MediaTek: Begini Cara Maksimalkan Manfaat dari TV Pintar

0
862
MediaTek

Kali ini MediaTek membagikan cara untuk lebih banyak mengeksplor informasi tentang memaksimalkan manfaat dari TV pintar paradiva dirumah.

Selain menjadi pusat hiburan, TV pintar kini menghadirkan interface yang ramah bagi para penggunanya untuk mengontrol semua gadget rumah pintar, seperti lampu pintar, sistem keamanan, asisten suara, dan lainnya perangkat canggih lainnya.

Nah, untuk mengeksplor lebih banyak informasi tentang apa saja yang bisa dimanfaatkan dari teknologi TV pintar terbaru, akan dibahas bersama oleh Mike Chang, MediaTek Corporate Vice President and General Manager of the Smart Home Business Group.

MediaTek adalah pemimpin utama dalam bidang ini sebagai penyedia chipset No.1 untuk TV digital global, dan bekerja sama dengan hampir semua merek TV yang ada. Jumlah ini mencapai lebih dari dua miliar TV yang didukung oleh MediaTek di seluruh dunia!

MediaTek telah menghadirkan pengalaman hiburan yang luar biasa kepada konsumen selama lebih dari 20 tahun.

Pihaknya terus mengembangkan inovasi baru dan menarik untuk TV, termasuk dukungan untuk visual 8K dan 4K Ultra High Definition (UltraHD), kecerdasan buatan (AI) untuk pengenalan objek, dukungan suara, dan peningkatan kualitas gambar otomatis.

Jenis fitur apa yang harus dipertimbangkan untuk sebuah TV pintar?

Untuk bisa melampaui fitur-fitur standar seperti resolusi dan saturasi warna, konsumen sebaiknya memilih TV dengan fitur-fitur canggih berikut.

Kemampuan AI

Beberapa TV dilengkapi dengan AI bawaan yang dapat meningkatkan kualitas gambar dengan facial dan scene recognition, yang kemudian secara otomatis menyesuaikan tingkat ketajaman dan menyempurnakan pengaturan kualitas gambar.

Selain itu, AI-Super Resolution (AI-SR) meningkatkan kejernihan gambar dengan memperbaiki ketidaksesuaian resolusi antara konten siaran dan panel TV, yang meningkatkan performa untuk segmen TV 4K.

Kecanggihan ini bekerja jauh lebih baik ketimbang teknologi upscaling resolusi konvensional yang lebih sulit menyesuaikan resolusi konten dan layar TV yang bisa menyebabkan garis tipis atau jenis distorsi gambar lainnya.

Kecanggihan Konektivitas Wi-Fi

Untuk bisa melakukan streaming konten favorit paradiva dengan lancar, maka penting memiliki koneksi Wi-Fi yang cepat dan andal. TV generasi terbaru terkini sudah mengintegrasikan standar Wi-Fi 6 baru untuk konektivitas yang lebih baik.

Kemampuan Interface Suara

Searching film atau video YouTube favorit paradiva kini lebih mudah dari sebelumnya berkat kemampuan asisten suara yang terpasang di remote TV pintar. Sekarang paradiva hanya cukup memberi tahu TV apa yang ingin Kamu tonton.

Teknologi apa yang dihadirkan MediaTek untuk meningkatkan pengalaman menonton?

MediaTek memiliki rangkaian teknologi TV, termasuk UltraCast, MiraVision Pro dan solusi deinterlace MDDi, juga hadir bersama dengan teknologi AI Picture Quality (AI PQ) dan AI-Super Resolution (AI-SR).

Dengan semua solusi dan ragam teknologi yang berbeda ini, mari kulik lebih jauh fitur-fitur yang digunakan dan bagaimana manfaatnya bagi paradiva untuk memiliki TV yang didukung oleh MediaTek.

UltraCast dari MediaTek memungkinkan paradiva melakukan streaming konten 4K secara nirkabel ke televisi berkemampuan 4K.

Kamu dapat menonton konten 4K sendiri dengan mudah mentransmisikan dari perangkat lain ke TV, tanpa kehilangan kualitas gambar atau data.

Ini mempermudah untuk berbagi konten, baik itu video liburan keluarga atau video viral terbaru yang wajib ditonton. MiraVision Pro dari MediaTek adalah rangkaian penyempurnaan tampilan.

Teknologi ini dengan cerdas menyesuaikan kualitas gambar untuk meningkatkan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kecepatan frame dan banyak lagi.

Untuk memberikan pengalaman streaming yang canggih, MiraVision Pro mengintegrasikan teknologi ClearMotion dari MediaTek yang mengoptimalkan konversi frekuensi gambar. Pada saat yang sama pula, MiraVision Pro juga mengurangi konsumsi daya di layar sekaligus menjaga kualitas gambar sepenuhnya.

Solusi de-interlace MDDi dari MediaTek ini membantu meningkatkan kejernihan gambar untuk pengalaman menonton yang lebih halus, jelas, dan lebih nyata.

