Qualcomm Mau Bikin Nintendo Swiitch ala Android

0
213

Konsol game mobile Nintendo Switch dianggap sebagai perangkat yang menjanjikan, apalagi di tengah pandemi ketika game dicari sebagai hiburan warga dunia di rumah saja. Qualcomm dikabarkan telah menangkap peluang ini dan akan mengembangkan konsol game yang mirip dengan Nintendo Switch, namun berbasis Android.

Rencana ini diungkap dalam laporan Android Police. Dilansir melalui ArsTechnica, dalam laporan tersebut dijelaskan jika perangkat ini adalah tiruan dari Nintendo Switch. Bentuknya akan mirip dengan tablet namun memiliki fitur yang fokus untuk bermain game, termasuk sistem pendingin yang mumpuni dan kontroller samping yang bisa dilepas.

Jika Switch dibekali dapur pacu SoC dari Nvidia Tegra, Qualcomm akan mempersenjatai game konsolnya itu dengan chip Snapdragon, termasuk juga dengan adanya toko aplikasi (PlayStore). Konsol ini secara tidak langsung akan memamerkan chip Snapdragon yang tidak biasa.

Desainnya kabarnya lebih tebal ketimbang smartphone dan akan dibekali juga dengan baterai berkapasitas 6000 mAh.

Sedangkan untuk kontroller bergaya Joy-Con, Qualcomm telah memiliki suplier kelas premium. Perangkat itu juga akan kompatible dengan layar televisi sehingga bisa dimainkan di layar yang lebih besar. Slot SD juga tak lupa akan disematkan di situ, yang memungkinkan pengguna menyimpan game.

Selain itu, perangkat konsol tersebut juga akan berjalan di OS Android 12, memiliki rangkaian aplikasi Google, dan launcher khusus, ditambah konektivitas 5G terbaru dari Qualcomm. Namun belum bisa dipastikan apakah 5G tersebut akan membuat konsol ini juga memiliki kemampuan menelepon atau tidak.

Diketahui, Qualcomm saat ini dikenal sebagai pemasok chip, dan meskipun secara teratur membuat desain referensi telepon (dan terkadang bahkan headset XR), mereka bukanlah produsen untuk produk konsumer.

Laporan Android Police juga mengungkap jika Qualcomm akan membanderol perangkat dengan harga USD300. Perangkat ini diperkirakan akan meluncur pada kuartal pertama di 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here