Fitur-fitur Baru di ColorOS 12 OPPO Reno6

0
1255
OPPO ColorOS 12

Beberapa waktu lalu, OPPO baru saja meluncurkan update sistem operasi ColorOS 12 versi beta berbasis Android 12 pada perangkatnya. Salah satu yang telah mendapatkannya adalah OPPO Reno6.

ColorOS 12 sebenarnya telah diresmikan oleh OPPO pada bulan Oktober 2021 lalu. Di awal tahun ini, mereka mulai meluncurkan pembaruan tersebut untuk para pengguna OPPO Reno6 (4G) di Indonesia.

Meski telah membawa sistem operasinya ini untuk OPPO Reno6, namun ternyata belum semua varian Reno6 telah mendapatkan ColorOS 12 Beta. Sebelumnya, Paradiva harus mengecek sendiri pembaruan dari menu Software Update yang berada pada aplikasi Settings.

Jika Paradiva mendapatkannya pada halaman Software Update, kamu dapat memilih menu Settings yang memiliki ikon gerigi pada sudut kanan atas. Lalu, masuk ke halaman Trial Version dan melakukan pendaftaran.

Namun, jika Paradiva tak mendapatkannya, ini berarti kuota OPPO telah habis untuk pendaftaran beta tester. Untuk itu, jangan khawatir! Paradiva bisa menunggu hingga OPPO meluncurkan update ColorOS 12 versi stabil untuk menggunakannya.

ColorOS 12 tentu membawa beberapa peningkatan dari sistem operasi generasi pendahulunya. Nah, apa aja sih fitur-fitur baru yang dihadirkan oleh OPPO melalui sistem operasinya itu? Simak ulasannya ya!

OMOJI

ColorOS 12 menghadirkan fitur emoji dari OPPO yang dinamakan OMOJI. Serupa dengan milik Apple, OMOJI memungkinkan kamu untuk membuat avatar 3D untuk beragam kebutuhan dunia maya.

ColorOS 12

Dengan memanfaatkan teknologi Quantum Animation Engine 3.0, ColorOS 12 menghadirkan fitur OMOJI yang dapat menangkap wajah dengan menggunakan 77 titik fitur wajah dan lebih dari 200 elemen gaya. Guna mencerminkan dirimu secara real-time.

Lebih lanjut, Quantum Animation Engine 3.0 ini dapat memberi respon yang halus jika jarimu menyentuh layar dan menawarkan interaksi layar secara vitrual. Dimana mencerminkan gerakan fisika dunia nyata.

Teknologi ini akan mengoptimalkan lebih dari 300 animasi yang dapat membuat kamu merasakan berbagai pengalaman dalam aplikasi. Terutama saat scrolling dan widget yang terasa lebih alami.

Selain ekspresi, Paradiva juga dapat mengatur rambut, kulit, mata, alis, kepada dan beragam aksesoris yang dapat disematkan pada avatar 3D dari OMOJI. Bagi Paradiva yang berhasil membuatnya, avatar ini dapat digunakan sebagai stiker, Always On Display, video call dan masih banyak lagi.

Tampilan Antarmuka Lebih Segar

Dalam ColorOS 12, OPPO mengusung tampilan antarmuka Infinite Design. Dimana tampilan tersebut dirancang untuk pengalaman visual interaktif antar pengguna dengan handphone secara sederhana dan nyaman.

ColorOS 12

Sistem operasi ini dilengkapi dengan Bahasa desain inklusif yang memungkinkan sistem benar-benar adaptif karena telah dirancang untuk beroperasi dalam 67 bahasa. Tampilan ini juga lebih memanjakan mata, OPPO menghadirkan ikon 3D yang menggabungkan elemen cahaya dan bayangan untuk menciptakan ruang kedalaman.

OPPO juga memperhatikan jarak menu maupun ikon, memperbanyak ruang putih, meningkatkan kontras teks dan memberi perbedaan corak warna. Guna membuatmu lebih nyaman saat melihat konten yang disajikan pada layar ponsel.

Antarmuka Aplikasi Kamera

ColorOS 12 membawa perbedaan antarmuka, seperti ultrawide yang ditandai dengan tiga pohon. Atau, 2x Zoom yang ditandai dengan satu pohon.

Paradiva dapat berpindah Zoom dari ultrawide, normal (1x Zoom), 2x Zoom hingga lebih tinggi lagi secara mulus pada aplikasi kamera bawaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada fitur Portrait Mode pada aplikasi kamera bawaan ColorOS 12, Paradiva dapat memilih menu Effects pada bagian kanan untuk menemukan fitur Retouch dan Filter. Sementara, pada generasi sebelumnya, Paradiva hanya akan menemukan menu Filter di bagian atas tanpa hadirnya fitur Retouch.

Fitur Bokeh yang hadir pada Portrait Mode dapat diubah dari yang awalnya menggunakan persentase menjadi aperture. Jika biasanya Paradiva mengatur tingkat blur dari 0% hingga 100%, maka dalam ColorOS 12 ini kamu menggunakan angka apeture dari 0,95 hingga 16 yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan.

Peningkatan Izin Aplikasi

Paradiva dapat mengaktifkan dan menonaktifkan izin aplikasi seperti lokasi, kamera, mikrofon, kalender, sensor tubuh, telepon dan lainnya secara cepat melalui Privacy Dashboard. Bahkan saat fitur ini dapat memperlihatkan izin mana saja yang paling banyak dan lama digunakan.

ColorOS 12

Jika kamu memilih salah satu izin, misalnya kamera, maka Paradiva akan diperlihatkan lini masa atau timeline mengenai kapan saja aplikasi meminta izin untuk menggunakan kamera. Sistem operasi juga akan memunculkan menu indikator melayang setiap ada aplikasi yang menggunakan mikrofon dan kamera.

Hal ini dapat memberitahukan kamu bahwa mikrofon dan kamera sedang diguankan oleh suatu aplikasi. Paradiva juga dapat langsung memilih indikator tersebut apabila ingin menonaktifkan atau mematikan izinnya. Bahkan, pada Quick Settings yang hadir dalam ColorOS 12 membawa shortcut yang secara cepat memudahkanmu mengatur izin penggunaan mikrofon dan kamera.

Baca juga: Mengenal Sony IMX 709, Bakal Sensor OPPO Reno Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini