Pantau Kesehatan dengan Samsung Galaxy Watch4

0
158
Galaxy Z Flip 3
Foto: Samsung

Untuk melengkapi aktivitas olahraga dan memantau kesehatan, Samsung meluncurkan Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic. Kedua perangkat ini merupakan rangkaian dari peluncuran perangkat Samsung lainnya yang diadakan pada acara Galaxy Unpacked.

Galaxy Watch4 dan Galalxy Watch4 Classic merupakan smartwatch pertama Samsung yang menggunakan sistem operasi WearOS Powered by Samsung. Merupakan sistem operasi yang dikembangkan bersama Google.

Smartwatch generasi keempatnya ini juga dilengkapi dengan One UI Watch dan menghadirkan antarmuka intuitif bagi penggunanya. Serta, memungkinkan aplikasi yang kompetibel secara otomatis terpasang pada jam tangan dan pnegaturan penting lainnya. Seperti, waktu pengguna menyetel do not disturb mode dan daftar nomor telepon yang diblokir.

Galaxy Watch4 memiliki daya tahan baterai 40 jam. Dengan pengisian daya selama 30 menit dapat menyediakan daya baterai hingga 10 jam.

Galaxy Watch4 hadir dengan prosesor 5nm dengan CPU 20% lebih cepat, RAM 50% lebih besar dan GPU 10 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Ini artinya, aktivitas scrolling dan multitasking pada Galaxy Watch4 dapat dilakukan dengan lebih lancar dan mudah. Serta, dilengkapi dengan dukungan aplikasi antarmuka seperti adidas running, calm, strava dan spotfy yg tersedia di Google Play. 

Teknologi eSIM juga dihadirkan dalam perangkat ini. Yakni, teknologi yang memungkinkan pengguna menikmati kebebasan dalam meninggalkan ponsel mereka, mengetahui perangkat tersebut akan secara otoamtis melakukan sinkronisasi dan mengisi celah tersebut.

“Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa untuk seri Galaxy Watch bersamaan dengan konsumen yang telah menemukan manfaat kesehatan dan kenyamanan dari perangkat wearables,” ujar Dr, TM Roh, selaku President dan Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics. “Kami memahami bahwa setiap orang memiliki pola dan cara yang berbeda untuk mencapai dan mempertahankan kebugaran, sehingga kami mengembangkan rangkaian fitur kesehatan dan kebugaran yang mumpuni untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermanfaat tentang kebugaran secara menyeluruh bagi pengguna.”

Lebih lanjut, kedua perangkat Galaxy Watch4 dilengkapi dengan BioActive. Dimana pernakgat ini menawarkan desain kecil dan lebih ringkas. Setelah itu, ada pula sensor 3-in-1 yang dapat menjalankan tiga fitur kesehatan. Yakni, Optical Heart Rate, Electical Heart dan Bioelectrical Impedance Analysis.

Ragkaian fitur tersebut dapat membantu pengguna dalam memantau tekanan darah, mendeteksi jantung, mengukur kadar oksigen darah dan menghitung body composition. Alat body composition sendiri dapat memberi pemahaman bagi pengguna seputar kesehatan dan kebugaran tubuh mereka secara umum dengan pengukuran skeletal muscle, tingkat metabolisme basal, kadar air dan persentase lemak tubuh.

Perangkat tersebut dapat memeriksa body composition dari pergelangan tangan hanya dgn dua jari. Dalam waktu sekitar 15 detik, sensor akan menangkap 2.400 poin data. 

Selain itu, perangkat ini juga membawa fitur kesehatan lainnya yang dapat memonitor aktivitas harian pengguna. Di antaranya adalah Group challanges yang dapat digunakan bersama teman atau keluarga untuk berolahraga bersama. Fitur ini juga memberi kemampuan perangkat untuk terhubung dengan smart tv. Serta, menampilkan perhitungan kalori dari metrik detak jantung di televisi.

Ada juga fitur sleep cores. Dimana fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui pola tidur untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Selanjutnya, kedua perangkat ini dilengkapi dengan auto switch. Fitur ini dapat memastikan earbuds pengguna beralih menyajikan audio dari smartphone ke smartwatch. Begitu pula sebaliknya.

 

Perangkat Galaxy Watch4 akan hadir dalam dua ukuran, yakni 40mm dan 44mm. Untuk versi 40mm dibanderol seharga Rp. 2.999.000. Sementara, versi 44mm dibanderol seharga Rp. 3.499.000. Varian 40mm akan tersedia dalam warna Black dan Pink Gold, sedangkan varian 44mm akan ditawarkan dalam warna black, silver dan green. 

Sementara, untuk Galaxy Watch4 Classic tersedia mulai dari Rp. 4.499.000 untuk versi 42mm Bluetooth, Rp. 4.999.000 untuk versi 46mm Bluetooth dan Rp. 5.999.000 untuk model LTE. Versi Bluetooth tersedia dalam varian warna Black dan Silver, sementara versi LTE dalam warna Black.

Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic tersedia secara pre-order di Indonesia pada 11-29 Agustus 2021. 

Baca juga, Samsung Luncurkan Galaxy Buds2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here