Review: Desain, Fitur, dan Performa Samsung Galaxy A52

0
1426
Samsung Galaxy A52

Belum lama ini, Samsung meluncurkan jajaran series A terbaru, salah satunya yaitu Galaxy A52 yang hadir dengan sejumlah peningkatan signifian, termasuk dalam hal fitur.

Melalui sederet fitur Awesome seperti IP67, Awesome Quad Camera 64MP, Awesome Screen dengan 90Hz refresh rate, dan Awesome performance dengan prosesor Snapdragon 720G, Samsung Galaxy A52 merupakan smartphone terbaik dikelasnya untuk para pengguna dalam menjalani beragam aktivitas dan mengekspresikan kreativitasnya tanpa batas.

Nah, kali ini GadgetDiva berkesempatan menjajal seri Samsung Galaxy A52 dengan warna Awesome Black. Berikut dibawah ini desain, fitur, dan performa Galaxy A52. Simak, ya!

Desain

Dari segi desainnya, Samsung Galaxy A52 terlihat hampir serupa dengan seri Galaxy S21 Ultra. Desain belakang perangkat ini berbahan plastik polos dengan warna hitam matte serta sisi bodi berwana hitam mengkilat.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Samsung Galaxy A52

Tentunya dengan desain belakang yang matte pada Galaxy A52 ini membuat perangkat tidak terlihat cepat kotor atau membekas sidik jari. Dengan sedikit melengkung pada sisi perangkat, perangkat ini juga pastinya sangat nyaman digenggam.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Samsung Galaxy A52

Pada bagian belakang, Galaxy A52 ini memiliki ruang kamera yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlihat kecil. Kemudian seri ini juga dilengkapi 4 kamera dan 1 LED flash.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Layar Samsung Galaxy A52

Dari sisi layar, Samsung membekali Galaxy A52 dengan layar AMOLED refresh rate 90Hz, serta dengan layar berukuran 6,5 inci. Bakal menjanjikan suguhan tampilan dan responsifitas layar lebih cepat.

Fitur

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy A52 adalah perlindungan dari air dan debu dengan grade IP67. Perlindungan ini memungkinkan Galaxy A52 tahan terhadap air dan mampu dibawa menyelam pada kedalaman 1 meter, selama 30 menit.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Fitur IP67 Samsung Galaxy A52

Pertama pada perangkat smartphone di kelasnya, kehadiran fitur IP67 menjadi sebuah jendela baru bagi pengguna untuk melewati batas-batas yang ada saat mereka beraktivitas sehari-hari seperti, saat menikmati konten yang Awesome di kamar mandi atau di dapur,  saat harus menerjang hujan ketika di jalan, hingga beragam aktivitas yang beresiko terkena air dan debu.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Fitur IP67 Samsung Galaxy A52
Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Fitur IP67 Samsung Galaxy A52
Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Fitur IP67 Samsung Galaxy A52

Terbukti saat GadgetDiva menggunakan perangkat ini walaupun tergenang air, Galaxy A52 tetap lancar ketika digunakan.

Selain itu, Samsung Galaxy A52 memiliki fitur sensor pemindai sidik jari di bawah layar. Dengan hadirnya fitur sensor pemindai sidik jari ini akan terasa lebih cepat dan akurat jika dibandingkan sensor pemindai sidik jari pada generasi A sebelumnya.

Tak ketinggalan, Samsung juga menghadirkan fitur pendukung gamer pada Galaxy A52 ini, memungkinkan gamer memainkan game tanpa gangguan notifikasi yang muncul selama game berlangsung.

Samsung Galaxy A52 menggunakan antarmuka pengguna One UI 3.1 versi terbaru dengan menghadirkan tampilan antarmuka penggunanya yang kaya fitur serta sejumlah peningkatan, salah satunya adalah integrasi lebih baik dengan layanan Google.

Serupa dengan antarmuka Samsung generasi sebelumnya, One UI 3.1 juga hadir dengan banyak bloatware atau aplikasi bawaan, termasuk game Candy Crush, selain aplikasi karya Samsung seperti SmartThings, Galaxy Wearables, Samsung Pay, dan lainnya.

Kamera

Samsung Galaxy A52 ini memiliki empat kamera di bagian belakang, termasuk kamera utama 64MP, kamera ultrawide angle 12MP, kamera makro 5MP, dan sensor kedalaman 5MP.

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Kamera Samsung Galaxy A52

Sedangkan pada kamera depan, Samsung membekali Galaxy A52 ini dengan kamera beresolusi 32MP. Gak ketinggalan, Samsung Galaxy A52 juga berbekal teknologi Optical Image Stabilization (OIS), membantu perekaman video tanpa guncangan, lho!

Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Kamera Samsung Galaxy A52 (dark spot)
Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Kamera Samsung Galaxy A52 (Night Mode)
Pict by Jihan Nasir//GadgetDiva// Kamera Samsung Galaxy A52 (Micro)

Performa

Samsung menjanjikan performa baik pada perangkat ini, termasuk dalam hal gaming. Pasalnya perangkat ini didukung chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang bisa dijajal saat memainkan game PUBG Mobile maupun Asphalt 9 yang berjalan tanpa gangguan lag.

Pengalaman gaming menyenangkan tanpa lag ini juga berkat dukungan layar dengan refresh rate 90Hz, dan semakin menyenangkan berkat ukuran layar yang tergolong luas yaitu 6,5 inci dengan tampilan dan ruang untuk pengendalian game menjadi lebih luas.

Selain itu, Samsung Galaxy A52 juga hadir dengan aplikasi bawaan Game Launcher, dan pada versi terbaru, seluruh game yang terinstal di smartphone akan tersimpan di dalam aplikasi tersebut, sehingga paradiva tidak akan menemukannya pada laci aplikasi seperti biasanya, lho!

Soal baterai, Samsung Galaxy A52 ini dilengkapi baterai berkapasitas 4500mAh dan mendukung teknologi pengisian daya cepat 25W.

Walaupun pada kemasan penjualan tertulis Samsung membekali Galaxy A52 dengan charger berdaya 15W. Artinya paradiva perlu menambahkan adapter charger 25W secara terpisah untuk dapat menikmati proses pengisian daya dengan durasi lebih cepat.

Setelah mencoba untuk mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh, GadgetDiva hanya perlu menunggu selama sekitar 1,5 jam dengan menggunakan charger berdaya 15W.

Smartphone Galaxy A52 ini hadir dengan empat varian warna, yaitu Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White yang dibanderol harga Rp 4.999 juta.

Baca juga, Samsung Galaxy A52|A72 Smartphone Paling Terjangkau Dengan Rating IP67 Dikelasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here