Resmi Meluncur di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harga dari OPPO A74 5G

0
755

OPPO A74 5G resmi meluncur pada hari Rabu (24/4) lalu. Perangkat ini diluncurkan dalam OPPO 5G Academy volume 3. OPPO A74 5G dibanderol seharga Rp. 3.699.000 dan telah dijual secara daring melalui Shopee mulai 23 April 2021.

Kehadiran OPPO A74 merupakan bentuk dukungan OPPO terhadap ekosistem 5G Indonesia .“OPPO A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G, selain itu perangkat ini menjadi yang pertama mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G di Indonesia. Melalui peluncuran perangkat smartphone ini di acara OPPO 5G Academy menegaskan komitmen OPPO untuk mendukung ekosistem 5G Indonesia sekaligus mempertegas OPPO sebagai pionir teknologi 5G di tanah air,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia yang dikutip dari Siaran Pers OPPO.

OPPO A74 5G merupakan perangkat pertama di Indonesia yang mengusung Qualcomm Snapdragon 480 5G dan menghadirkan peningkatan 100% dibanding prosesor generasi sebelumnya. Sementara, pada sektor grafis, perangkat ini dilengkapi dengan GPU 650 MHz Adreno 619. Keberadaan prosesor ini membuat perangkat dapat mengunduh film atau file penting hanya dalam waktu hitungan detik.

Ditambah dengan dukungan mode ganda 5G, OPPO A74 5G mendukung jaringan standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA) yang memudahkan pengguna untuk tetap dapat menggunakan ponsel setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

OPPO A74 5G dilengkapi dengan baterai sebesar 5000mAh yang memliki masa pakai satu setengah hari. Perangkat ini juga menyertakan fitur Battery Guard yang menyesuaikan pengisian daya berdasarkan kebiasaan tidur pengguna dan memastikan ponsel tidak menjadi panas saat mengisi daya sehingga lebih aman.

Lebih lanjut, OPPO A74 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya Fast Charging 18W yang dapat mengisi daya ponsel 68% hanya dalam waktu 60 menit. Ada juga, fitur All-around Smart Power Saving yang dapat membantu perangkat dalam menghemat daya.

Pengguna juga dapat menerapkan serangkaian strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU dan menerapkan serangkaian opsi manajemen daya melalui fiturnya yang dinamakan Super Power Saving Mode.

Selanjutnya, ada juga fitur Super Nighttime Standby yang bekerja sangat cepat untuk mengurangi konsumsi daya ponsel. Fitur ini mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga hanya 2% daya ponsel yang dikonsumsi pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam.

Untuk mengurangi panas pada perangkat, OPPO A74 5G dilengkapi dengan Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan pansa menjadi lebih efisien sekaligus memungkinkan perangkat dalam mengontrol suhu secara mandiri.

OPPO A74 5G menawarkan layar LCD 90Hz Hyper Color Screen 6.49 inci dengan desain single punch hole yang memiliki resolusi FHD dan rasio layar 90,5%. Dengan layar Hyper-color, pengguna dapat melihat foto dan video lebih cerah dan jernih, gambar akan ditampilkan dalam saturasi dan akurasi warna yang lebih tajam dibandingkan dengan lini seri A sebelumnya.

OPPO A74 5G juga memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate guna memberikan respons sentuhan yang lebih baik terutama saat digunakan bermain game atau berselancar di laman media sosial.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur All-day AI Eye Comfort dimana dapat mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata. Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone saat berada di bawah sinar matahari terik. Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

Dalam membawa perangkat OPPO A74 5G membawa konsep Warm Tech yang didasakran pada tekstur matte namun dapat merefleksikan warna kilau metalik yang mengkilap, namun dengan gradasi  warna halus dan bebas silatu.

OPPO A74 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Fluid Black dan Space Silver. Fluid Black menggunakan proses dip dye coating untuk memberikan efek gradasi hitam secara halus dan elegan. Sementara, warna Space Silver hadir dalam sentuhan akhir matte dengan gradasi perak yang halus.

Perangkat ini memiliki desain ramping dengan ketebalan bodi 8,42mm dan berat 190 gram. Penutup baterainya memiliki desain 3D curved, yang menimbulkan kesan tipis dan modern.

Penutup ini memiliki ketebalan 0,55mm, sedangkan layarnya dapat membuang panas melalui kehadiran pelat grafit setipis 0,1mm yang juga memperkuat perlindungan komponen strukturalnya.

Untuk merekam momen kebersamaan, OPPO A74 5G didukung dengan 48MP AI Quad Camera yang mencakup kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera hitam-putih (mono) 2MP, dan kamera makro 2MP serta kamera depan 16MP untuk mengambil swafoto.

Kamera utama memiliki resolusi 48MP yang memberikan kemampuan resolusi gambar sangat tinggi dan menggunakan algoritma resolusi super guna menghasilkan 108MP Ultra-Clear Image dengan kejernihan setingkat retina.

Fitur Assistant Privacy yang disediakan oleh ColorOS 11.1 dapat menjaga data pribadi dan privasi agar tetap bersih dan aman. Idle Time Optimizer secara otomatis dapat menganalisis ponsel terhadap spam atau file sampah dan membersihkannya saat malam hari sehingga keesokan paginya perangkat berjalan lancar. 

OPPO A74 5G dijual dengan harga resmi Rp3.699 juta. Ponsel cerdas ini tersedia dalam dua warna Fluid Black dan Space Silver. OPPO A74 5G hanya akan dijual secara daring melalui Shopee.co.id mulai 23 April 2021.

Baca juga, OPPO Luncurkan A74 5G dan Enco Buds di Shopee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here