Review realme 9 Pro Sunrise Blue: Flagship Mid-Range 5G 3 Jutaan

0
120
realme 9 pro sunrise blue

Gadgetdiva.id — realme 9 Pro Sunrise Blue akhirnya mencuri start di tahun ini. Flagship kelas menengah pertamanya realme. Salah satu yang menarik, realme 9 Pro biasa dengan warna Sunrise Blue memiliki spesifikasi yang cukup menarik, dan yang terpenting, tidak dibanderol dengan harga tinggi.

Dengan harga mulai Rp3 jutaan, pengguna sudah bisa mendapatkan perangkat dengan desain keren, dibekali Snadragon 695 5G dengan fabrikasi 4nm. Jika sudah memegang perangkatnya, pasti akan terasa kemewahannya. Seperti Gadgetdiva yang kepincut dengan desain dari realme 9 Pro, khususnya Sunrise Blue.

realme 9 pro sunrise blue

Lalu bagaimana kesan kami setelah memakai realme 9 Pro Sunrise Blue?

Desain realme 9 Pro Sunrise Blue

Kesan pertama dalam memilih smartphone pasti selalu tertuju pada desainnya. Bagian bodi belakangnya terlihat sangat cantik. Warna biru dengan blink-blink atau glitter yang menghiasi. Bagian tengahnya terlihat seolah ada garis yang terbentuk seolah memisahkan sisi kiri dan kanan. Namun bukan itu yang menjadi perhatian, melainkan perubahan warna yang terjadi pada bodi belakang saat terkena cahaya matahari. 

realme 9 pro sunrise blue

Bagian belakang realme 9 Pro Sunrise Biru akan berubah menjadi warna merah dari warna dasar biru, hanya dalam waktu 3 detik. Setelah itu kembali ke warna awal sekitar dua hingga lima menit kemudian usai lepas dari paparan sinar UV.

realme menyebutnya sebagai Light Shift Design. Desain seperti ini menggunakan teknik photochromic, dengan menambahkan bahan OCA organic sehingga bisa mengubah warna dengan bantuan sinar ultraviolet. Sayangnya, hanya realme 9 Pro dengan warna Sunrise Blue yang bisa mengubah warnanya sedemikian rupa.

Layar

Layar yang diusung realme 9 Pro+ memang tidak se-AMOLED kakaknya yang varian Plus. Namun cukup dengan FHD+ juga sudah terlihat cerah dan tajam. Selain itu, tampilan layarnya terlihat alami dengan warna yang cukup merepresentasikan objek aslinya. 

Tak ada hal yang diinginkan dari sebuah layar smartphone selain refresh rate yang mumpuni. Di realme ini, layarnya sudah dibekali dengan 120Hz yang ultra smooth. Terdapat enam tingkat adaptasi refresh rate layar, yakni statis dengan 30 Hz, menonton film langsung meningkat ke 48 Hz, menonton video di aplikasi seperti YouTube menjadi 50 Hz, bermain game bisa berubah kecepatan layarnya menjadi 60 atau 90 Hz, dan tertinggi adalah 120 Hz. Jadi untuk kebutuhan multitasking maupun main game, performa layarnya bisa diandalkan.

Saat terkena sinar matahari, tampilan layar masih terlihat jelas, asalkan tingkat kecerahannya sesuai. Makanya, atur layar dengan tingkat kecerahan otomatis sehingga saat terkena sinar dalam berbagai kondisi, bisa langsung beradaptasi. Tingkat kecerahannya bisa mencapai 600 nits.

Performa

realme 9 Pro ditenagai oleh prosessor Snapdragon 695 5G. Ini artinya, bertambah lagi smartphone realme yang bisa dioperasikan di jaringan 5G. Bahkan harganya berbeda-beda, ada pilihan untuk segala macam isi kantong. Performa 5G-nya dijamin bisa menghantarkan kecepatan unduh hingga 2,3 Gbps berkat bantuan modem X51 dan SA/NSA Modes.

Smartphone ini merupakan seri numbers realme pertama yang sudah ter-instal realme UI 3.0 dan Android 12. Jadi sudah terjamin semua fiturnya baru dan semakin mempermudah para penggunanya untuk bekerja atau bermain. Sejauh ini antarmuka baru tersebut terasa lebih ngebut, smooth dan transisinya sangat halus. Opsi kustomisasi dan personalisasi lebih kaya dan tentu saja lebih banyak tema dan keamanan ditingkatkan. Ikon dan grafisnya terasa lebih enak dilihat daripada UI yang sebelumnya.

realme 9 pro sunrise blue

Salah satu fitur yang menarik di OS ini adalah sensor sidik jari dan face unlock. Kinerjanya cepat dan lebih responsif. Jangan lupa juga dengan kehadiran NFC di smartphone ini, membuat koneksi atau transfer data bisa lebih cepat dan mudah, termasuk saat mengisi atau mengecek saldo e-money.

