Review Warna-Warni realme Buds Q2, Fleksibel Tanpa Kabel

0
453
realme buds Q2
Realme Buds Q2

Jika disuruh memilih antara neckband atau earbuds, bagi seorang wanita dengan aktivitas mobile, pasti akan memilih earbuds. Salah satu yang kini menjadi perhatian cewek-cewek adalah realme Buds Q2. Kemasannya cukup unik karena kita tidak bisa menduga warna apa yang ada di dalam kemasan tersebut. 

Kebetulan Gadgetdiva mendapat kesempatan untuk bisa menggunakan Buds Q2 besutan realme yang baru saja diluncurkan. Tahu ga apa yang menarik? Kemasan dan unit produknya memiliki warna yang berbeda dan tak diduga-duga. Seperti sebuah kejutan. Kemasannya berwarna kuning dengan gambar Buds berwarna hitam. Lalu saat dibuka, kabel USB Type-C di dalamnya berwarna kuning, sedangkan cangkang dan unit buds-nya berwarna biru.

Jujur, saya lebih suka warna ini ketimbang yang hitam karena sangat jarang, bahkan hampir tidak ada buds yang memiliki warna yang soft seperti ini. Kebetulan saya Libra, jadi lebih suka warna yang tidak terlalu ngejreng seperti biru muda ini.

Realme Buds Q2
Realme Buds Q2

Desain

realme Buds Q2 menggunakan earpiece memanjang seperti paruh yang ergonomis, sesuai dengan bentuk bagian dalam telinga kebanyakan orang, lekukan bud adalah ukiran 48° di bagian atas dan 72° di bagian bawah. Bentuk ini membuat realme Buds Q2 sangat pas dengan telinga manusia untuk kenyamanan dan mengisolasi kebisingan luar dengan lebih baik untuk pengalaman suara yang lebih mendalam. Beratnya hanya 39g, satu buah earbud ringannya hanya 4,1 gram. Saking ringannya, sangat nyaman dipakai di telinga untuk waktu yang lama.

Desain realme Buds Q2 ini mengambil bentuk batu bulat atau yang biasa disebut Cobble. Bagian atas buds memiliki desain yang cukup unik, berbentuk seperti permata yang langsung bersinar saat dikeluarkan dari cangkang. Ini beneran keren sih menurut saya. Apalagi buat dipadupadankan dengan fashion saat di kantor, atau sekedar hangout dengan teman-teman di kafe. Pakai baju warna apapun cocok, bisa biru gelap, hitam, atau kuning.

realme Buds Q2 juga tersedia dalam warna biru dan hitam, dua warna alami yang melengkapi bentuk bulatan realme Buds Q2 dan mengembalikan keindahan alam dengan sempurna.

Cara Pakai

Bluetooth 5.0 memastikan kecepatan transmisi tinggi, kemampuan antijamming yang kuat serta sinyal yang stabil dan konsumsi daya yang rendah. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, pengguna dapat mendengarkan musik dengan lancar walaupun tidak berada berdekatan dengan smartphone. Yang menarik, realme Buds Q2 mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari.

Realme Buds Q2
Realme Buds Q2

Untuk menggunakan buds dengan benar, pegang kotak earbuds dengan posisi tegak lalu pasang earbuds di kanal telinga. Jangan lupa untuk memutar ke kanan dan kiri hingga terasa nyaman di telinga. realme Buds Q2 ini memiliki kendali sentuh yang cukup pintar. Namanya Intelligent Touch Control. Artinya, hanya dengan kode sentuhan, pengguna bisa mengoperasikannya. Misalnya, sentuh dua kali untuk Play/pause atau  telepon. Selain itu sentuh tiga kali untuk bisa pindah mendengarkan lagu berikutnya. Atau tahan sentuhan selama dua detik pada salah satu earbud untuk mengalihkan ke telepon. Selanjutnya, untuk masuk atau keluar dari mode gaming, pengguna bisa menahan sentuhan pada kedua earbud selama 2 detik.

Pengguna dapat berganti ke Gaming Mode dengan latensi rendah untuk sinkronisasi sempurna antara video dan audio ketika sedang bermain games atau menonton film. dengan latensi yang rendah. Latensi ini telah dikurangi sebanyak 51 persen, hanya membutuhkan sekitar 88ms untuk memindahkan suara dari smartphone ke realme Buds Q2. Biasanya sinyal elektromagnetik yang kuat di lingkungan sekitar akan mengganggu koneksi headset Bluetooth. Oleh karena itu, untuk memastikan efek latensi rendah, disarankan untuk mengganti mode AAC ke mode SBC

Performa

realme Buds Q2 memiliki baterai 40mAh pada earbuds dan baterai 400mAh di charging case. Daya baterai ini dapat digunakan untuk 3-jam telepon dan 5-jam mendengarkan musik tanpa henti, atau sama dengan menonton 2 film atau 4-5 episode serial TV. Dengan kotak pengisian daya, realme Buds Q2 mampu menghasilkan 20-jam total pemakaian, atau waktu yang cukup untuk menonton 8 film, mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim serial Game of Thrones. Jika penggunaan rata-rata per hari adalah 3 jam, pengisian ulang daya pada realme Buds Q2 hanya perlu dilakukan satu minggu sekali.

Realme Buds Q2
Realme Buds Q2

Daya realme Buds Q2 dapat diisi ulang melalui port Micro-USB dan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi penuh earbuds dan kotak pengisian daya, atau 2 jam jika hanya untuk mengisi penuh kotak pengisian dayanya saja. Ketika mengisi daya melalui USB, lampu indikator merah menunjukkan bahwa kotak sedang terisi, dan lampu indikator hijau mengindikasikan kotak sudah terisi penuh

Didukung dengan algoritma Environmental Noise Cancellation (ENC), fitur ini secara signifikan mengurangi kebisingan ketika sedang bertelepon, membuat lawan bicara dapat mendengar dengan lebih jelas dan berbincang dengan nyaman.

Driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, PEEK&TPU, untuk pengalaman mendengarkan audio yang luar biasa. Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat. realme Buds Q2 menggunakan solusi realme Bass Boost+ yang telah diperbarui, yang diciptakan oleh tim ahli akustik di realme setelah melalui berbagai tahap pengujian, mengoptimalkan potensi bass dan menambahkan lapisan dinamis pada bass untuk musik yang lebih mendebarkan. 

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas hingga berkeringat, realme Buds Q2 masih tegak terpatri di dalam rongga telinga. Tak perlu khawatir posisi akan tergeser atau rusak terkena air karena realme Buds Q2 mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari. Selain itu, realme Buds Q2 juga sudah melalui pengujian ketat selama proses produksi untuk memastikan ketahanan perangkat saat penggunaan harian yang kompleks.

Harga 

realme Buds Q2 yang memiliki slogan fleksibel tanpa kabel ini kaya akan fitur seperti ENC, Intelligent Touch Control, 10mm dynamic bass boost driver, 88ms super low latency pada mode gaming dan daya tahan baterai yang lama. Berada di kisaran harga Rp200 ribuan dan pilihan warna biru yang trendi, cewe-cewe Gen-Z wajib memiliki realme Buds Q2. Selain untuk menunjang OOTD, juga mendapatkan kualitas audio yang bagus. Pantau flash sale realme Buds Q2 untuk mendapatkan harga khusus di Shopee petang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here