Galaxy Watch Samsung Akan Hadir Dengan Tampilan Google

0
166
aplikasi cuci tangan

Smart watch Samsung berikutnya akan segera diumumkan pada acara Unpacked. Smart watch tersebut akan hadir dengan OS dan antarmuka baru yang dirancang bersama Google. Rancangan itu disebut One UI Watch.

Dilansir dari CNET, berita tersebut disampaikan oleh Samsung hari ini (9/8). Dalam acara virtual Samsung sebagai bagian dari Mobile Congress tahun ini.

Namun, semua yang ditunjukkan Samsung untuk saat ini adalah antarmuka perangkat lunak. Sementara, desain jam tangan masih belum diketahui, meskipun kemungkinan kebocoran desain baru-baru ini menunjukkan bahwa kemungkinan akan terlihat mirip dengan desain Samsung Galaxy Watch Active 2 yang lebih minimal.

Google dan Samsung sendiri telah mengumumkan kolaborasi untuk mendesain ulang jam tangan Google Wear masa depan awal tahun ini dan jam tangan Samsung Galaxy akan menjadi perangkat pertama yang mendapatkan perangkat lunak tersebut. Jam tangan lain yang menjalankan perangkat lunak One UI Watch baru, termasuk Fossil, diharapkan dapat meluncur akhir tahun ini.

Antarmuka One UI menjanjikan untuk lebih terhubung secara instan ke ponsel yang dipasangkan dan terhubung ke lebih banyak pengaturan inti ponsel, seperti Apple Watch. Aplikasi ini kompetibel harus dimuat dalam ponsel.

Tampilan utama yang terlihat pada One UI sangat mirip dengan Google. Fitur yang ditampilkan juga cukup mudah, yakni kemampuan geser aplikasi ke atas, sinkronisasi jam dunia antara ponsel dan jam tangan dan pengaturan universal seperti Do Not Disturb akan hadir pada jam tangan dan ponsel secara bersamaan.

Perangkat lunak One UI Watchh memuat aplikasi melalui Google Play, dengan banyak aplikasi Wear OS yang tersedia untuk dimuat. Pengumuman Samsung mengonfirmasi Adidas Running, Golfbuddy Smart Caddie, Strava, Swim.com, Calm, Sleep Cycle, Spotify, Youtube Music dan Google Maps sebagai beberapa aplikasi yang diidukung.

Samsung juga mengonfirmasi bahwa platform baru akan mendukung eSiM dengan konektivitas LTE, seperti Galaxy Watch 3, sehingga jam tangan baru ini dapat digunakan tanpa ponsel kamu.

“Kami sangat senang mennghadirkan masa pakai baterai yang lebih lama, kinerja yang lebih cepat dan berbagai aplikasi, termasuk banyak dari Google hingga pengalaman baru yang dapat dipakai,” kata Sameer Samat dari Google tentang jam tangan baru dalam siaran pers Samsung.

Beberapa aplikasi Samsung dari Galaxy Watch sebelumnya akan tersedia melalui aplikasi Google Play untuk One UI Watch, akan tetapi belum jeas yang mana. Samsung juga memamerkan perangkat lunak perancang tampilan jam untuk pengembang atau penggemar tampilan jam. Tetapi, sulit untuk menilai seberapa mampu perancangnya dari pandangan sekilas dalam video demo Samsung.

Samsung juga mengungkap bahhwa pemilik jam tangan berbasis Tizen sepertii Galaxy Watch 3 dan Active 2 saat ini tidak akan ketinggalan, menjamin pembaruan perangkat lunak dan dukungan untuk platform tersebut hhingga tiga tahun setelah tanggal rilis awal.

Baca juga, Samsung Galaxy Watch 4 dengan WearOS 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here