Tidak ketinggalan fitur Dynamic RAM Expansion yang bisa memperluas memori sampai menambah 5GB. Makin smooth kinerjanya karena penyimpanan aplikasi semakin lega.

Dibekali dengan Snapdragon 695, prosesor ini sudah melalui proses fabrikasi 65nm yang membuatnya efisien dan irit daya. Soal clockspeed, ia mengandalkan CPU Octa-core, disokong 2 Arm Cortex-A78 2.2GHz, 6 Arm Cortex-A55 1.8GHz.Lantas buat pengolah grafis diselipkan GPU Adreno 619 dengan Triple ISP Qualcomm Spectra 346T.

Baca juga: realme 9 Pro Series Resmi Meluncur ke Indonesia

Hasil benchmark dengan Antutu mencatatkan skor 397.566. Sementara pengujian menggunakan Geekbench menghasilkan poin 689 untuk Singe-core Score dan 1950 untuk Multi-core Score.

Baterai

Untuk menemani paradiva seharian, realme 9 Pro Sunrise Blue ini bisa diandalkan karena dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Lebih besar ketimbang saudaranya yang Pro+, padahal harganya lebih mahal yang plus. Walaupun teknologi pengecasannya tidak dibekali dengan superdart, tapi realme 9 Pro punya teknologi Quick Charge 33W. Pengisian daya dari nol sampai 100 persen, hanya butuh waktu sekitar 53 menit.

Saat dipakai nonton drakor seharian, baterai tidak lekas panas. Nonton sekitar 5 episode, yang memakan durasi sekitar 6 sampai 7 jam, menghabiskan daya baterai sekitar 44 persen. 

Bayangkan kalau smartphone itu tidak terlalu digunakan untuk mengakses aplikasi yang berat, daya tahannya bisa seharian penuh.

Kamera realme 9 Pro Sunrise Blue

Nah, ini adalah favorit Gadgetdiva kalau me-review smartphone. Di realme 9 Pro dibekali tiga kamera utama dan satu kamera selfie di bagian depan. Kamera utamanya punya resolusi 64MP dengan kemampuan wide-angle. Sedangkan lainnya, masing-masing 8MP ultra-wide angle dan 2MP depth sensor. Sedangkan kamera selfie-nya punya resolusi 16MP.

Mode manual untuk pengambilan foto dan video pun tersedia, dan pengguna bebas memilih ingin gunakan sensor utama maupun ultra-wide. Mode lain seperti Starry Mode dan Dual View Video juga masih diberikan sebagai opsi tambahan, membuat smartphone ini punya fitur kamera yang sangat lengkap.

Untuk review lengkap hasil kamera realme 9 Pro ini, Gadgetdiva mempersiapkan satu artikel khusus, dan juga video tentunya.

Namun buat yang penasaran, kami berikan gambaran hasilnya:

realme 9 pro sunrise blue
Wide Angle
realme 9 pro sunrise blue
Portrait
realme 9 pro sunrise blue
Makro

Foto malam minim noise juga dihasilkan berkat algoritma AI Noise Reduction 3.0, yang secara otomatis bisa mendeteksi beragam jenis dan ukuran noise saat foto ditangkap.

realme 9 pro sunrise blue
Night mode
realme 9 pro sunrise blue
64MP

Kesimpulan

reame lagi-lagi berupaya untuk menciptakan tren baru di segmen smartphone yang diincarnya. Termasuk di segmen kelas menengah yang menjadi target pasar realme 9 Pro, terutama dari sisi desain dan kemampuan kamera yang sudah bisa dikategorikan dalam kelas flagship. Light Shift Design merupakan andalan yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Ditambah dengan dapur pacu Snapdragon 695 berkemampuan 5G, membuat realme 9 Pro layak untuk dimiliki karena banderol harganya tidak terlalu tinggi.

realme 9 Pro menjadi smartphone performa flagship 3 Jutaan berkat prosesor kencang dari Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6nm serta dukungan Dynamic RAM Expansion 5GB dan layar 120Hz yang mampu menjawab kebutuhan anak muda yang menginginkan performa flagship di kelas menengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini