Cara Pakai Director’s View dan Night Mode di Samsung Galaxy S21 Ultra

0
644
directors view

Samsung sepertinya tidak ingin mengecewakan para pengguna setia smartphone-nya, yang banyak mengandalkan fitur-fitur kamera di dalamnya. Perusahaan asal Korea Selatan itu telah merancang sistem kamera dan teknologi pemrosesan gambar yang lebih pintar. Salah satunya mampu menghasilkan kualitas video menjadi lebih baik dan mudah dilakukan dengan cepat, melalui fitur Director’s View dan Night Mode.

Director’s View adalah fitur yang memungkinkan pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G untuk menentukan lensa mana yang digunakan untuk merekam video. Sekaligus memberikan tampilan dari tiap sudut pengambilan gambar yang tersedia. Dengan begitu, pengguna bisa dengan bebas dan mudah memilih apakah akan menggunakan lensa tele, wide, atau ultra wide dalam mengambil gambar. 

Diketahui, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki empat kamera di bagian belakang. Kamera utamanya dibekali 108 megapiksel bisa berfungsi sebagai lensa wide, sedangkan dua lensa memiliki resolusi kembar, 10 megapiksel untuk telephoto dengan 3 kali optical zoom dan 10MP periscope telephoto dengan 10 kali optical zoom. Lensa ultra-wide memiliki resolusi 12MP yang dibekali juga dengan fitur super steady untuk merekam video. Sedangkan pada kamera bagian depan, terdapat 1 kamera beresolusi 40 MP.

Directror's View

Pada Kamera utama Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung membenamkan Isocell Bright HM3 yang menjanjikan fungsi autofocus lebih akurat. Kemampuan ini, tak lepas dari adanya fitur Super PD Autofocus. Kerja fitur tersebut yakni meningkatkan kejernihan objek bergerak cepat dan berada di bawah kondisi minim cahaya. Hasil tangkapan kamera beresolusi tinggi ini akan menyajikan hasil lebih jernih dan hidup.

Selain itu, tersedia juga Vlogger Mode yang memungkinkan kamu merekam menggunakan kamera belakang dan depan secara simultan, sehingga tidak ada momen yang terlewatkan, termasuk reaksi dari pelanggan dalam merekam video.

Samsung pun telah merancang agar fitur Director’s View dapat dioperasikan dengan mudah melalui kehadiran Live Thumbnails yang menampilkan footage dari setiap lensa. Sehingga kamu bisa dengan leluasa untuk meninjau mana tampilan lensa yang terbaik, lalu memilihnya dengan satu sentuhan.

director's view
Director’s View di Samsung Galaxy S21 series 5G

Lalu bagaimana mempermudah pengambilan video dengan menggunakan Director’s View? Caranya hanya beberapa langkah saja.

  1. Buka aplikasi kamera
  2. Di atas tombol Shutter, tekan More/Selengkapnya
  3. Tinggal pilih Director’s View

Saat dalam mode Director’s View, kita bisa mengetuk ikon kecil di sudut kiri atas layar untuk menyesuaikan bagaimana kamera ditampilkan. Ada empat mode tampilan dalam Director’s View.

  1. Split View membagi dua tampilan kamera dan memberikan ruang yang sama ke kamera depan dan salah satu kamera belakang.
  2. Single View menunjukkan tampilan satu kamera dalam satu waktu
  3. Picture-in-picture (PiP) view menempatkan tampilan dari kamera depan di jendela mengambang kecil di atas umpan dari salah satu kamera belakang.
  4. Anda dapat mengubah kamera belakang mana yang merekam kapan saja menggunakan kotak Tampilan Direktur yang muncul tepat di atas tombol rekam.

Seperti mode pemotretan lainnya, kita bisa mengetuk tombol pengalih kamera di sebelah kanan tombol Shutter untuk menjadikan kamera depan sebagai tampilan utama.

Saat memotret dalam tampilan PiP, ini mendelegasikan tampilan dari kamera belakang ke jendela mengambang.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Director’s View adalah cara terbaik untuk beralih antar lensa saat membuat film, memungkinkan kita menceritakan kisah secara lebih dinamis dan mulus. Ini adalah alat yang ampuh walau tidak bisa mengikuti format video Galaxy S21 Ultra yang 8K, tapi View bisa menghasilkan video 1080p. 

Fitur Night Mode di smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga cukup membantu untuk mempermudah proses pengambilan video. Samsung Galaxy S21 Ultra juga memiliki sensor kamera yang mampu merekam gambar di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya. Ini bisa terjadi lewat fitur Night Mode yang menggunakan sensor The Bright Night. Selain kualitas lensa, chip 5nm Exynos 2100 untuk membantu pemrosesan gambar, juga terasa sekali peran Artificial Intelligence.

Sensor The Bright Night yang terdapat dalam fitur Night Mode bisa membantu menghasilkan gambar jernih walau di kondisi gelap sekalipun. Sehingga kita dapat melakukan syuting tanpa takut kekurangan cahaya berkat fitur Night Mode. Inilah mengapa Samsung 

Cara menggunakan Night Mode sangat mudah. Tinggal buka aplikasi Kamera, lalu geser ke kanan dan sentuh More. Lalu, sentuh opsi Night. Kamera akan melebur 30 gambar ke dalam satu foto, plus menghilangkan noise sehingga foto tampak terang dan tajam. Night Mode sangat berguna di kondisi yang benar-benar gelap. 

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi dan angle pengambilan gambar, juga letak sumber cahaya (jika ada). Misalnya lampu atau cahaya bulan. Jangan lupa, gunakan tripod, smartphone grip/handle, atau sandarkan ponsel pada dinding agar ponsel benar-benar tidak bergerak saat menekan tombol shutter. 

Pengguna, akan bisa melihat kemampuan Samsung Galaxy S21 Ultra dalam merekam film pendek “The Epic Movie” yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Selain Angga, “Epic Movie” juga ikut digarap oleh Kenza Luthfiani, sineas muda yang berkesempatan mendampingi Angga lantaran berhasil keluar sebagai pemenang Galaxy Movie Studio 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here