Hadirkan infrakstruktur global di Indonesia, AWS buka lokasi baru di Jakarta

0
AWS

Amazon Web Services (AWS) mengumumkan peluncuran lokasi edge AWS pertama di Indonesia. Dari keterangan resmi AWS yang ditulis bahwa lokasi baru edge AWS ini terletak di Jakarta yang menjadi Point of Presence kesepuluh AWS untuk kawasan Asia Tenggara.

Di lokasi terbaru ini AWS menghadirkan peningkatan performa hingga 30 persen di sisi latency untuk setiap data yang dihantarkan melalui lokasi edge ini.

Konsumen akan mendapatkan konektivitas yang aman, andal, dan berperforma tinggi sebagai bagian dari jaringan AWS global, serta mendukung layanan-layanan edge AWS, di antaranya seperti Amazon CloudFront maupun AWS Global Accelerator.

Lokasi edge AWS terbaru ini menawarkan seluruh kelebihan yang terdapat pada Amazon CloudFront, yakni sebuah Content Delivery Network (CDN) ultra aman yang mendukung  akselerasi penghantaran data, video, aplikasi, serta Application Programming Interfaces (APIs) kepada semua pengguna di seluruh dunia.

Dengan melakukan caching untuk konten yang terdapat pada lokasi edge di Jakarta, konsumen bisa menikmati beragam keunggulan dari sisi performa, keamanan jaringan, hingga proteksi di level aplikasi yang makin meningkat.

Selain itu, Amazon CloudFront juga menerapkan perlindungan pada data sensitif yang terdapat di edge melalui penerapan protokol, enkripsi, hingga sertifikasi kelaikan (compliance certifications) yang akan memperkuat bangunan keamanan, melalui pengintegrasian AWS Shield untuk melindungi dari serangan-serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dengan AWS Web Application Firewall (WAF) untuk penerapan keamanan pada jaringan.

Amazon CloudFront sendiri telah terintegrasi dengan layanan-layanan AWS, seperti Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Elastic Load Balancing, serta Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) yang bertindak sebagai origin bagi aplikasi-aplikasi.

Selanjutnya, AWS juga menghadirkan Lambda@Edge yang memungkinkan kode-kode nirserver atau serverless code dijalankan dari lokasi yang lekat dengan pengguna untuk mendukung proses kustomisasi.

Lokasi edge di Jakarta ini akan mendukung AWS Global Accelerator (AGA), yakni sebuah layanan yang meningkatkan kesediaan (availability) dan performa lalu lintas di sisi konsumen melalui pemanfaatan infrastruktur jaringan AWS global.

Ketika terjadi gangguan internet, fitur optimisasi routing yang terdapat pada AGA secara otomatis akan membantu menjaga tingkat packet loss, jitter, dan latency tetap serendah mungkin.

Penyempurnaan pada sisi keamanan dan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna (user experience) berkat hadirnya infrastruktur AWS di tingkat lokal ini diharapkan akan mampu mendukung berbagai sektor bisnis maupun pemerintahan di Indonesia.

Seperti di bidang pendidikan, media dan hiburan, gaming, layanan kesehatan, mobile banking, hingga e commerce agar dapat berinovasi secara lebih cepat sebagai bentuk komitmen mereka terhadap para pelanggan.

“Kami sampaikan komitmen untuk terus meningkatkan kehadiran AWS di Indonesia sebagai jawaban atas masukan-masukan yang kami terima dari para pelanggan, dalam menghadirkan layanan-layanan baru, serta beragam teknologi cloud canggih bagi seluruh pelanggan di Indonesia maupun secara global,” tutur Gunawan Susanto, Country Leader, PT Amazon Web Services, Indonesia.

Fyi, Indonesia kini telah terhubung dengan jaringan infrastruktur AWS global yang mencakup hingga lebih dari 225 Points of Presence yang dibangun di 90 kota di 47 negara di dunia.

Jaringan infrastruktur AWS global ini dirancang dan dibangun guna menghadirkan lingkungan komputasi cloud yang aman, handal, dan scalable yang memiliki performa jaringan berkualitas tinggi.

AWS mulai beroperasi di Indonesia sejak 2018 dengan kantor afiliasi yang bertempat di Jakarta. AWS menyediakan layanan konsultasi IT dan berkomitmen untuk mendukung pelanggan-pelanggannya yang meliputi sejumlah organisasi dan perusahaan terkemuka.

Seperti Amartha, Adskom, Bhinekka, Bizzy, Bridestory.com, Elevenia, FinAccel, Happyfresh, Haldin, Halodoc, Jawa Pos, Kumparan, Kompas, Lion Air, OnlinePajak, Optik Seis, Talenta, Ticket.com, Tokopedia, Traveloka, Warung Pintar, dan lain sebagainya dalam turut mempercepat pertumbuhan bisnis perusahaan dan meningkatkan pengalaman bagi setiap pelanggan mereka.

Baca juga, Kembangkan ekosistem pertanian era digital, Sayurbox gunakan teknologi AWS

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan