Asus Zenbook 17 Fold, Tablet yang Bisa Dilipat

0
67
Asus Zenbook 17 Fold
Asus Zenbook 17 Fold

Samsung sudah dikenal sebagai trendsetter perangkat lipat. Kini, Asus mencoba mengadopsi format lipat ke dalam layar yang lebih besar, tablet. Seperti halnya Lenovo yang punya Thinkpad X1 Fold, Asus punya Zenbook 17 Fold.

Sejatinya, Asus sudah memperkenalkan Zenbook 17 Fold pada perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2022. Ukuran awalnya adalah tablet dengan keyboard tambahan yang bisa ditempel. Namun saat keyboard dilepas, layar tersebut bisa ditekuk menjadi dua bagian.

Dua bagian yang dimaksud adalah layar bawah yang berfungsi sebagai keyboard virtual. Tinggal pilih saja, mau menggunakan gaya tablet dengan lebar 17,3 inci atau gaya laptop berukuran layar 12,5 inci dengan keyboard virtual.

Asus Zenbook 17 Fold
Asus Zenbook 17 Fold

Dilansir melalui PC World, Rabu, 12 Januari 2022, Zenbook 17 Fold memang memiliki ukuran layar yang cukup besar, yakni 17,3 inci dengan dukungan teknologi OLED. Jika tidak dilipat dan datar, layarnya mampu menampilkan gambar dengan resolusi 2560×1920, dengan rasio layar 4:3.

Sedangkan saat dilipat dan berubah menjadi gaya laptop, ukuran layarnya mengecil, menjadi hanya 12,5 inci dan resolusi 1920×1280.

Seperti halnya Thinkpad X1 Fold, Asus Zenbook 17 Fold hadir dengan keyboard nirkabel yang tipis dan trackpad yang berada dibagian layar bawah. Jika tak ingin menggunakan keyboard nirkabel, tekuk bagian tengah layar dan munculkan keyboard virtual yang ada di layar bawah.

Baca juga: Xiaomi Kembangkan Sensor Sidik Jari di Semua Bagian Layar

Alat topang layar terintegrasi dalam bodi magnesium alloy memungkinkan pengguna untuk menopang layar 17 inci yang sepenuhnya terbuka di atas meja, kemudian menggunakan keyboard dan trackpad secara terpisah melalui Bluetooth.

Daleman Zenbook 17 Fold memiliki spesifikasi yang cukup menarik. Ada prosesor Core i7 U Gen 12, RAM 16GB, dan Wifi GE. Frame dilengkapi dengan dua port USB-C/Thunderbolt 4 Ports, headphone/microphone jack dan tombol volume layaknya tablet.

Ada juga bezel yang cukup tipis, webcam kualitas QHD, kamera inframerah untuk Windows Hello, dan sensor layar untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Asus menjamin, Zenbook 17 Fold kuat menghadapi 30.000 kali proses penekukan.

Asus Zenbook 17 Fold kabarnya akan dilempar ke pasaran pada pertengahan 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here