya.

Directors View untuk angle variatif

Untuk yang ingin menghasilkan konten video yang lebih kreatif, ada fitur menarik bernama Director’s View. Di sini, semua kamera akan hidup atau menyala bersamaan. Tinggal pilih angle mana yang mau dimasukkan ke dalam video.

Bisa pakai mode picture in picture (mirip seperti video call), atau split (mirip split screen). Perlu diingat, berkat pro grade camera, semua hasil tangkapan dari berbagai angle kamera ini menghasilkan video 4K dengan kecepatan 60 frame per second.

Zoom in Zoom out ala sinetron

Fitur Space Zoom 30x di Galaxy S21 Ultra 5G mendapat peningkatan baru dengan fitur Zoom Lock. Oia, Zoom Lock juga ada di Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G. Namun untuk Galaxy S21 5G Ultra punya kemampuan zoom 100x.

Fitur Zoom Lock ini memanfaatkan AI untuk menjaga titik fokus objek bidikan tetap di tengah bingkai. Selain dibekali dengan teknologi AI yang makin sempurna, kita bisa bikin video dengan kualitas sinematik. Zoom in-zoom out ini juga sangat berguna untuk mengambil adegan dramatis, mirip sinetron kejar tayang yang ada di televisi.

Tak perlu gimbal untuk tetap stabil

Ini merupakan fitur yang sudah menjadi andalan para kreator konten di Samsung. Sejak Galaxy S10, Samsung telah menyematkan fitur super steady sehingga para kreator konten tak lagi membutuhkan gimbal saat menggerakkan kamera smartphone ke sana kemari.

Super steady bisa dibilang merupakan kunci dari sebuah konten video sinematik. Tidak heran jika video yang dihasilkan memiliki pergerakan yang sangat smooth. Galaxy S21 Ultra 5G memiliki fitur kamera 10x periskop yang lebih canggih untuk gambar jarak jauh yang lebih tajam.

Merekam adegan lebih lama

Galaxy S21 Ultra 5G dibekali baterai 5000 mAh. Jangan lupa, ada dukungan chip 5nm Exynos 2100, yang salah satu keuntungannya adalah membuat baterai bisa bertahan lebih lama.

Ini cukup menguntungkan bagi konten kreator yang ingin membuat film epik tanpa harus membuang waktu menunggu smartphone di charge setiap beberapa jam. Baterai awet mampu merekam scene dengan waktu yang lebih lama.

Editing langsung dari smartphone

Untuk membuat proses produksi lebih efektif dan efisien, Samsung mengerti apa yang dibutuhkan oleh para konten kreator. Misalnya untuk proses editing. Tanpa membutuhkan download aplikasi tambahan, Samsung telah menyematkan software editing yang bisa diandalkan.

Saat meng-edit dari Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, konten kreator bisa menambahkan musik, memotong, mempercepat atau memperlambat adegan, menambahkan efek atau filter, menambahkan emoji atau teks dan gambar, sampai membuat objek/aktor di dalam video memiliki wajah yang lebih mulus sehingga lebih enak dipandang. Canggih, kan

Preview di layar TV

Setelah proses editing selesai, kita bisa melakukan preview video terlebih dahulu menggunakan layar yang lebih besar. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G telah dibekali dengan koneksi langsung ke TV Samsung dengan berbagai ukuran.

Cukup hubungkan smartphone kamu ke TV dengan menggunakan Smartview. Atau bisa juga ditampilkan di layar desktop PC atau laptop dengan menggunakan koneksi Samsung Dex.

Dengan segala kelebihan ini, konten kreator dipastikan bisa membuat film epik dan sinematik dengan budget yang jauh lebih terjangkau.

Samsung sendiri memiliki wadah untuk mengasah para sineas muda membuat film dengan smartphone. Wadah tersebut bernama Galaxy Movie Studio (GMS). Wadah ini dibentuk pada 2019 bagi para pengguna smartphone Samsung untuk dapat memperkaya keahliannya dalam membuat konten video dengan kualitas seperti film.

Didukung oleh berbagai pihak untuk dalam mengadakan workshop secara offline dan online, Galaxy Movie Studio mendapatkan sambutan positif dari para konsumen dan juga para sutradara Indonesia yang terlibat.

Di tahun keduanya, Galaxy Movie Studio 2020 memberikan kesempatan langsung kepada para sineas muda yang memproduksi movie-like konten melalui kompetisi. Kompetisi tersebut menghasilkan pemenang yang pada tahun ketiga Galaxy Movie Studio 2021, mereka membuktikan bakat sesungguhnya ke tingkatan yang lebih profesional lagi.

Galaxy Movie Studio

Galaxy Movie Studio di tahun ketiga kembali menghadirkan teknologi terbarunya, kini dari Galaxy S21 Ultra 5G yang cocok untuk para social expressor, content creator, dan juga para sineas muda yang ingin mengekspresikan diri melalui video.

Galaxy S21 Ultra 5G terbaru memiliki teknologi unggulan dengan kamera 108 Megapixel yang mampu menghasilkan kualitas video hingga resolusi 8K, memberikan pengalaman membuat dan menonton video super epic. Dan kualitas video terbaik yang dihasilkan melalui Galaxy S21 Ultra 5G dapat langsung dinikmati di Samsung QLED Smart 8K TV.

Baca juga, Tips Jepret Foto Epik Pakai Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here