Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 Bakal Hadir dengan Kemampuan Water Resistance

0
294

Ponsel lipat Samsung pertama hadir di tahun 2019. Ponsel yang dinamakan Galaxy Z Fold tersebut memiliki desain yang unik, terutama pada bagian engselnya yang tahan terhadap debu dan air. Kali ini, generasi baru dari lini seri ini dikabarkan akan hadir dengan kemampuan water resistance.

Dilansir dari Engadget, sejak saat itu, Samasung telah bekerja keras untuk meningkatkan daya tahan ponselnya. Di dalam maupun di luar. Generasi selanjutnya, yakni Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 dirumorkan bakal memiliki kemampuan water resistance atau yang dikenal dengan tahan air. Akan tetapi, ponsel ini tetap memiliki kelemahan umum untu semua ponsel yang dapat dilipat.

Tak seperti smartphone konvensional, ponsel yang dapat dilipat ini meningkatkan titik masuk potensial partikel dan air. Terutama pada bagian engselnya. Sejak OG Galaxy Fold, Samsung telah menghindari memberi peringkat IP formal pada ponsel yang dapat dilihat. Tampaknya, perusahaan tersebut yakin bahwa generasi terbaru ini telah cukup meningkat dalam beberapa hal untuk mengubah status quo.

Menurut Max Weinbach, seorang jurnalis teknologi, kedua ponsel lipat 2021 ini akan diberi peringkat IPX8. Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang membawa peringkat ketahanan air resmi pada perangkatnya.

Angka ini secara teoritis berarti bahwa Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 dapat terendam air selama 30 menit. Serta, pada kedalaman 1.5 meter tanpa menimbulkan kerusakan air yang berarti.

Sayangnya, “X” dalam peringkat tersebut berarti sama sekali tidak ada jaminan ketahanan debu sama sekali. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bagaimana partikel kecil diketahui masuk ke dalam engsel tersebut. Sesuatu yang masih harus disempurnakan oleh semua pembuat ponsel lipat.

Hal tersebut menyatakan bahwa Samsung memang memperkenalkan beberapa ukuran perlindungan dengan mekanisme. Seperti sikat yang unik, akan tetapi tidak cukup untuk lulus tes peringkat IP standar.

Kebocoran ini memang mengilhammi sedikit kepercayaan bahwa ponsel yang dapat dilipat akhirnya sampai di sana dalam mencocokkan fitur normal perangkat sebelumnya. Mungkin masih perlu waktu sebelum massuknya debu benar-benar teratasi, akan tetapi setidaknya untuk saat ini, tampaknya Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Flip 3 bisa menjadi ponsel lipat paling tahan lama hingga saat ini.

Baca juga, Mengintip Hasil Kamera Samsung Galaxy M62

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here