MediaTek sudah menjadi yang terdepan dalam teknologi tampilan selama beberapa dekade, dengan menghadirkan teknologi pencitraan mutakhir ke semua jenis perangkat termasuk smartphone, tablet, laptop, smart display, dan, tentu saja, TV.

Teknologi utama lainnya adalah AI, yang dihadirkan MediaTek ke semua dan seluruh perangkat rumah pintar, dari speaker pintar dan microwave pintar hingga TV pintar generasi terbaru.

Teknologi AI Picture Quality (PQ) dari MediaTek memberikan pengalaman menonton TV yang jauh lebih baik.

Dengan peningkatan AI bawaan ini, TV pintar paradiva dapat menganalisis pemandangan dan wajah dalam bingkai berbeda dari apa pun yang sedang ditonton, lalu menyesuaikan pengaturan tampilan secara otomatis untuk mendapatkan gambar terbaik.

Misalnya, TV Kamu dapat mengidentifikasi pemandangan lanskap untuk meningkatkan kecerahan, atau mungkin menyempurnakan tampilan warna kulit seseorang untuk mencegah saturasi berlebih, semuanya dilakukan secara real-time.

Teknologi AI-SR bawaan MediaTek membantu meningkatkan kejernihan gambar secara keseluruhan. Dengan pertimbangkan bahwa pada tahun 2020 sekitar 57% TV yang terjual adalah UltraHD, namun hanya sekitar 17% konten siaran yang merupakan UltraHD.

Selain itu, banyak konsumen di seluruh dunia tidak memiliki sambungan internet 25 Mbps atau lebih tinggi, yang disarankan untuk streaming konten UltraHD.

AI-SR MediaTek secara otomatis menyesuaikan TV berdasarkan resolusi konten siaran dan kecepatan internet setiap pemiliknya, yang menghadirkan gambar yang tajam dan jelas untuk pengalaman hiburan yang lebih menyenangkan.

Semua teknologi yang dibicarakan terintegrasi penuh ke dalam chipset MediaTek S900, TV SoC pintar yang mendukung resolusi 8K dan komputasi edge-AI berkecepatan tinggi, serta chipset MediaTek MT5670, yang mendukung resolusi 4K UltraHD yang kaya akan fitur dan pencitraan kualitas studio yang sebenarnya.

Kedua chipset tersebut mendukung kemampuan suara tingkat lanjut sehingga paradiva memiliki banyak cara untuk berinteraksi dengan perangkat Kamu.

Selain itu, para pengembang dapat menggunakan perangkat pengembangan software (software development kit/SDK) NeuroPilot dari MediaTek, yang sepenuhnya kompatibel dengan Android Neural Networks API, untuk membangun perangkat rumah pintar yang terhubung dan dapat dioperasikan satu sama lain.

Artinya, TV pintar dapat berfungsi sebagai pusat untuk mengontrol semua perangkat pintar Kamu lainnya, sehingga mudah untuk meredupkan lampu atau mematikan termostat langsung dari kenyamanan sofa Kamu, lho!

Bagaimana TV 8K dan Wi-Fi 6 bisa membuat TV menjadi lebih baik?

TV 8K memiliki resolusi luar biasa yang empat kali lebih tinggi dari TV 4K, peningkatan yang signifikan bagi paradiva. Resolusi ultra-high ini menghasilkan gambar layar yang jauh lebih tajam, memberikan tekstur dan kepadatan yang lebih banyak, serta membuat setiap karakter terlihat seolah-olah berjalan keluar dari layar.

Chipset MediaTek memberi daya pada beberapa TV 8K terbaru di pasar, termasuk Skyworth Q91 8KTV yang didukung oleh chipset MediaTek S900 dan Samsung 8K QLED Y20 yang didukung oleh chipset Wi-Fi 6 khusus.

TV pintar dengan Wi-Fi 6 akan memberikan pengalaman streaming dan game yang lebih baik kepada paradiva untuk peningkatan level hiburan yang lebih tinggi.

Wi-Fi 6 menyediakan konektivitas yang lebih cepat dan menawarkan koneksi yang lebih stabil dengan jangkauan yang lebih baik, sekaligus mendukung lebih banyak perangkat pada saat bersamaan.

Karena TV menjadi pusat dari rumah pintar, koneksi cepat dan bebas hambatan dari Wi-Fi 6 sangatlah penting.

Selama beberapa tahun terakhir, sungguh luar biasa melihat bagaimana TV pintar menjadi lebih mudah diakses oleh konsumen di mana saja, dan bagaimana teknologi mutakhir seperti 8K telah pindah dari dunia fantasi ke ruang keluarga para penggunanya.

Pihak MediaTek berharap dapat terus mendorong revolusi TV pintar sehingga paradiva bisa mendapatkan hasil maksimal dari TV Kamu.

Baca juga, Ini beberapa teknologi fitur MediaTek Helio G95 terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here