Thursday, 17 June 2021
More

    Latest Posts


    Apple Siap Hadirkan iOS 15 untuk perangkat iPhone

    Apple telah mengumumkan iOS 15 versi terbaru dari sistem operasi iPhone di WWDC 2021. Perangkat lunak ini akan segera menggantikan iOS 14 pada model iPhone yang kompetibel. Tak hanya itu, Apple juga akan menambahkan fitur baru dan beberapa tampilan secara keseluruhan.

    Dalam iOS terbarunya ini, Apple menghadirkan sejumlah peningkatan untuk fitur-fiturnya. Yakni, fitur sharing, notification, Photo Memories dan lainnya. Bagi kamu para pengguna iPhone, simak terus ya sampai habis!

    Fitur Sharing

    Salah satu fitur yang akan dihadirkannya melalui iOS terbaru ini adalah SharePlay. Yakni, sebuah fitur gabungan antara FaceTime dan Messages.

    SharePlay sendiri merupakan sebuah fitur untuk mendengarkan, menonton dan berbagi bersama teman dan keluarga. Misalnya, selama panggilan FaceTime, kamu cukup menekan play pada aplikasi Apple Music, lalu mendengarkan lagu bersama-sama, semuanya dapat disinkronkan sejak awal.

    Tak seperti paltform sejenisnya, pada SharePlay, siapapun yang menelepon dapat mengontrol tayangan yang sedang diputar.

    SharePlay juga berfungsi dengan video yang dapat diputar melalui Apple TV seara bersamaan sambil tetap disinkronkan untuk penelepon. API SharePlay Apple akan membawa SharePlay ke berbagai aplikasi, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, Twitch dan TikTok.

    Kamu juga dapat melakukan share screen melalui layar iPhone dengan orang-orang yang sedang menelepon, memungkinkan semua orang menjelajahi web atau bahkan memberi saran terkait cara mengubah pengaturan.

    Selanjutnya, ada juga fitur Shared With You yang dapat digunakan untuk menyimpan foto, share artikel, lagu dan foto dengan teman lewat Message. Fitur ini dapat digunakan pada aplikasi Photos, News dan Podcasts ke Safari.

    Foto yang terintegrasi dapat langsung dari pengguna yang telah menambahkan kontakmu dalam kategori teman dan keluarga di iCloud dan iOS 15. Fitur ini akan mengurutkan foto kamu dan menempatkannya di Gallery. Sementara itu, untuk berita yang dikirimkan untukmu akan ditempatkan pada bagian atas list milikmu dan dapat dijadikan reminder.

    Notifications

    Fitur notifications pada iOS 15 memiliki banyak perubahan. Salah satunya pada visual.

    Perubahan visual yang dihadirkan ada pada fitur Notification Summary. Tepatnya pada notifikasi baru yang ditampilkan pada layar homescreen perangkat iPhonemu.

    Nantinya, layar homescreenmu akan menampilkan notifikasi berdasarkan prioritas tampilan yang lebih bersih dan bermanfaat. Guna memastikan pengguna untuk tidak melewatkan sesuatu yang penting.

    Lebih lanjut, fitur ini juga akan memisahkan notifikasi dan dapat mengidentifikasi notifikasi yang dapat ditangani nanti, seperti reminders. Fitur ini menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk menilai aplikasi mana yang sering kamu gunakan dan apa yang penting bagi kamu untuk memprioritaskannya.

    Fitur Focus meningkatkan Notification Summary ini lebih jauh. Kamu memiliki opsi untuk memilih sesuai mindsetmu. Opsi yang akan dihadirkan adalah work, personal, sleep dan Do Not Disturb, sejhingga iOS 15 dapat memprioritaskan notifikasi berdasarkan keadaan terbaru kamu.

    Widget baru untuk homescreen tersebut memungkinkan kamu melihat notifikasi dalam mode Focus. Fitur ini bahkan dapat diatur sesuai lokasi dan statusmu secara otomatis pada semua perangkat Apple yang terhubung. Di seluruh sistem notifikasi iOS 15, kamu dapat mencari ikon yang lebih besar untuk aplikasi dan teks yang lebih jelas untuk mempermeudah melihat apa yang baru dan penting.

    Live Text

    Apple telah memperkenalkan fitur scan text ke kamera iPhone dan kemudian meningkatkannya. Live Text ini dapat membuka informasi berbasis teks dari foto dan juga berfungsi dengan screenshot dan foto online.

    Saat kamu mengambil foto, fitur ini dapat mengenali teks yang dapat dicopy dan dipaste ke email atau teks, atau kamu dapat memilih teks dari foto yang ada untuk dicari secara online. Fitur tersebut juga dapat mengenali nomor telepon yang dapat dipanggil langsung dari foto.

    iOS 15 baru menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk melihat gambar dari dekat. Visual Look Up memungkinkan kamu untuk mencari foto dan informasi seputar art, books, nature dan landmark.

    Fitur ini juga dapat mencari Spotlight yang kini mencari foto berdasarkan teks, nama seseorang atau bahkan elemen dalam foto. Kamu bahkan tak perlu mencari sesorang yang kamu kenal karena Spotlight juga mengenali aktor dan nama terkenal lainnya.

    Photo Memories

    Apple Music telah diintegrasikan ke dalam Memories, dimana iOS 15 akan membuat kolase foto dan video pribadi yang lebih menarik berdasarkan aktivitas kamu. Sekarang, fitur ini dapat membuat slide show foto pendek beserta lagu dari Apple Music yang sesuai dengan selera kamu dan sesuai dengan pengaturan.

    Untuk mempersonalisatinya lebih lanjut, kamu dapat mengeditnya menggunakan Memory Mixes untuk mengubah tempo lagu dan bahkan menampilkan filter yang berbeda. iOS 15 terus menganalisis Memory dan membuat rekomendasi lebih lanjut terkait lagu yang akan digunakan, semua berdasarkan selera pribadi kamu.

    Baca juga, Wanita Bernama Siri ini Meminta Laptop Gratis dari Apple

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR