Samsung Galaxy M62, Baterai 7000mAh Sekolah Online Lancar Jaya

0
162
Samsung Galaxy M62
Samsung Galaxy M62

Samsung selalu memanjakan pelajar yang bersekolah online dengan smartphone yang dibekali baterai jumbo. Yang terbaru, mereka mengeluarkan Galaxy M62 yang dibekali dengan baterai berkapasitas 7000 mAh. Siapa juga yang tidak kepincut dengan smartphone bongsor, baik bodi maupun baterainya.

Gadgetdiva berhasi mencoba satu unit Samsung Galaxy M62. Dari sisi kemasan, tidak terlihat jumbo namun saat dibuka, smartphone berbodi bongsor itu langsung memenuhi genggaman tangan, dengan sedikit beban yang cukup berat karena saking bongsornya. Ini mengesankan jika smartphone tersebut memang ‘tahan banting’.

Desain
Bodi besar memang menjadi jaminan jika smartphone itu memang kuat dan tahan lama. Jadi tidak dipungkiri lagi jika Galaxy M62 memang bisa diandalkan untuk menjadi teman para pelajar atau mereka para pekerja yang lebih memilih bekerja di rumah. Bobotnya saja, jika ditimbang, beratnya mencapai 228 gram. Mungkin karena M62 menggendong baterai yang besar pulak.

Lihat di bodi belakangnya, materialnya menggunakan plastik glossy dengan finishing garis vertikal berjajar. Kebetulan Gadgetdiva memiliki jari yang kerap berkeringat sehingga sidik jari kadang menempel di bodi belakang. Sempat kaget juga karena biasanya Samsung suka memberikan jelly case di dalam kemasan. Namun tidak di M62. Tapi itu sebenarnya tidak menjadi masalah karena efek gradasi warna biru dari atas ke bawah membuat smartphone ini tampak mewah saat dalam genggaman sehingga saat lebih baik tanpa casing agar cantiknya terlihat dengan jelas.

Samsung Galaxy M62
Samsung Galaxy M62

Pada bodi sampingnya sebelah kiri disematkan ‘laci’ untuk dual simcard dan memori eksternal. Sedangkan di sisi kanannya terdapat tombol volume dan tombol Power yang juga berfungsi sebagai Fingerprint scan. Disisi bawahnya, disematkan lubang speaker, port USB Type C dan lubang jack audio 3,5 mm.

Samsung Galaxy M62 memiliki layar berukuran 6,7 inci yang terbilang luas untuk menampilkan konten dan untuk bermain game. Apalagi dari review Samsung Galaxy M62 yang kami lakukan, layarnya ini terlihat sanggup menampilkan tampilan yang begitu tajam. Wajar saja, ini karena layar ini sudah didukung resolusi full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan juga teknologi layar Super AMOLED Plus. Dan ini terbukti saat melihat konten foto maupun video, tampilan gambar di layar terlihat tajam dan jernih. Tampilan layar juga tetap dapat dilihat dengan baik ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Layarnya terasa responsif dan Samsung Galaxy M62 ini memiliki fresh rate masih 60Hz. Sebenarnya dengan fresh rate ini, masih sanggup untuk menjalankan game online atau video resolusi tinggi dengan cukup mulus.

Samsung Galaxy M62

Kamera
Smartphone dengan banderol Rp4 jutaan ini tak hanya memiliki desain yang keren dan unik tapi juga empat kamera yang disematkan di bodi belakang. Empat kamera tersebut terdiri dari 64MP f/1.8 jadi yang utama, kemudian ada kamera 12MP f/2.2 ultra wide-angle, ditambah kamera Depth 5MP f/2.4 untuk efek bokeh serta kamera kamera Macro 5MP f/2.4. Sedangkan untuk kamera depannya berupa lensa 32MP f/2.2.

