Sony Bawa Teknologi Cognitive Processor XR Pertama di Dunia Melalui X95J dan X90J 4K LED ke Indonesia

0
190

Kemarin (8/6), Sony Indonesia mengumumkan televisi BRAVIA XR, yakni televisi X95J dan X90J 4K LED. Perangkat ini didukung oleh Cognitive Processor XR yang merupakan otak dari BRAVIA XR terbaru.

TV BRAVIA sendiri menggunakan metode pemrosesan yang benar-benar melampaui AI konvensional, dirancang untuk meniru cara manusia melihat dan mendengar. Saat kita melihat objek secara tidak sadar kita akan fokus pada titik-titik tertentu.

Cognitive Processor XR, didukung oleh kecerdasan kognitif mengetahui di mana titik fokus tersebut dengan membagi layar menjadi beberapa zona dan mendeteksi di mana letak “titik fokus” di dalam gambar.

Di saat AI konvensional hanya dapat mendeteksi dan menganalisis elemen gambar, seperti warna, kontras dan detail secara individual, prosesor terbaru ini dapat menganalisis silang berbagai elemen sekaligus, seperti yang dilakukan otak kita. Dengan begitu, setiap elemen akan mendapat hasil akhir terbaiknya serta tersinkronisasi satu sama lain hingga tampak seperti aslinya, sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh AI konvensional.

Cognitive Processor XR juga menganalisis posisi suara dalam sinyal dan output untuk mencapai kecocokan yang tepat dengan aksi pada layar. Lebih lagi, prosesor ini mengubah suara apapun menjadi surround sound 3D, untuk menghasilkan realisme tertinggi dengan visualisasi suara yang memukau.

Prosesor ini juga mempelajari, menganalisis dan memahami jumlah data yang belum pernah ada sebelumnya dan secara cerdas mengoptimalkan setiap piksel, frame dan pemandangan untuk gambar dan suara yang paling nyata yang pernah dihadirkan oleh Sony.

“Tujuan utama Sony adalah menawarkan pengalaman menonton terbaik dan paling nyata di kelasnya dengan teknologi yang berkembang, serta layar besar premium yang dapat menyampaikan maksud sebenarnya dari para kreator dengan sempurna. TV BRAVIA XR terbaru ini dapat menghadirkan pengalaman layar lebar yang nyata ke tingkat selanjutnya dengan memperkenalkan prosesor kognitif pertama di dunia,” ujar Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia.

Keunggulan Utama Rangkaian BRAVIA XR:

    • Google TV: Rangkaian ini juga memperkenalkan Google TV, antarmuka pengguna terbaru untuk pengalaman hiburan terbaik. Pengguna dapat menemukan tontonan dengan mudah berkat rekomendasi yang dipersonalisasi dan dapat mengelola apapun dengan satu Watchlist. Pengguna bahkan dapat menambahkan ke Watchlist mereka dari ponsel atau laptop.
    • Kompatibilitas HDMI 2.1: Semua TV BRAVIA XR akan memiliki kompatibilitas HDMI 2.1 dan e-ARC, termasuk 4K 120fps, Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM), mendukung resolusi dan frame rate yang lebih tinggi, sehingga ideal untuk gaming generasi selanjutnya.
    • Sound-from-Picture Reality™: Selain kualitas gambar terbaik di kelasnya, Cognitive Processor XR terbaru ini juga menawarkan suara yang luar biasa dengan Sound-from-Picture Reality™, yang menyelaraskan posisi suara dengan gambar pada layar untuk menawarkan pengalaman unik yang seperti aslinya.
  • Fungsi Suara Bebas Genggam: TV voice-activated milik Sony bekerja bersama dengan Google Assistant untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih pintar. Pengguna dapat meminta Google Assistant mereka untuk mencari acara blockbuster atau streaming terbaru. Redamkan lampu dengan menghubungkan perangkat rumah pintar. Pengguna dapat mengelola tugas, melihat kalender atau ajukan pertanyaan dan melihat jawabannya di TV.

  • Kompatibilitas Speaker Pintar: Dengan Google Assistant, pengguna dapat mentransmisikan dan mengontrol video dari YouTube dengan Google Home atau mengubah saluran atau volume dengan perangkat yang mendukung Google Home.
  • Menyampaikan Maksud Kreator: Model-model terbaru akan terus menyampaikan maksud para kreator dengan Netflix Calibrated Mode yang menawarkan konten Netflix berkualitas studio.

Televisi BRAVIA XR terbaru, X95J dan X90J 4K LED memungkinkan pengguna, terutama para gamer untuk merasakan pengalaman gaming generasi berikutnya. Hal ini memungkinkan karena TV BRAVIA XR terbaru ini memiliki berbagai keunggulan utama, di antaranya:

  • Hingga 4K 120fps seperti yang ditentukan dalam HDMI 2.1
    • 4K 120fps, kombinasi resolusi dan frame rate tinggi, memberikan kehalusan dan kejelasan yang sebenarnya untuk konten video dan game dengan aksi kecepatan tinggi.
    • Dengan game generasi berikutnya 4K 120fps, input lag berkurang dan kecepatan respons menjadi lebih cepat dalam memainkan game aksi.
  • Input lag rendah
    • Waktu input lag diukur dengan TV BRAVIA XR melalui input HDMI game 4K 120fps berdasarkan kondisi pengujian internal, dan mungkin berbeda dalam model dan waktu pada saat penggunaan atau kondisi tertentu.
  • Mode BRAVIA GAME
    • Memungkinkan TV yang didukung untuk secara otomatis mengaktifkan mode game latensi rendah saat game dimainkan.
    • BRAVIA & PS4 sudah mendukung fungsi seperti Auto Picture Mode.
  • Kualitas gambar & suara
    • TV terbaru ini memiliki Sound-from-Picture Reality™ yang dapat menghasilkan posisi suara dan gambar yang selaras pada layar untuk pengalaman menonton yang unik seperti aslinya.

Harga dan Ketersediaan

Sony Indonesia akan segera mengumumkan informasi mengenai harga dan ketersediaan dari produk terbaru ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai model televisi terbaru Sony, silakan tonton video pengumuman BRAVIA XR Sony di sini atau kunjungi situs web BRAVIA XR: https://www.sony.co.id/id/electronics/bravia-xr.

Baca juga, Sony Indonesia Luncurkan Lensa FE 35MM F1.4 GM Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here