Samsung Galaxy M20, nonton drakor bisa 15 jam nonstop

Diva says – Mungkin jatuh cinta pada pandangan pertama itu benar adanya. Ketika diperkenalkan dengan Samsung Galaxy M20, tidak mungkin tidak jatuh cinta. Samsung sendiri mempromosikan Galaxy M20 yang mempunyai kapasitas baterai yang tahan lama dan pengecasan cepat.

Long lasting battery yang dimiliki Galaxy M20 memang benar adanya. Baterai sebesar 5000 mAh cukup untuk Anda beraktivitas seharian penuh tanpa repot mengisi ulang daya lagi, wow! Tapi kembali lagi dengan seberapa banyaknya aplikasi yang Anda punya dan gunakan. Jika menggunakan smartphone ini untuk browsing, membalas email dan pesan WhatsApp, baterainya bisa bertahan lebih dari 2 hari.

Perlu diingat, yang kerap membuat boros baterai adalah bermain game seperti PUBG, Mobile Legend, dan sejenisnya. Memutar video, seperti drama Korea Touch Your Heart yang dibintangi Lee Dong Wook dan Yoo In Na, sedikitnya 2 episode, bisa memakan daya baterai sampai 8 sampai 10 persen.

Ini merupakan smartphone Samsung pertama yang memiliki kapasitas besar. Dayanya 1000 mAh lebih tinggi ketimbang Galaxy Note 9. Galaxy M20 mendukung fast charging dengan kekuatan 15W. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk bisa mengisi daya M20 dari 0 sampai full 100 persen.

Desain Galaxy M20

Salah satu yang disukai ialah desain Galaxy M20 yang mempunyai layar Infinity-V display cukup membuat saya puas saat sedang menonton video full HD+. Galaxy M20 sendiri mempunyai layar 6,2 inci, yang menurut saya cukup besar dibandingkan smartphone lainnya. Jika dilihat dari segi desain memang menarik, namun saat bermain game  terlalu susah untuk menekan tombol karena layarnya terlalu lebar, terutama untuk game kategori musik.

Bagian belakang Galaxy M20 diselimuti dengan materi plastik. Memang terlihat murahan, tapi saat dilihat di bagian depan, layarnya yang besar lengkap dengan notch setitik air, membuatnya cukup premium. Apalagi di bagian belakang juga disematkan dua kamera plus lampu flash, dan panel untuk keamanan ponsel menggunakan fingerprint. Penempatan panel fingerprint ini memang cukup terjangkau oleh jari. Mendaftarkan jari anda pun cukup mudah, tinggal swipe.

Tombol power dan volume terletak di sisi kanan, sedangkan sebelah kiri disediakan lubang untuk tempat dua sim card ditambah kartu MicroSD. Di bagian bawah diletakkan port USB Type-C, diapit oleh 5 lubang speaker dan lubang headphone 3.5mm.

Layar Galaxy M20

Di setiap smartphone produksinya, Samsung selalu memberikan keunikan tersendiri. Misalnya Galaxy A yang memiliki Triple Camera atau empat kamera sekaligus. Nah, Galaxy M20 memiliki desain layar baru yang disebut Infinity-V. Sepertinya V menandakan bentuk notch yang menghiasi bagian atas layar. Notch itu juga sebagai tempat bersemayam kamera bagian depan. Ini merupakan Samsung pertama yang mengadopsi Notch.

Layar Samsung Galaxy M20 berukuran 6,3 inci dengan teknologi FHD+. Tampilannya memiliki tampilan warna yang cukup dalam, mampu menghadirkan level kecerahan dan kontras yang sangat baik. Untuk ukuran smartphone dengan harga Rp2 jutaan, ini merupakan teknologi layar yang cukup berharga.

Dapur pacu

Meski harganya cukup terjangkau, Samsung tidak lantas memberikan dukungan perangkat dalam Galaxy M20 yang asal-asalan. Mereka membenamkan Exynos 7904 yang baru saja diluncurkan. Chipset berbasis octa core 14nm ini dilengkapi dengan dua inti Cortex-A73 dengan kecepatan 1,8GHz, dan enam inti Cortex 1,6GHz. Ada juga GPU Mali-G71MP2 yang memiliki kekuaran setara Exynos 7885. Ini bisa diandalkan untuk bermain game ringan. Bisa dipaksakan sedikit bermain PUBG.

Galaxy M20 dibekali sistem operasi Android versi 8.1 Oreo. Memang belum Android Pie, namun kabarnya M20 akan mendapat giliran untuk diupdate ke versi 9 pada Agustus nanti.

Kebetulan Diva mendapat kesempatan untuk mengetes Samsung Galaxy M20 dengan kapasitas RAM 3GB dan ROM 32GB. Ukuran sebesar ini memang tidak bisa diharapkan banyak bisa melakukan multitasking. Jika kamu memang pribadi yang cukup sibuk, bisa membeli Galaxy M20 dengan kapasitas yang lebih besar, RAM 4GB dan ROM 64GB.

Kamera

Untuk urusan kamera, Galaxy M20 memiliki dual camera, yang sangat baik. Apalagi dengan Ultra-Wide Angle pada kamera belakang yang mengambil foto dengan sudut 120 derajat.

Contoh foto wide angle

Galaxy M20 merupakan smartphone dengan harga Rp2 jutaan yang bisa membawa fitur ultra-wide angle di kamera belakang. Dua kamera belakang memiliki sensor 13MP dengan aperture f/1.9, dan sensor 5MP dengan aperture f/2.2 untuk ultra-wide angle. Kamera M20 memiliki shutter speed yang cukup bisa diandalkan sehingga hasil foto sangat fokus pada objek dan jarang ‘kabur’.

Hasil foto akan semakin terang dan jelas detilnya jika diambil saat siang hari, atau saat kondisi banyak cahaya. Sedangkan saat kurang cahaya, butuh upaya yang lebih untuk bisa menghasilkan foto yang tajam.

contoh hasil kamera depan

Kamera depan, seperti biasa, bisa diandalkan untuk mengambil gambar selfie. Hasilnya mampu menangkap warna dalam gambar dengan cerah, dan memiliki fitur pengenal bentuk wajah. Bisa juga digunakan untuk mengambil foto bokeh. Untuk urusan selfie bokeh, kamera depan Samsung yang beresolusi 8MP bisa diandalkan, khususnya saat pengambilan di siang hari.

contoh hasil foto selfie, kamera depan

Selain semua itu Galaxy M20 mempunyai fitur Dolby Atmos untuk kualitas suara yang lebih baik saat mendengarkan lagu dan menonton film, jangan lupa untuk pakai earphone, ya!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.