Untuk kamera dengan resolusi 64MP sebagai sensor utama cukup bisa diandalkan saat memotret dalam keadaan apapun, terutama saat minim cahaya atau di malam hari. Dari semua hasil foto yang terekam oleh Samsung Galaxy M62, reproduksi warna tergolong baik, HDR mampu seimbangkan exposure dan shadow, shutter pun relatif cepat, kecuali mode malam yang tergolong lama saat proses ambil foto. Mode kameranya pun sangat banyak, mulai dari Single Take sampai Pro Video.

Nah, selengkapnya untuk hasil kamera bisa dibaca di artikel berikut Mengintip Hasil Kamera Samsung Galaxy M62

Performa
Samsung Galaxy M62 dibekali dengan sistem operasi Android 11 yang sudah dikostumisasi sedemikian rupa agar pengguna lebih nyaman mengoperasikannya. OS Samsung tersebut adalah One UI 3.1. Pantas saja harganya lebih tinggi dari seri M lainnya karena salah satunya adalah fitur yang lengkap dan setara flagship.

Mulai dari Edge Panel, Game Launcher, Dual Messenger, Secure Folder sampai opsi untuk rekam tampilan layar dengan porsi yang menampilkan wajah lewat kamera depan. Iklan pada aplikasi cuaca dan manajer file juga tidak saya temukan. Ada juga fitur yang lebih advanced seperti Link to Windows menjadikan smartphone Samsung lebih spesial dari yang lain. Mungkinkan smartphone dioperasikan secara langsung dari laptop Windows.

Samsung Galaxy M62
Samsung Galaxy M62

Meski sudah ada dukungan efek Dolby Atmos plus jack audio 3,5mm yang masih tersedia, speaker mono-nya masih tergolong standard, baik secara volume dan kualitas.

Flagship lain yang ada di Galaxy M62 adalah prosesor yang digunakan, mirip dengan Note 10 Series, yakni Exynos 9825 7nm dengan arsitektur CPU octa-core 2-2-4. Meski prosesor tersebut sudah berusia dua tahunan tapi performanya masih bisa diandalkan. Buktinya, Samsung Galaxy Note 10 Series yang dipakai Gadgetdiva masih bisa diandalkan sampai saat ini. Apalagi dipadukan dengan RAM 8GB plus penyimpanan internal sangat luas di 256GB. Selama satu minggu penggunaan, jarang bahkan hampir tak pernah lag atau stuttering.

Baterai
Ini merupakan keunggulan lainnya dari Samsung Galaxy M62. Saat melakukan zoom ketika sekolah online, pertemuan virtual dengan aplikasi tersebut selama satu jam hanya menghabiskan baterai sekitar 2 sampai 3 persen. Pemakaian normal untuk mengakses Google Classroom, mengerjakan soal di Quiziz, sampai berkoordinasi dengan teman-teman sekolah menggunakan chat dan video call WhatsApp mulai dari jam 7 pagi hingga 11 siang, hanya menghabiskan daya baterai 10 persen saja. Termasuk mengakses YouTube dan berselancar di Google Search dan Chrome.

Samsung Galaxy M62
Samsung Galaxy M62

Saat menonton film Netflix atau serial TV, Galaxy M62 bisa bertahan selama 33 jam. Daya selama itu bisa menghabiskan 1 seasons drama Korea Bring It On Ghost yang dipecah menjadi 16 episode, ditambah 14 episode It’s Ok to Not Be Okay, tanggung sih tinggal 2 episode lagi biar tuntas. Sedangkan jika digunakan untuk bermain game baterai di Galaxy M62 ini bisa bertahan hingga 19 jam.

Pengisian dayanya masih menggunakan protokol Super Fast Charging 25 watt. Tak perlu khawatir, meski baterainya sangat besar, mengisi hingga penuh butuh waktu dua jam, mulai dari 0 persen sampai 100 persen.

Dengan desain bodi bongsor, daya tahan lama, Galaxy M62 bisa jadi daily driver para pelajar angkatan pandemi Covid-19. Tidak akan mengecewakan karena semua tugas sekolah akan tuntas cepat dan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here