Mengapa Foto Portrait Semakin Digemari?

0
150
Portrait

Rata-rata smartphone yang beredar saat ini memiliki kemampuan untuk bisa memotret secara portrait. Padahal tidak banyak orang yang tahu beda foto biasa dengan foto Portrait. Untuk urusan yang satu ini, memang bagaimana cara kita untuk bisa menangkap esensi, kepribadian, identitas dan sikap seseorang yang menjadi objek.

Banyak orang yang menyukai mengambil objek dengan mode Portrait. Pasalnya, foto Portrait mampu menangkap mata dan wajah subjek secara jelas dalam fokus yang tajam, sambil membiarkan elemen lain yang kurang penting di render dalam fokus yang lebih lembut.

Seperti foto Portrait yang dihasilkan oleh OPPO A95 berikut ini:

portrait
Foto Portrait dengan kamera belakang OPPO A95
Potrait
Foto Portrait dengan kamera depan OPPO A95

 

Dilansir melalui PhotoFocus.com, Senin, 10 Januari 2022, istilah foto Portrait mungkin terdengar sederhana, namun bisa menjadi salah satu bentuk fotografi yang paling menantang untuk dikuasai. Tujuannya adalah untuk mengambil foto yang tampak alami dan siap untuk membuat kepribadian subjek terlihat dengan jelas.

Lalu bagaimana sebuah foto bisa disebut sebagai Portrait Photo? Yakni ketika subjek bersama dengan latar belakang, pencahayaan dan emosi, dapat membangkitkan rasa hubungan antara penikmat foto tersebut. Foto candid tidak dianggap sebagai potret, namun, potret yang paling candid seringkali adalah yang terbaik.

Baca juga: OPPO A95 Bawa Teknologi Kamera Handal

Portrait fotografi sejatinya memiliki tingkat kepentingan yang berbeda-beda, bergantung pada tiap individu. Bagi sebagian orang, fotografi Portrait bisa dianggap penting untuk melestarikan momen bersejarah, ada juga yang ingin sekedar personal branding, atau kesenangan pribadi semata.

Intinya, alasan utama sebuah foto portrait dihasilkan adalan untuk menangkap personal seseorang dengan karakter yang pastinya berbeda-beda.

Salah satu smartphone yang memiliki fitur foto Portrait mumpuni adalah OPPO A95. Ponsel dengan banderol Rp3,9 juta ini memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

Portrait
Foto Portrait dengan kamera belakang OPPO A95

Kamera belakang OPPO A95 terdiri dari kamera utama 48MP, kamera depth 2MP dan kamera macro 2MP. Ketiga kamera ini memberi kemudahan untuk memotret objek sesuai dengan kebutuhan fotografi pengguna.

Baca juga: OPPO A95 Dibanderol Rp3,9 Juta

Untuk mendukung aktivitas memotret nan nyaman, OPPO menyediakan algoritma pemrosesan gambar sehingga OPPO A95 dapat menangkap gambar berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat, terutama dalam hal foto bergaya potret atau portrait.

Fitur-fitur kamera belakang OPPO A95 antara lain Multiple Filters yang menyediakan 15 preset filter pilihan, AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna/ saturasi/ kecerahan pada foto, dan Night Mode untuk membantu pengguna memperoleh hasil foto cerah dan jernih di malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah. Fitur-fitur tersebut merupakan hasil pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari OPPO khususnya untuk kamera A95.

Kemudahan memotret juga dapat diperoleh melalui kamera selfie 16MP. Kamera swafoto OPPO A95 telah ditingkatkan kemampuannya sehingga hasil foto akan tampak lebih hidup dan jelas. Sejumlah fitur kamera yang menyertai OPPO A95 antara lain AI Beautification untuk memberikan efek kecantikan kulit yang lebih tepat dan lebih beragam berdasarkan lingkungan sekitar, Intelligent Skin Tone untuk menambahkan efek menghaluskan dan mencerahkan kulit, dan Front Night Mode untuk menangkap wajah subjek tetap jernih dan jelas meski berada di lingkungan yang gelap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini